Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

apppleAvatar border
TS
appple
Jokowi Resmikan Tol Bocimi setelah Mangkrak 21 Tahun

Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) Seksi 1 dari Ciawi hingga Cigombong (15,3 Km). Sejatinya lelang pengerjaan proyek ini sudah dilakukan sejak 1997.
"Sudah ganti investor, saya enggak bisa hitung berapa kali, artinya ini sudah 21 tahun. Kemudian, 2015 kita nego ambil alih," kata Jokowi di Gerbang Tol Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 1 Desember 2018.
Dia mengungkapkan negosiasi ini sempat alot selama setahun. Akhirnya, baru awal 2016, proyek bisa dimulai dengan pembebasan lahan. 
"Saya enggak tahu kenapa makan waktu 21 tahun untuk mulai. Saya lihat tadi kanan kiri bertapa sangat indahnya cantiknya pemandangan alam yang ada di sini apa itu yang sebabkan lama," jelas dia. 




Jokowi Resmikan Tol Bocimi setelah Mangkrak 21 Tahun

Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Bocimi - Medcom.id/Yogi Bayu Aji.




Beroperasinya ruas Tol Ciawi-Cigombong diperkirakan akan memangkas waktu tempuh dari sekitar 1-2 jam menjadi sekitar 20 menit. Ke depan, tol ini diharap bisa tersambung ke Bandung hingga Cilacap.

Tol Ciawi-Sukabumi memiliki total panjang 54 km yang dibagi menjadi empat seksi. Seksi I Ciawi-Cigombong 15,3 km, Seksi II Cigombong-Cibadak 11,9 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km, serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km. 



Untuk Seksi II Cigombong-Cibadak dalam tahap pengadaan lahan dengan progres 59 persen sudah bebas. Konstruksi sudah dimulai dan ditargetkan rampung 2020. Keselurahan Tol Ciawi-Sukabumi ditargetkan selesai 2021. 

Apabila sudah beroperasi penuh, Tol Ciawi-Sukabumi dapat menjadi jalan alternatif menuju Jawa Barat bagian selatan. Infrastruktur ini bakal bermanfaat bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak. 
Tol ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 4,5-5 jam menjadi sekitar 40 menit. Semakin lancarnya konektivitas diharapkan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah Sukabumi serta mendukung kawasan wisata di selatan Jawa seperti Pelabuhan Ratu.


Pengusahaan Tol Ciawi-Sukabumi dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Toll yang saham mayoritasnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road. Nilai investasi sebesar Rp7,7 trilun yang dipenuhi 30 persen dari ekuitas perusahaan dan 70 persen pinjaman dari perbankan. 



https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/ybDzzw0K-jokowi-resmikan-tol-bocimi-setelah-mangkrak-21-tahun


-2
2.4K
36
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.