Quote:
UMKM ato dikenal sebagai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia? yang saat ini tak sedikit memandangnya sebelah mata. Padahal tak dipungkiri UKM/UMKM ternyata memiliki peran yang besar bagi perekonomian di Indonesia. Terbukti ketika krisis moneter di tahun 1997, di saat satu persatu perusahaan besar tumbang, bisnis UMKM justru tak goyah dan malah menjadi tulang punggung perekonomian di kala itu.
Peranan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di perekonomian nasional terhitung cukup besar. Jumlah tersebut mencapai 99,9 persen dan penyerapan tenaga kerja mencapai 97 persen.
Inilah alasan kuat membuat UMKM harus terus mendapatkan perhatian dan dukungan, dan kalian tahu engga ? Sekarang UMKM menjadi sektor strategis
memerangi kemiskinan.
Quote:
Sejauh ini masih banyak UMKM yang baru berkiprah di pasar lokal dengan jangkauan penjualan di wilayah tertentu, meskipun mutu produk mereka tidak kalah dari produk luar negeri. Namun, perkembangan UMKM di tanah air mengalami dua hambatan utama, yakni kesulitan modal dan pemasaran. Kedua hambatan ini selain memperlambat usaha, juga dapat mematikan UMKM. Matinya UMKM akan mempengaruhi perekonomian, kenaikan jumlah pengangguran, pelestarian keterampilan dan budaya, serta dampak lebih luasnya ke pariwisata suatu daerah. Keberhasilan UMKM mengembangkan usaha dilihat dari meningkatnya kapasitas produksi dan
luasnya pasar,
Oleh karena itu gan, Pelaku IKM tidak boleh hanya mengandalkan pasar dalam negri, juga harus memasarkan produknya ke luar negeri. Yah mungkin salah satu caranya dengan memanfaatkan DIGITAL MARKETING.
Mungkin ini sedikit saran dari ane untuk para pelaku UMKM
Harapan ane, terus melakukan pemantapan dan mencoba kolaboratif sesama UKM merupakan hal yang penting agar mempunyai strategi yang lebih matang untuk bersaing di pasar internasional