Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nikitaguinataAvatar border
TS
nikitaguinata
RAPBD 2019 Bengkak, Uchok: Anies Terlalu Ambisius


Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2019 resmi menyatakan bahwa anggaran terketuk Rp 89 triliun. Diketahui, anggaran naik 7 persen dari sebelumnya Rp 83,6 triliun.

Direktur Centre For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi melihat ada rasa ambisius yang tinggi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Uchok melihat Anies tidak belajar dari pengalaman.

"Ya saya kira terlalu ambisius kenaikan sampai Rp 6-7 triliun karena kalau dilihat sekarang saja APBD 2018 silpanya banyak Rp 12 trilun. Sangat ambisius sekali tidak melihat kemampuan SKPDnya," ungkapnya kepada JawaPos.com, Kamis (29/11).

Anies dinilai tidak mampu melihat kinerja SKPD lebih mendalam dan mendetail. Silpa yang mencapai belasan triliun sebenarnya dapat menjadi bukti bahwa ada saja titik kinerja yang buruk dari Dinas-Dinas.

"Bawahannya banyak yang nggak mampu mengeksekusi banyak anggaran program dan proyek. SKPD terlalu nyaman sama gaji mereka yang tinggi jadi tanpa bekerja maksimal tanpa diotak-atik eksekusi diamkan saja menerima gaji yang tinggi," tegasnya.



Uchok memberikan dua saran untuk Anies agar penyerapan anggaran tahun depan dapat maksimal. Pertama, soal pembenahan gaji SKPD kedua, soal pembenahan struktur birokrasi.

"Pertama benahi gaji SKPD ini terlalu tinggi jadi masa bodo mau eksekusi program. Kedua, Anies harus benahi struktur birokrasi kalau bisa 2019 sudah nggak ada lagi Kepala Dinas yang Plt itu harus sudah definitif," jelas Uchok.

"Ya kalau ingin realisasi anggaran lancar ya, ini nasehat buat Anies yang gampang putus asa. Dua itu dilakukan saya kira sudah oke untuk penyerapan tahun depan supaya tinggi," tambahnya.

(Sumber)
0
2.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.