Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

widodosetiadi99Avatar border
TS
widodosetiadi99
PRESIDEN JOKO WIDODO RESMIKAN TOL SEGMEN SRAGEN - NGAWI
PRESIDEN JOKO WIDODO RESMIKAN TOL SEGMEN SRAGEN - NGAWI


Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan tol segmen Sragen-Ngawi pada hari Rabu (28/11/2018) pagi. Dengan demikian, jalan tol dari Solo, Jawa Tengah, sampai Ngawi, Jatim, sudah dioperasikan secara penuh.


"Dibuka nanti malam, sekitar jam 9 sudah dibuka untuk masyarakat, dan segmen Sragen-Ngawi gratis selama seminggu," kata Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayatno, Rabu (28/11 /2018).


David mengatakan tarif tol didasarkan pada Keputusan Menteri PUPR Nomor: 897/KPTS/M/2018 Tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi.


"Total panjang 90,43 km dari Solo sampai Ngawi sebesar Rp 1.000 per km untuk kendaraan Golongan I, Rp 1.500 per km untuk kendaraan Golongan II dan III serta Rp 2.000 per km untuk kendaraan Golongan IV dan V," kata dia.


Sedangkan jalan tol Sragen-Ngawi selama ini digratiskan. David mengatakan ruas tol Solo-Ngawi sebelumnya sudah melalui berbagai tahapan uji laik fungsi dan operasi.


"Jalan sepanjang 50,9 km ini dinyatakan layak dan siap dioperasikan sebagai Jalan Tol melalui Keputusan Menteri PUPR Nomor: 896/KPTS/M/2018 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi tanggal 12 November 2018," kata David.


Dibukanya jalan tol segmen Sragen-Ngawi ini merupakan tahap ke-3 dari pengoperasian Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi secara keseluruhan.


"Dan akan memangkas waktu tempuh sekitar 50%, dari Solo ke Madiun yg biasanya ditempuh sekitar 2,5 sampai 3 jam sekarang bisa kurang dari 1,5 jam," kata dia.


Adapun pengoperasian tahap pertama Segmen Simpang Susun Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km sejak 30 Maret 2018 berbarengan dengan dioperasikannya Jalan Tol Ngawi-Wilangan.


Kemudian pengoperasian tahap ke-2, Segmen Kartasura-Sragen yang juga diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 15 Juli 2018 lalu. Setelah peresmian ini, Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi beroperasi secara penuh.


Jalan tol ini diharapkan meningkatkan konektivitas beberapa daerah terutama Kabupaten Boyolali, Kota Solo, 
Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur.


"Untuk mempermudah akses, sudah ada 5 gerbang tol (GT) yang dibuka, yakni GT Colomadu, GT Ngemplak, GT Karanganyar, GT Sragen, dan GT Ngawi," kata David.


Sumber : www.sragen.go.id/berita-1569-presiden-joko-widodo-resmikan-tol-segmen-sragen--ngawi.html
1
1.5K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.