alamirrzaAvatar border
TS
alamirrza
Berapa gaji yang cukup buat lo?


Kurang lebih 4 bulan belakangan, gua selalu merenung berapa gaji yang cukup buat gua? Gak cuma buat gua tapi juga buat nanti gua membangun rumah tangga. Temen-temen kantor gua (sekarang) memiliki pendapat dengan gaji nominal 2 digit cukup buat gua hidupin keluarga gua nanti.

Tapi gua masih heran “kenapa temen-temen gua yang gajinya udah diatas 10 juta gak juga nikah?” Padahal secara nominal udah cukup, apa lagi yang mereka tunggu? Gak bebas main setelah nikah?

Gua sendiri orang yang kurang percaya dengan konsep "nikah membawa rejeki". Yah mungkin, dengan menikah membuat diri kita semakin dewasa dan akhirnya dapat berpikir jauh lebih bijak. Mungkin penjelasan seperti itu yang bisa bikin gua percaya. Tapi jarang gua nemuin penjelasan itu. But memang masalah gaji dan nikah ini menjadi beban sendiri buat gua.

Btw gua nulis ini sambil dengerin lagu Payung Teduh yang Akad asli cozy banget haha

Spoiler for Payung Teduh - Akad:

Kembali lagi ke topik, berapa gaji yang pas buat lo? Pernah gak sih lo terbebani dengan gaji yang lo terima? Lo berpandangan “gaji gua kecil banget” sedangkan temen-temen lo selalu ingetin “banyak yang lebih susah dari lo, banyak yang nganggur diluar sana” dan akhirnya lo berpikir “apa gua ini kurang bersyukur ya?”

Yah kalau boleh cerita, dulu di kantor sebelumnya ada teman kantor gua yang gajinya dibawah UMR. Dia punya anak 3, tempat tinggal masih ngontrak dan dia masang wifi yang sebulan abis 600 ribu. (bagian ini gua inget banget karena menurut gua ini nominalnya gede banget, jadi inget banget)

Dari cerita dia, sebulan dia abis sekitar lebih dari 2 juta belum termasuk makan sehari-hari. Dia cerita pun gak terlihat mimik “gua kasian lho” justru dia cerita dengan semangat. Mungkin dia mau memotivasi gua yang waktu itu dia rasa gaji gua lebih gede dari dia. (padahal gua juga masih dibawah UMR juga bro wkwk)

Dan masih banyak cerita-cerita lain yang lo anggap “mustahil bisa hidup berkeluarga dengan gaji ini.” Tapi itulah namanya hidup, selalu menuangkan misteri bukan? Jadi berapa gaji yang cukup lo? At least, gua masih staydi kantor gua sekarang dengan gaji pas UMR.

Quote:


Jakarta, 14 Agustus 2018 - 17:51
pict from http://mainstreetpractitioner.org
Diubah oleh alamirrza 19-11-2018 08:28
anasabila
anasabila memberi reputasi
2
3.8K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.