hidayatsmvAvatar border
TS
hidayatsmv
5 Negara Yang Memblokir Si Youtube

Quote:



Quote:


Youtube ?
Rasanya semua agan & sist disini sudah sangat kenal dengan situs yang fenomenal dikalangan netizen ini, terutama buat ente yang doyan streaming Upin & Ipin.

Barangkali sebagian besar masyarakat di Indonesia boleh dikatakan lebih beruntung, ketimbang sebagian masyarakat di belahan dunia lain yang memiliki masalah dengan salah satu situs video teramai dikolong langit itu.

Kalau di Indonesia, cuma dengan gadget dan kouta, kita sudah bisa dengan mudah mendapatkan video informasi, tutorial, hiburan dan konten lainnya secara bebas dari situs Youtube. Nah sedangkan di beberapa negara, konon malah ada yang gak bisa sama sekali untuk melakukan akses ke situs kepunyaan Google tersebut.

Ini maksudnya gak bisa akses kayak gimana TS ?
Jadi maksudnya bahwa si Youtube ini sudah diblokir oleh beberapa negara dengan alasan ke amanan dan lainnya. Dari beberapa negara yang TS maksudkan, coba simak berikut ini ;

1. Korea Utara



Negara rival K-Popers ini terkenal sangat keras dan selektif dengan sesuatu yang diluar negaranya untuk masuk ke wilayahnya, termasuk pada bidang teknologi. Betapa menjaganya terhadap arus informasi dan budaya dari luar negaranya, maka pemerintah Korut tak segan memblokir Youtube masuk kewilayahnya bahkan semua situs dari yang ada didunia sudah lebih dulu mereka blokir, Kecuali buatan negaranya sendiri.

Jadi di Korut, mereka cuma bisa menikmati server lokal yang dikasih nama "Kwangmyong". Dimana jaringan internet lokal tersebut menyediakan sekitar 1000 situs yang diciptakan oleh negaranya sendiri.

2. China



Selain Korut, China juga termasuk negara yang mengasingkan dirinya dari negara luar. Walaupun pada bidang ekonomi, mereka sudah mencoba untuk membuka diri. Hal ini terlihat dari sistem perkonomian mereka yang sudah secara perlahan berubah ke ekonomi kapitalis. Namun ternyata di China masih sangat tertutup dengan kehidupan dan budaya dari negara luar. Terutama mereka sangat menghindari pengaruh dari negara-negara barat. Sehingga Youtube dan semua produk Google bahkan situs media sosial lainnya yang beroperasi di negara barat, sudah diblokir oleh pemerintah China. Kecuali di Shanghai yang mereka jadikan sebagai daerah perdagangan bebas.

3. Pakistan



Berbeda dengan 2 kasus negara di atas. Awalnya Pakistan hanya ingin ditemukannya cara pemblokiran massal terhadap konten-konten video yang berbau SARA, Karena masalah yang berkaitan dengan agama atau SARA di anggap sangat sensitif bagi masyarakat Pakistan, terutama ketika tayangnya film
The Innocence of Muslim di Youtube. Dimana film tersebut di anggap menghina Nabi Muhammad SAW. Tapi pada akhirnya pihak pemerintahan Pakistan tak menemukan cara untuk memblokir konten-konten yang dimaksud tadi, hingga akhirnya Youtube'nya sendiri yang diblokir. Hal ini menurut Mahkamah Agung versi Pakistan, akan berlangsung lama sampai ditemukankannya cara pemblokiran yang mereka maksud sebelumnya.

4. Brazil



Wah ternyata Youtube juga diblokir di negara yang sudah memenangkan 5 kali tropi piala dunia ini.

Hal ini bermula dari skandal video mesum Daniela Cicarelli (mantan tunangan Ronaldo Botak) dengan kekasihnya, yang menyebar di situs youtube. Dari keviralan itu lah si Daniela mengancam Youtube supaya di blokir di Brazil jika skandal videonya tidak dihapus oleh Youtube.

Dan hal ini berlanjut sampai ke pemerintahan melalui Menkominfonya Brazil supaya membuat penyaringan saat mengakses video ke Youtube. Namun setelah dilihat hasilnya, konon di anggap belum efektif. Sehingga kasusnya seperti Pakistan lagi gan-sist, yakni Langsung situs Youtube'nya yang diblokir.

5. Sudan



Kalau di Kalimantan Selatan juga ada nih bray yang namanya "Sudan" atau Sungai Danau. Dimana daerah ini terkenal dengan Pertambangam batu baranya, Tapi masih bisa ngeakses youtube loh kalau disana.

Berbeda dengan nagara Sudan, kalau di kawasan ini katanya Youtube sudah gak bisa di akses lagi. Selain itu, bersamaan dengan Youtube, Google pun juga di blokir oleh pemerintah setempat. Hal ini berawal ketika merebaknya video panita pemilu yang memberikan suara palsu pada pemilihan umum yang dilakukan oleh negara Sudan. Ditambah lagi dengan kasus film The Innocence of Muslim yang sudah dipermasalahkan Pakistan sebelumnya. Sehingga walaupun film tersebut sudah dihapus oleh Youtube, tetap saja situs milik google tersebut masih di blokir oleh Sudan di negaranya.


Wah wah wah, begitulah barangkali ketika sebuah negara dipimpin oleh orang-orang yang idealis, maka kebijaknnya pun juga terbilang anti mainstream. Jadi hati-hati gans 2019 nanti, kalau nggak mau Youtube diblokir di Indonesia, maka pilihlah pemimpin yang suka bikin video di Youtube. Just Kidd bye..bye..


Demikian, sampai jumpa di Thread yang lain, terimakasih sudah mampir ngopi disini Gan - Sis sekalian.



Spoiler for sumur:

3
7.7K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.