Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Wow, Inilah Fakta TERBARU Tentang Lidah Kucing yang Belum Kita Ketahui!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Wow, Inilah Fakta TERBARU Tentang Lidah Kucing yang Belum Kita Ketahui!


[ HT# 396 ]

Kita pastinya pernah melihat bagaimana seekor kucing atau keluarga kucing menggunakan lidahnya setelah makan atau bangun dari tidurnya dengan cara menjilati bulu-bulunya dan itu biasa terjadi. Ritual ini bukanlah 'mandi kucing', hehe, tapi faktanya memang benar si kucing bertujuan membersihkan dan merapikan dirinya agar terlihat rapih dan menarik lawan jenisnya.

Namun hal yang cukup mengejutkan setelah Dr. Noel melakukan beberapa penelitian kecil dan menemukan sesuatu yang berbeda di lidah kucing ini. Buat kita yang pernah merasakan bagaimana kucing menjilat permukaan kulit kita pasti merasa kesat atau ada rasa permukaan kulit yang kasar tersangkut oleh lidah si kucing. Yup, itulah sebuah duri halus yang disebut dengan papillae dan dalam beberapa puluh tahun ke depan ternyata telah ber evolusi sejak ditemukan duri ini pada 1982 oleh peneliti sebelumnya.




Peran Papillae pada
Lidah Kucing




Lidah Kucing



Awalnya Dr. Noel secara tidak sengaja menemukan perubahan struktur duri ini dimana sebelumnya duri lidah kucing awalnya dikenal hanya untuk membantu mempermudah mengunyah daging, sebagai alat 'tarik' hewan buruannya, dan kini secara struktur telah terjadi evolusi menjadi lebih modern dan multi fungsi (atau peneliti dahulu kemungkinan belum secara mendetail mempelajari lebih lanjut).



Yup, Dr. Noel pun penasaran dan melalui mikroskop ia akhirnya menemukan 'sesuatu' yakni beberapa sisa potongan daging yang masuk ke ujung papillae, padahal menurut penelitian sebelumnya papillae tidak bisa 'menyerap' makanan saat si kucing makan, papillae seperti menyimpan cadangan makanan. Dr. Noel menemukan fakta baru kalau Papillae ternyata bentuknya berongga dan memiliki ruang hampa bagian belakangnya.



Dr. Noel semakin penasaran kemudian melakukan pemeriksaan lebih jauh dengan lensa macronya, barulah ditemukan bagian berongga papillae yang ternyata membentuk huruf U, seperti sebuah cakar kecil tapi bagian belakangnya berongga membentuk huruf U.



Hasil print 3D


Kemudian Dr. Noel mencetak model 3D dari lidah kuncing tersebut untuk melihat lebih mendetil dan mengetahui dengan benar bagaimana sesungguhnya papillae berfungsi saat si kucing makan buruannya.



Penelitian lanjut lagi pun dilakukan dan hasilnya memang cukup mengejutkan, fungsi papillae yang membentuk huruf U dan berongga ini ternyata berfungsi untuk menyimpan air liur, itulah mengapa kucing mampu merapihkan bulu-bulunya dengan baik, mampu menarik/ menimba air yang diminumnya dengan lebih baik, air liur yang tersimpan dan mengalir juga mampu untuk mempermudah proses mengunyah makanannya.










Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: deeplook | Sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 29-11-2018 09:23
tien212700
tien212700 memberi reputasi
4
14.5K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.