bele3010Avatar border
TS
bele3010
Beauty Brand Yang Terinspirasi atau Plagiat?
Setiap industri terutama industri creative pastinya banyak sekali referensi dalam menciptakan suatu produk, tidak terkecuali beauty brand. Dalam ranah kecantikkan ini ternyata tidak luput dari kemiripan dengan produk kecantikkan lainnya, baik dari cara komunikasi kepada konsumennya, packaging produknya, hingga keseluruhan produk,isi,dan komunikasinya bisa dikatakan “mirip banget” dengan tetangganya.

Tidak hanya terjadi pada brand lokal, ternyata brand luar pun memiliki isu yang sama, berikut beberapa produk yang ternyata memiliki kemiripan satu sama lain :

 
1.   KAT VON D VS MAKEUP REVOLUTION

Kedua brand ini beberapa tahun yang lalu sempat ramai dan menjadi perbincangan karena seperti yang terlihat dari sisi layout, warna yang dipilih, hingga packaging hampir sama. Menurut beberapa orang Makeup Revolutin duplicate dari Kat Von D, dikarenakan Kat Von D keluar terlebih dahulu dengan palet tersebut. Dan ternyata memang Makeup Revolution sudah terkenal suka menduplicate produk, sebelumnya sudah terjadi pada Too Face dan Urban Decay.
 
2.   BEAUTY BAKERIE VS HUDA BEAUTY
 
Beauty Bakerie                                          

Huda Beauty

Beauty Bakerie merupakan brand asal Amerika yang memang memiliki konsep produknya berupa baking. Bukan hanya sekedar konsep produk, Beauty Bakerie sendiri memang konsisten dengan produknya yang diolah dengan cara di bake. Sedangkan untuk brand Huda Beauty, mereka hadir dengan konsep profesional produk. Namun, pada salah satu produknya yaitu pada saat mereka mengeluarkan produk bedak powder, Huda Beauty menggunakan konsep yang “mirip” dengan Beauty Bakerie. Bahkan hingga nama produknya pun dibuat mirip.
 
3.   DEARME BEAUTY VS ROLLOVER REACTION
                   

Nah masuk ke produk lokal, ada 2 brand yang ternyata “terinspirasi” dari brand lainnya. Yaitu Dearme Beauty dan Rollover Reaction. Seperti yang terlihat konsep promo feeds di instagram Dearme Beauty sama seperti Rollover Reaction yang terlebih dahulu sudah menggunakan konsep tersebut. Hingga tone warna promo produknya pun menyerupai. Selain konsep promo di Instagram yang menyerupai, produk revemp Dearme Beauty yang sekarang menyerupai brand lain yaitu Kaie Beauty pada produk liquid lipstiknya.
 
4.   DEARME BEAUTY VS BLP BEAUTY
 

Masih dengan produk Dearme Beauty, salah satu produknya yang juga menyerupai produk lain ialah pada face powdernya. Bukan pada formulanya yang mirip tapi terlihat packaging dari Dearme face powdernya mirip sekali dengan face powder milik BLP yang memang sudah banyak diketahui lebih dahulu keluar di pasaran dibandingkan dengan produk Dearme Beauty.
 

Nah, gimana sista menurut sista brand-brand di atas ini terinspirasi atau sudah masuk dalam tahap plagiat ya? Memang inspirasi itu bisa datang dari mana saja, namun membuat sebuah ide itu pastinya tidak bisa instant, jadi alangkah lebih baik kalau kita menghargai apa yang sudah dikerjakan orang dengan sungguh-sungguh. Karena pastinya kita tidak mau kan kalo suatu karya yang kita sudah pikirkan dan konsepkan matang-matang dijiplak gitu aja. Benar ga sista?



Sumber : Femaledialy.com

KnightDruid
tata604
aldysadi
aldysadi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
6.5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
SistaKASKUS Official
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.