Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Sekelumit Perjalanan Panjang Benelli, Udah Tua Ternyata GanSis!

partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Sekelumit Perjalanan Panjang Benelli, Udah Tua Ternyata GanSis!
Salam Jumpa...emoticon-Toastemoticon-Toast


GanSis, kali ini Ane mau ngebahas tentang pabrikan motor asal negeri pizza. Bukan Ducati pastinya. Yap, pabrikan yang Ane maksud adalah Benelli.




Mungkin banyak dari GanSis yang belum kenal dengan merk motor yang satu ini. Wajar sih, karena memang motor Benelli jarang lalu lalang di jalan raya Indonesia. Walaupun jarang, motor Benelli gak kalah keren dibanding motor Jepang atau motor Eropa lain yang banyak beredar di Indonesia.

Biar lebih kenal, berikut Ane jabarin sekelumit tentang motor ini...

Benelli didirikan pada tahun 1911 di Pesaro, Italia. Perusahaan ini didirikan oleh seorang janda yang bernama Teresa Benelli. Teresa memiliki enam orang anak, dan mereka semua ikut berkontribusi dalam usaha tersebut.




Tahun 1919 merupakan awal Benelli membangun mesin sepeda motor yakni mesin 2 – stroke 75cc yang diaplikasikan pada sepeda. Selanjutnya Benelli mulai membangun mesin motor dengan kapasitas dan kualitas yang lebih baik lagi. Alhasil, mesin racikan anak – anak Teresa ini mendapat kesempatan untuk unjuk gigi di arena balap.

Kesuksesan Benelli di arena balap tidak lepas dari peran pembalapnya Antonio Benelli yang merupakan anak bungsu Teresa. Kemenangan pertama Benelli di ajang internasional yaitu GP Monza tahun 1927 dan 1928 di kelas 175cc.




Sempat behenti berproduksi kala Perang Dunia II, Benelli kembali menggeliat di tahun 1940. Dengan kondisi ekonomi yang belum baik, Benelli hanya memproduksi sepeda motor murah.

Tahun – tahun selanjutnya...

Seperti persaudaraan pada umumnya, perselisihan antar Benelli bersaudara tak bisa terhindarkan. Pada tahun 1949, Anak tertua Teresa (Guiseppe) berselisih paham dengan saudara – saudaranya mengenai desain motor. Perselisihan ini mengakibatkan Guiseppe keluar dari Benelli dan membuat pabrik motor baru yang bernama Motobi.

Gak bertahan lama, 1960 Motobi diakusisi oleh Benelli dengan tetap mempertahankan nama tersebut. Sampai sekarang nama Motobi masih digunakan Benelli untuk nama produknya. Salah satu yang paling baru adalah Benelli Motobi 200 Evo.




Pada tahun 1970-an, De Tomaso Inc. mengakuisisi Benelli dan Moto Guzzi untuk memproduksi motor multisilinder. Hasilnya pada tahun 1972 Benelli meluncurkan 750 Sei yang memiliki mesin 747cc SOHC. Motor ini berpendingin udara inline – six dengan ukuran bore mirip Honda 740. Kurang puas dengan mesin 750cc, Benelli merilis 900 Sei yang berkapasitas 900cc.




Namun,,,

Produktivitas Benelli ini ternyata berbanding terbalik dengan capaian penjualan perusahaan. Pada tahun 1988, konsolidasi Benelli dan Moto Guzzi akhirnya selesai dan produksi pun ditutup.

Tujuh tahun berselang, Andrea Merloni kembali melahirkan Benelli. Motor skuter menjadi produk pertama Benelli yang berhasil menyita perhatian pasar kala itu.

Di tahun 2002, Benelli memproduksi motor dengan mesin 3 – silinder Tornado 900 Tre dan TNT. Tornado 900 sempat dinobatkan sebagai sepeda motor terbaik 2004 oleh majalah motor Eropa.




Akhirnya pada tahun 2002 Benelli dijual kepada perusahaan Cina Qianjiang. Dan pada tahun 2012 era Benelli di Indonesia pun di mulai.

Oktober lalu Benelli menelurkan lima produk anyar mereka. Kelimanya adalah TNT 250 Facelift, Adventure TRK 251, Passion Benelli 502, Benelli 752, dan Benelli Electric Scooter.




Nah begitulah kira - kira lika liku salah satu produsen motor tertua ini GanSis. Menurut Ane sih produk yang ditawarkan Benelli cukup beragam GanSis. Dan salah satu yang Ane suka adalah Benelli Motobi 200 Evo.

Sekian dulu ya GanSis...

Salam hangat...

                                                                                                   
Diubah oleh partaioliang 22-11-2018 06:13
1
2.9K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.