Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rizkimaddAvatar border
TS
rizkimadd
Inilah Cara Merawat Kelinci Yang Jarang Kita Ketahui
Cara Merawat Kelinci – Kelinci merupakan salah satu spesies hewan yang sangat di sukai oleh kebanyakan orang lain. Bahkan kelinci ini juga banyak orang yang memelihara kelinci.

Hal ini disebabkan kelinci yang terlihat imut serta bersih. Kebanyakan dari orang – orang yang memelihara kelinci telah dianggap menjadi teman bahkan sahabat terdekat. Ini lah yang menjadi salah satu hobi yang sangat di gemari oleh orang lain.
Cara merawat kelinci merupakan salah satu yang cukup mudah untuk Anda yang mempunyai hewan peliharaan kelinci di area rumah. Dan Anda juga harus memantau terus menerus akan dengan keadaan dari kelinci yang memang sedang di pelihara.
Cara Merawat Kelinci

Sebaiknya Anda juga harus memperhatikan akan yang Anda lakukan. Seperti halnya dengan membuat tempat minum kelinci, memberi pakan kelinci, membersihkan kelinci, dan juga mengandangkan kelinci secara nyaman inilah salah satu dari kunci tentang cara merawat kelinci secara benar dan baik. Di bawah ini merupakan hal yang perlu dilakukan untuk merawat kelinci :
1. Menjaga Kesehatan Kelinci
Untuk menjaga kesehatan hewan kelinci berarti kita juga harus rutin untuk membawa kelinci ini konsultasi ke dokter hewan. Ini berguna untuk pemeriksaan akan kesehatan dari kelinci tersebut. Apabila kelinci anda sudah menunjukkan gejala – gejala sakit maka anda jangan ragu untuk segera membawa kelinci anda ke dokter hewan agar mememperoleh penanganan lebih lanjut.
2. Selalu Memeriksa Keadaan Gigi Kelinci
Gigi dari kelinci ini tidak akan pernah berhenti bertumbuh. Oleh sebab itu dia akan selalu mengunyah sesuatu khusunya makanan untuk meratakannya. Apabila gigi kelinci anda ini terlihat semakin panjang. Maka anda bisa untuk membawanya ke dokter hewan dengan tujuan sediki untuk memotongnya. Jangan pernah untuk memotong gigi kelinci anda dengan sendiri. Karena gigi kelinci ini bisa menjadi retak dan akan menyebabkan pembengkakan sampai masalah yang sangat serius pada mulut.
3. Rajin Merawat Bulu Kelinci
Jika anda memiliki kelinci jenis anggora agar memperhatikan bulunya. Kelinci Anggora adalah jenis kelinci yang mempunyai bulu yang sangat halus. Sehingga banyak dari sebagian orang yang mencukur bulunya untuk dijadikan sebagai bahan pakaian. Meskipun demikian, jangan pernah mencoba untuk mencukur bulu – bulu kelinci anda dengan sendiri. Anda bisa menyikat bulu kelinci anda sebanyak sekali dalam sehari supaya bulu mereka akan tetap halus dan tetap sehat. Pada saat anda menyikat bulu kelinci anda bisa dengan menggunakan sisir yang khusus untuk hewan. Dengan menyikat bulu kelinci anda, maka anda bisa mengurangi banyaknya bulu yang rontok di perabotan, karpet, dan bahkan pakaian anda.
4. Memberi Makanan Yang Tepat
Kelinci juga sangat menyukai jerami sebagai salah satu makanannya. Selalu pastikan jika kelinci anda mempunyai cukup banyak jerami yang untuk dikunyah. Jerami mempunyai semua nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk kelinci agar tetap sehat. Dengan mengunyah, gigi kelinci sendiri bisa menjadi rata serta pertumbuhannya tertahan. Selain itu kita juga perlu untuk mengetahui bahwa terdapat banyak makanan yang tidak boleh diberikan untuk kelinci, khusunya kelinci Anggora. Makanan tersebut yakni yang seperti jagung, brokoli, kacang yang belum dikupas, bayam, kubis, dan juga kembang kol. Makanan – makanan ini berbahaya sebab sulit untuk dicerna  kelinci dan bisa menyebabkan kelinci ini menjadi sakit.
5. Selalu Memenuhi Kebutuhan Air
Kelinci akan memerlukan akses yang mudah untuk ke sumber air yang segar dan juga bersih. Wadah air untuk kelinci anda bisa dengan menggunakan botol yang akan terdapat untuk dihisap pada ujungnya sebab botol ini akan lebih susah terkontaminasi dengan berbagai debu, kotoran, dan juga jerami. Selalu rutin untuk ganti air minum kelinci anda. Paling tidak ganti sekali dalam sehari dan juga selalu periksa keadaannya.
Itulah beberapa tips serta cara merawat kelinci secara baik dan benar agar kelinci dapat hidup sehat. Semoga artikel singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami lainnya di ribuancara.com .
0
5.8K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.