Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

junleonAvatar border
TS
junleon
Kenapa Huruf "F" dan "V" Susah Dibedakan?
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace

Kenapa Huruf "F" dan "V" Susah Dibedakan?

Banyak sekali orang-orang di Indonesia yang pintar mengenai pelajaran bahasa Indonesia. Dan pastinya tak hanya mereka, Agan pun tentu mengetahui yang namanya Huruf. Dari lahir hingga saat ini, kehidupan pasti tak lepas dengan yang namanya huruf.

Pengertian dari hurufsendiri adalah sebuah grafem atau bentuk, goresan, ataupun lambang dari suatu sistem tulisan, misalnya 26 huruf yang termasuk dalam alfabet Latin modern, yakni yang digunakan di Indonesia. Huruf sendiri terdapat 2 kategori yakni huruf kapital dan huruf kecil. Huruf terdiri dari :

a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z

untuk huruf kapital dan huruf kecil :

Aa Bb Cc Dd Ee Ff Gg Hh Ii Jj Kk Ll Mm Nn Oo Pp Qq Rr Ss Tt Uu Vv Ww Xx Yy Zz

Namun dari 26 huruf abjad, ada beberapa huruf yang sering kali mengucapkannya terasa susah dan membingungkan. Huruf yang dimaksud yang terkadang membuat bingung semua orang yakni ejaan huruf "F" dan "V", seperti contoh saat mengucapkan kata :

Formasi tapi seperti Vormasi, atau Aktifitas dan Aftivitas, Fideo dan Video, ataupun Falak dan Valak.

Kenapa Huruf "F" dan "V" Susah Dibedakan?

Tak bisa dipungkiri kadang-kadang kita suka keliru dengan huruf F dan V ini. Memang kedua huruf ini mempunyai pelafalan yang hampir mirip dan menjadikan lidah kita seperti terpeleset saat mengucapkan ke dua huruf tersebut. Sekilas pengucapan huruf F nampak sama seperti huruf V, dan begitupun sebaliknya. Tuhkan bingung hayo.

Cara mengatasinya begini, coba Agan bedakan antara huruf ‘eF’ dengan ‘Ve’, Agan jangan berkata jika abjad ke-22 itu dieja dengan kata ‘Vi’. Aksara Indonesia sendiri memberitahu bahwa cara mengeja huruf ‘V’ yakni dengan ‘Ve’, bukan dengan ‘Vi’. Lalu apakah perbedaan dari pelafalan di antara kedua huruf tersebut?

Kalau berbicara masalah logat Inggris serta Spanyol, maka huruf F, cara pengucapannya yakni mirip seperti meniup dengan menghembuskan angin dari mulut. Sedangkan huruf V, pengucapannya seperti huruf F, tetapi dengan mulut yang lebih rapat ataupun seperti pengucapan huruf B dengan mulut yang tak terlalu rapat.

Memang yang namanya manusia adalah gudangnya salah, tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan. Tetapi belajar dari kesalah itulah, kita bisa memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi. Terlihat sepele memang, tapi Agan yang sedikit susah membedakan F dengan V, mungkin perlu belajar untuk membedakannya.

Karena kelak, jika Agan mempunyai anak dan anak Agan tak bisa membedakan huruf F dan V, pasti sebagai orang tua agak sedikit malu bukan? Jadi ingat baik-baik, F adalah "eF" bukan "Fe" gan, kok malah dibaca "fe", hayo siapa yang salah? Dan huruf V adalah "Ve", bukan "vi" gan.

Kenapa Huruf "F" dan "V" Susah Dibedakan?
Diubah oleh junleon 04-04-2022 06:08
0
8K
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.