Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bye2Avatar border
TS
bye2
JD.ID - Keluhan Pengiriman Barang
Permisi om Momod...numpang ngeluhh emoticon-Malu (S)

1 unit Motor Yamaha FreeGo saya pesan ke JD.ID pada tgl 14 november 2018. Dapat diskon 2jt sehingga total harga 17jt-an dengan menggunakan kartu kredit. 
Tidak lama status pesanan saya berubah menjadi "Paket pesanan Anda telah dikirim, telah dikirim ke kurir other logistics, nomor waybill 241969551". 
Terus terang saat itu saya merasa cukup kagum begitu cepatnya proses pengiriman barang di JD.ID serta berharap barang cepat juga saya terima.

Tapi perasaan kagum saya berubah total...

Jumat 16 Nov: Barang belum datang. Saya chat CS JD.ID dan diberitahu biasanya perlu 1-3 hari barang sampai ke pembeli. Lalu saya diminta supaya menunggu sampai hari sabtu. 

Sabtu 17 Nov: Barang belum datang juga. Info dari CS JD.ID via chat/telpon supaya saya menunggu sampai hari senen. Alasannya pengiriman lagi padat.

Senen, 19 Nov: Barang masih belum datang juga. Info dari CS JD.ID bhw pengiriman lagi padat dan sudah komunikasi dengan pihak terkait supaya barang dikirim. Saya diminta tunggu sampai hari rabu.

Rabu,  21 Nov: Barang masih belum datang juga. Saya tanya CS  via chat kepastian kapan barang datang, tidak bisa dijawab dengan tegas. Hanya bilang akan memberitahu ke pihak terkait. 
Salah satu CS bilang pihak terkait sudah telepon saya, tapi tidak diangkat. Saat itu saya dengar HP saya bunyi tapi saya sedang shalat. Lalu saya cek hanya 1 missed call dengan nomer seperti kebanyakan nomer telepon penawaran kartu kredit atau asuransi.
Lagipula itu hanya 1 missed call. Bagi saya kalau memang itu hal penting demi kepercayaan/kepuasan pelanggan, saya akan telp lebih dari 1 kali. 
Lalu saya coba telpon CS utk menanyakan kepastian kapan saya bisa terima. Di jawab 2 minggu lagi. What the...!!!  Saya tanya juga prosedur pembatalan. CS tersebut bilang "Bisa Dibatalkan" dan pengembalian dana 7-14 hari kerja.
Saya cek juga peraturan di web JD.ID bhw bisa dilakukan pembatalan dengan persyaratan tertentu dan dalam kasus saya ini termasuk yang "Bisa Dibatalkan". 
Lalu saya chat lagi dg CS utk memastikan prosedur pembatalan dan dijawab "Tidak Bisa Dibatalkan" krn sudah ada di jasa pengiriman. 

Saya merasa sudah cukup dipermainkan oleh CS JD.ID karena:
1- Setiap live chatting, CS sering berganti-ganti sebelum menyelesaikan pertanyaan masalah saya dan setiap CS selalu menanyakan lagi nama/no HP/email/masalahnya apa. Sehingga saya harus memberitahu berulang kali. Apakah mereka tidak bisa scroll chat?. Bener2 wasting time.... 
2- Alasan tidak logis CS bhw barang sudah ada di jasa pengiriman tapi belum bisa kirim karena sedang padat. OMG ini sudah 1 minggu dan pengiriman di dalam area Jakarta. Ada 1 review sudah terima barang H+1 order barang. Saya sudah 1 minggu dan tidak ada 1 CS pun bisa menjelaskan kapan pastinya barang dikirim...????. CS hanya bilang akan meneruskan ke pihak terkait.
3- Beda penjelasan antar 1 CS dengan lainnya. Tidak berlebihan kalau saya bilang bhw ini menandakan tidak jelasnya sistem/koordinasi internal JD.ID.
4- Terakhir saya chat, CS hanya nanya nama... udah abis itu ngilang dehemoticon-Cape d... (S)

Saya merasa sudah cukup sabar dan tidak mungkin lagi bisa berharap untuk mendapatkan barang pesanan tsb dari JD.ID dengan pelayanan yang seperti ini. Akhirnya pada hari ini saya putuskan untuk membatalkan pembelian.

Saya baca beberapa Surat Pembaca di internet yang mengeluh dan kecewa, dari buruknya pelayanan CS, lamanya barang dikirim sampai lamanya pengembalian dana karena pembatalan pembelian. Is it true??

Di website tercantum bahwa pengembalian dana kartu kredit perlu waktu 7 - 14 hari kerja. Bagi saya ini sebagai rujukan terakhir apakah JD.ID memang online shop yang masih bisa dipercaya?. Let's see...

Semoga keluhan ini bisa digunakan untuk untuk kemajuan JD.ID selanjutnya. I hope so...!! emoticon-I Love Indonesia (S)

Regards,
Bye2
0
5.1K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.