KASKUS.HQAvatar border
TS
KASKUS.HQ
Perkembangan Film Indonesia Oleh Anak Mudanya
Halo GanSis!!!



Gak hanya lewat layar bioskop, sekarang menikmati film bisa lewat berbagai macam platform digital, GanSis. Mulai dari platform digital berbayar atau yang gratis bisa digunakan untuk menikmati berbagai gendre film. Kemajuan inilah yang membuat filmmaker berlomba – lomba untuk menujukkan karya mereka.






Tak terkecuali para kreator film tanah air, yang juga memanfaatkan kemajuan ini untuk berkarya. Mulai dari film pendek, web series, dokumenter sampai film komersil pun sekarang makin banyak bermunculan. Bahkan diantara mereka juga banyak yang menorehkan prestasi lewat karya mereka. Dan hebatnya lagi, rata – rata dari mereka adalah anak muda!!!






Wregas Bhanuteja, melalui karya – karyanya, pemuda yang pernah kuliah di IKJ ini kini menjadi salah satu sutradara yang diperhitungkan di perfilman tanah air. Salah satu karya terbaiknya adalah Prenjak.






Berbagai penghargaan nasional dan internasional diraih Wregas lewat film pendek ini. Diantaraya Cannes Film Festival 2016, Melbourne Internasional Film Festival 2016, Festival Film Indonesia 2016, Singapore International Film Festival 2016, Prague Short Film Festival 2016.






Yosep Anggi Noen, lewat sebuah organisasi Kelompok 56 yang kemudian berubah nama menjadi 56 Films, Anggi memproduksi karya – karyanya. Berbagai film pendek pernah dibuat Anggi, diantaranya Tak JadiDatang (2009) dan A Lady Caddy Who Never Saw A Hole In Hole (2013).






Akan tetapi Anggi lebih banyak dikenal lewat karyanya Istirahatlah Kata – kata. Film yang bercerita tentang perjuangan Wiji Thukul ini pernah meraih penghargaan Festival Film Indonesia, Usmar Ismail Award, dan Jogja – NETPAC Asian Film Festival.



Selain dua orang yang Ane sebutin, masih banyak lagi sineas muda Indonesia dengan karya – karya yang luar biasa, sebut saja Yandy Laurensyang meraih penghargaan FFI lewat film Wan an dan BW Purba Negara dengan film panjang pertamanya Ziarah.



Antuasiasme filmmaker tanah air ini juga tidak lepas dari apresiasi penonton terhadap karya mereka. Buktinya, jumlah penonton film Indonesia di tahun 2017 meningkat sebanyak 10,09% dari tahun 2016. Sementara di tahun 2018, tren positif di tahun sebelumnya juga masih terlihat. Sementara untuk platform digital, jumlah penontonnya juga gak kalah banyak GanSis. Secara pengguna internet di Indonesia cukup banyak.






Dilan, merupakan film dengan jumlah penonton terbanyak sejauh ini di tahun 2018, yakni 6,3 juta penonton dan mampu bertahan selama satu bulan di bioskop. Sementara di tahun 2017, film horor fenomenal Pengabdi Setanmenjadi film dengan jumlah penonton terbanyak yakni 4,2 juta penonton. Sedangkan untuk film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak sampai saat ini masih Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 dengan jumlah penonton 6,8 juta penonton.



Tapi ini baru sebagian kecil dari perkembangan film Indonesia GanSis, masih banyak lagi yang wajib GanSis tau tentang perkembangan perfilman Indonesia sekarang. Untuk itu biar lebih update lagi, Ane mau ngajak GanSis buat nongkrong di Sore Hore.






Di Sore Horekita bakal ngobrol bareng seputar perkembangan perfilman Indonesia dengan tema “Membedah Ekosistem Perfilman Indonesia”. Pastinya obrolan kita bakalan seru GanSis! Soalnya kita kedatangan sutradara Filosifi Kopi dan Cahaya Dari Timur: Beta Maluku Angga D. Sasongko (Sutradara, CEO Visinema Pictures). Selain itu juga ada Anandia Nurita (Chief of Content Production Visinema) dan Giandra Raka Adrian (Moderator).



Habis ngobrol, kurang seru rasanya kalau kita gak nikmatin karya sineas Indonesia, GanSis. Yap, nantinya kita juga akan Nonton Bareng film AADC
dan 3 Hari Untuk Selamanya yang merupakan film dari Miles Films.





Gak cuma itu GanSis, di Sore Hore juga ada Talk Show seputar Artdan Musik bersama tokoh – tokoh yang kece. Dan, bakalan ada Workshop buat kalian yang pengen belajar membuat karya seni dan Pameran dari ilustrator – ilustrator keren.



So, GanSis kudu datang ke Sore Hore Vol. 1 tanggal 24 – 25 November 2018ini. Pastinya kalian bisa dapat ilmu dan pengalaman yang luar biasa disini. Untuk keterangan lebih lanjut, GanSis bisa mampir ke Thread ini dan @sorehoreofficial.



Diubah oleh KASKUS.HQ 21-11-2018 08:11
3
3.6K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.