Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

venomwolfAvatar border
TS
venomwolf
Fuad Bawazier: Paket Kebijakan Ekonomi ke-16 Tak Masuk Akal
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan RI, Fuad Bawazier mengkritisi secara keras paket kebijakan ekonomi ke-16 yang pekan lalu diumumkan pemerintah Indonesia.

Ia menyoroti kebijakan dalam paket tersebut yaitu membuka 54 bidang usaha dari daftar negatif investasi (DNI) sekaligus membuka investasi untuk asing.

“Paket kebijakan ekonomi ke-16 itu kontroversial, radikal, liar, dan tidak masuk akal,” tegas Fuad ditemui di posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jalan Sriwijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2018).

Menurutnya paket kebijakan ekonomi itu bertujuan untuk mengobral usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bagi asing.

Sementara kebijakan pemberian tax holiday bagi investor asing dinilai tak efektif untuk mendatangkan investasi dari luar negeri.

Baca: Fadli Zon soal Paket Kebijakan Ekonomi XVI: Bukti Pemerintah Neolib

“Pembukaan 54 bidang usaha dari DNI itu hanya untuk mengobral UMKM kepada asing, sementara kebijakan tax holiday itu terbukti tak menarik bagi investasi asing, karena investor asing dikenai pajak di Indonesia, juga dikenai pajak di negara ini, apalagi yang dibuka adalah UMKM seperti warung internet yang mungkin kurang menarik bagi investasi asing,” terangnya.

“Kebijakan itu seperti dimunculkan oleh orang-orang yang tidak paham dan tidak ada keberpihakan kepada UMKM,” imbuhnya.


Menurut Fuad yang lebih penting saat ini seharusnya pemerintah Indonesia mengatasi masalah kelesuan ekonomi karena turunnya konsumsi publik.

“Masalahnya sekarang bukanlah investasi, tapi turunnya daya beli dan tingkat konsumsi yang turun, seperti pada kuartal ketiga tahun 2018 pertumbuhan ekonomi di sektor produksi mencapai 5,17 persen sementara pertumbuhan sisi konsumsi hanya 4,4 persen, berarti ada sektor produksi yang tidak terserap,” pungkasnya.


http://m.tribunnews.com/nasional/2018/11/21/fuad-bawazier-paket-kebijakan-ekonomi-ke-16-tak-masuk-akal

minta di bully cebong idiot nih org..wong junjungan cebong katanya sangat berpengalaman dan jenius kog emoticon-Traveller
1
2.2K
46
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.