Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bukan.salmanAvatar border
TS
bukan.salman
Prabowo Sebut Air Laut 2025 Sampai Bundaran HI, Menteri Basuki: Betul


VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono sepakat dengan Prabowo Subianto, soal air laut yang diperkirakan sampai hingga Bundaran Hotel Indonesia pada 2025. Pemerintah pun telah memperhitungan hal tersebut.

"Itu betul Pak Prabowo, kalau menurut hitungan," kata Basuki di Istana Bogor, Rabu 21 November 2018.

Basuki mengatakan, dia sudah pernah mengatakan sebelum Prabowo, bahwa 15 tahun lagi bisa banjir hingga ke Bundaran HI. Asumsinya, setiap tahun penurunan permukaan tanah di Jakarta mencapai 10-13 sentimeter.

Sementara itu, lanjut dia, tidak ada sungai di Jakarta yang mampu mengairi hingga ke laut dengan kecepatan penurunan tanah secepat itu. Maka sebenarnya, pemerintah memprogramkan dalam proyek besar yang disebut sebagai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

"Makanya ada istilah NCICD sebagai protection, jadi bukan untuk banjir atau untuk apa. Tetapi, penanggulangan lingkungan, dengan penurunan 10-12 cm per tahun itu 15 tahun lagi Insya Allah, kalau 15 tahun saya masih hidup, itu semua sungai tidak bisa mengalir, makanya harus bikin tanggul," jelas Basuki.

Salah satu penyebab penurunan air tanah di Jakarta, adalah penyedotan air tanah yang berlebihan. Untuk menghindari penggunaan air tanah itu, Jakarta harus disuplai air dari beberapa bendungan seperti Jatiluhur.

Basuki mengatakan, kini sebesar 40 persen luas wilayah Jakarta, tanahnya berada di bawah permukaan laut. Maka penyedotan air tanah harus disudahi, agar prediksi Prabowo tersebut tidak terjadi pada 2025 mendatang.

"Di samping itu, emergency-nya bikin tanggul. Itu untuk emergency saja, kalau tidak akan tenggelam terus," katanya.

Sebelumnya, Prabowo menyebut, kenaikan air laut diperkirakan bertambah 50 sentimeter per tahun. Jakarta, juga termasuk salah satu yang terkena dampak tersebut.

"Tidak lama lagi, kita lihat sekarang dengan climate change ada kekeringan di California, dan saya kira, Indonesia tidak siap," ujarnya di Jakarta.

Prabowo memprediksi, air di pesisir Jakarta, di kawasan Tanjung Priok, akan mulai masuk ke pusat kota. Diperkirakan, air tersebut sampai ke pusat kota pada 2025. (asp)

sumber

Tumben akur..
0
3.3K
38
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.