Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

songgobawukAvatar border
TS
songgobawuk
Penyebar Berita Hoaks 101 Juta KTP Warga Cina Ditangkap


Menu Button
Home > Hukum > Kriminal
Penyebar Berita Hoaks 101 Juta KTP Warga Cina Ditangkap
Rabu, 21 November 2018 | 15:25 WIB

Hoax - [ilustrasi]
Skalanews - Jajaran Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap pelaku penyebaran berita bohong soal 110 juta e-KTP yang dibuat untuk warga Cina agar Prabowo Subianto kalah di Pilpres 2019.

Pelaku inisial SY (35) ditanggkap pada Selasa, 20 November, pukul 21.20 WIB di Banjaran, Bandung. Berita hoaks itu diposting pelaku di akun Youtube dengan kata-kata 110 JUTA e-KTP di BIKIN Warga Cina siap kalah kan Prabowo DI TANGKAP TNI kemana POLRI YA

"Konten tersebut adalah konten yang tidak benar, berita Palsu (Hoax), yang merupakan kompilasi beberapa video," tegas Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (21/11).

Pelaku SY mengumpulkan beberapa video diantaranya penangkapan oleh jajaran Polres Tidore terhadap pelaku pembuat KTP palsu pada November 2017 lalu.

Tanpa melakukan pengecekan pelaku kustru memposting ulang video penangkapan itu ke akun Youtube miliknya dan diimbuhi kata-kata tidak benar.

SY diketahui sehari-hari bekerja sebagai teknisi komputer di Bandung. Menurut Dedi, SY sengaja membuat akun Youtube untuk mendapat iklan dari informasi yang diposting.

"Walaupun telah memiliki 46.793 subscribers, dan telah memposting 900-an video, tersangka belum pernah mendapat honor, karena konten yang diuploadnya melanggar ketentuan hak cipta yang ditentukan oleh platform," paparnya.

Dari pelaku penyidik menyita sejumlah peralatan yang digunakan seperti komputer dan juga akun Youtube milik pelaku.(Frida Astuti/dbs)

https://skalanews.com/detail/hukum/k...Cina-Ditangkap

Enak to nginep diruko,, suka heran orang2 bgini demi membela junjungan ampe rela bikin brita hoax yg ujung2nya penjara. Kalo situ dipenjara memangnya junjungan lo bisa bantu ??

Apa bodoh dulu baru diterima jadi klan nasbung emoticon-Big Grin
1
4.2K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.