Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arifinsoeparmanAvatar border
TS
arifinsoeparman
Ratu Pantai Selatan Dan Danau Nibung Mukomuko
Ratu Pantai Selatan Dan Danau Nibung Mukomuko

Portalblogku.blogspot.com , 01/10/18
DANAU NIBUNG Merupakan Sebuah Danau Alami yang terletak tidak jauh dari kompleks perkantoran Pemda Mukomuko dan memiliki akses yang sangat mudah di jangkau bagi wisatawan, bagi masyarakat mukomuko danau nibung merupakan salah satu Obyek wisata favorit jika hari libur tiba, selain bisa berkeliling danau dengan perahu dan jet sky, pengunjung juga dapat menikmati spot-spot foto selfie yang ciamik di danau ini.

Tapi tahukah kita tentang Legenda Danau Nibung ini, mungkin sebagian besar dari kita belum banyak mengetahui mengenai cerita-cerita legenda di sini, pada kesempatan ini tim portalblogku.blogspot.com akan mengulas legenda yang ada di danau nibung.

1. Nama Nibung
Danau Nibung sudah di kenal sejak zaman penjajahan pada waktu itu, nama Nibung Sendiri di ambil dari nama pohon Nibung, sejenis tanaman Palm yang hidup berumpun seperti bambu di tepian danau pada waktu itu. hal ini di sampaikan oleh RT danau Nibung yang juga merupakan salah satu pedagang di danau nibung.

" Dulu itu di sini kan banyak pohon nibung, ya namanya orang zaman dulu kalok ngasih nama tempat kan sesuai dengan apa yg ada biasanya, karna waktu itu banyak pohon nibung makanya di kasih nama danau nibung ".

2. Ular Besar Sang Penjaga Danau

Bukan suatu hal yang asing lagi mengenai Mitos dan Legenda Ular Besar Sang Penjaga Danau Nibung, sudah banyak artikel dan cerita masyarakat mukomuko mengenai Keberadaan Ular Besar sang penjaga danau, hal ini pun di ceritakan kembali oleh pak RT Danau Nibung saat Tim Portalblogku.blogspot.com mencoba menanyakan mengenai hal tersebut.

" iya mas, memang Cerita itu ada dan sampai sekarang masih banyak yang percaya kalau ular besar itu masih ada di danau nibung, jika kita melihat dari atas (menggunakan Dron) maka tengok sisi-sisi danau yang membentuk seperti liukan ular dan di tengah akan kelihatan samar-samar seperti naga, memang tidak semua orang bisa melihat secara langsung mas, karna namanya juga hal mistis" ungkapnya.

3. trowongan di danau nibung sampai pantai abrasi Air Dikit.

Selain Legenda mengenai Ular Besar Yang menjaga Danau, ada pula kepercayaan masyarakat bahwa ada aliran atau trowongan yang menghubungkan danau nibung dengan pantai. hal ini juga yang menyebabkan danau nibung seperti pantai pada umumnya memiliki pasang surut.

" dulu pernah ada orang yang membuat keramba ikan, dan dia cerita kalau di dasar danau ada aliran air yang sangat kencang seperti mengalir, dan itu di percaya alirannya menuju pantai di air dikit, makanya danau nibung ini dia kayak air laut mas, punya pasang surutnya, kalau air laut surut dia juga surut, kalau pasang dia juga pasang " ungkap Pak RT.

4. Ratu Pantai Selatan Dan Sang Ular Besar Penjaga Danau.

Nah ini adalah informasi terbaru yang Tim portalblogku.blogspot.com dapat mengenai hubungan Ratu Pantai Selatan ( Nyi Roro Kidul ) dengan Ular Besar Penjaga danau nibung, hal ini di sampaikan juga oleh Pak RT di Danau Nibung.

" gini mas jadi ceritanya danau nibung ini memiliki hubungan dengan Nyi Roro Kidul, hubungan ini terjalin karna sang ular penunggu danau nibung merupakan peliharaan ratu pantai selatan tersebut, dan trowongan langsung yang menghubungkan danau nibung dengan Lautan itu adalah Jalan Nyi Roro Kidul kalau mau ke danau Nibung"

Selain itu di sampaikan juga pernah ada seorang guru spiritual yang mencoba memanggil penjaga danau dan ratu pantai selatan tersebut.

"dulu sempat ada mas yang mencoba untuk memanggil nyi roro kidul dan ular besar yang di danau, ya menurut yg memanggil itu ya memang ada katanya hubungan antara danau nibung dengan sang penguasa pantai selatan tersebut".

5. Hal Mistis yang pernah Di alami Pak RT

Selain cerita-cerita yang melegenda tersebut, ternyata ada kejadian kejadian mistis di luar nalar manusia yang terjadi langsung dengan Keluarga Pak RT.

" dulu baru barunya saya tinggal di komplek sini pernah denger suara gamelan dan riuh pengunjung seperti ada sebuah acara, setelah saya cek ter yata tidak ada apa-apa, dan pagi harinya saya coba tanya temen-teman siapa yang tadi malam ada acara gamelan ternyata tidak ada yang buat acara mas, dan di situ tepat kejadiannya malam 1 suro ( muharam )" ungkapnya,

"Selain itu Ibu RT juga pernah bermimpi sewaktu baru pindah di sini, dia mimpi ada sosok perempuan menggunakan pakaiian sari seperti punya orang india namun kejawa-jawaan dengan wajah bersinar dan tersenyum ke arah ibu dan tidak lama ada banyak orang yang datang kerumah untuk membersihkan sekitaran rumah saya " tambahnya.

" ada lagi mas waktu tahun 2007an kejaian ini nyata terjadi sama ibu RT, jadi waktu itu saya dan ibu mau buka dagangan, dan saya tinggal ibu di sini sendiri untuk cari batu Es, nah di situ ibu kedatangan nenek-nenek dan wajahnya bersih, saat di tanya ternyata nenek-nenek tersebut menyampaikan pesan pesan untuk senan tiasa menjaga lingkungan dan jangan berbuat semaunya". Tutup Pak RT soal cerita danau nibung.

Nah Bagai mana mengenai cerita mistis di atas, Pada Dasarnya Hal Gaib itu memang ada Dan kita wajib percaya, namun mengenai cerita-cerita mistis seperti di atas kembali lagi percaya atau tidak itu ke diri kita masing-masing.
pada dasarnya kita selaku manusia senantiasa harus selalu berbuat Positif di lingkungan dan jangan berbuat semaunya di lokasi-lokasi seprti itu.
0
4K
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.