Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rhaimukuiAvatar border
TS
rhaimukui
Agenda Jambore Nasional 212 Terbongkar, Muradi: Masyarakat Harus Cerdas


BANDUNG - Masyarakat diminta lebih cerdas menyikapi isu politik yang dibungkus agama. Pasalnya, agenda yang dibuat kelompok tertentu dengan bungkus agama, bisa saja disusupi maksud politik tertentu.

Hal itu dikatakan Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi menanggapi rencana Jambore Nasional 212 yang isinya berupa pelatihan relawan Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi).

Muradi mengemukakan, Aksi Bela Tauhid yang digelar beberapa waktu lalu dinilai tidak berdampak besar. Pasalnya, semua orang tahu aksi yang dimaksud bukan sebatas bela tauhid, melainkan ada pertarungan politik antara eks Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dengan pemerintah.

"Persoalan Jambore Nasional 212 juga akan sama karena mereka sudah punya agenda politik tertentu. Maka kemudian, tidak akan punya basis luar biasa. Karena sudah segmented. Segmentasinya sudah terbatas. Orang-orangnya itu-itu aja. Gak akan sebanyak seperti 2 tahun lalu," kata Muradi dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Minggu (18/11/2018).

Pada akhirnya, ujar Muradi, publik harus lebih cerdas melihat agenda tersebut, bukan sebatas soal isu agama tertentu, tapi mengarahkan dukungan kepada salah satu calon peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Hal itu menurut dia, tidak cukup baik untuk masyarakat. Seharusnya, masyarakat diarahkan kepada proses dinamis. Dalam posisi hari ini, Muradi menegaskan, agenda yang digalakkan PA 212 tidak bisa memberikan efek luar biasa.

"Karena segmentasinya sudah sangat jelas. Dia tidak membela agama, tapi lebih kepada kepentingan politik mereka. Itu dibaca publik secara luas," ujar dia.

Sebelumnya, beredar kabar di media sosial terkait rencana Jambore Nasional 212 setelah surat permohonan izin ke Kapolri berupa pelatihan relawan pemenangan Prabowo-Sandi. Agenda tersebut akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur pada 30 November sampai 1 Desember 2018 mendatang.

Sumur

Anda mengharap alumni 212 cerdas? Ngimpiiiiiii............ emoticon-Malu
Diubah oleh rhaimukui 19-11-2018 07:38
0
3.6K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.