banyakmikirAvatar border
TS
banyakmikir
Poster 'Raja Jokowi' Ternyata Dipasang oleh Relawan
Sekitar sepekan lalu, di Kabupaten Banyumas banyak ditemukan stiker dan poster yang belakangan dipersoalkan PDI Perjuangan (PDIP). Stiker dan poster bergambar Joko Widodo (Jokowi) mengenakan mahkota ala raja Jawa, terpasang di kaca angkutan umum, kendaraan pribadi, dan juga beberapa lokasi strategis.

Namun stiker atau poster tersebut, hanya terlihat menghiasi wilayah Banyumas tak lebih dari sepekan. Internal pengurus PDIP dan Bawaslu Banyumas, melakukan pembersihan poster tersebut dengan alasan masing-masing.

Internal PDIP melakukan pencopotan seluruh poster dan stiker tersebut dengan alasan antara lain menilai poster tersebut mendiskreditkan Jokowi dan bukan atas perintah partai mapun Tim Kampanye Nasional (TKN) atau Tim Kampanye Daerah (TKD). Sedangkan Bawaslu, melakukan pembersihan poster-poster tersebut karena dipasang di lokasi-lokasi yang dilarang menurut ketentuan tidak boleh terpasang APK (alat peraga kampanye).

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Pidana Pemilu Bawaslu, Saleh Darmawan menyebutkan, selama penertiban APK, Senin (12/11)-Selasa (13/11), ada sebanyak 1.428 APK yang diturunkan. Termasuk, APK berupa gambar atau poster gambar capres pejawat Jokowi yang mengenakan mahkota.

Dia tidak bisa menyebutkan berapa APK berupa stiker dan poster Jokowi Raja yang diturunkan. "Sesuai ketentuan, tugas Bawaslu hanya menurunkan poster/stiker yang dipasang di lokasi-lokasi yang tidak boleh dipasang APK. Bukan berdasarkan pertimbangan materi APK, karena Bawaslu Banyumas tidak menerima pengaduan dari PDIP soal kampanye negatif dari stiker gambar capres Jokowi tersebut," jelasnya.

Berdasarkan pengamatan, sebenarnya tidak ada yang aneh dengan stiker atau poster bergambar Jokowi dengan warna merah tersebut. Di bagian kanan stiker atau poster terdapat foto capres Jokowi yang mengenakan mahkota raja yang biasa dikenakan pemain pertunjukkan wayang orang atau ketoprak.

Adapun di bagian kiri, terdapat logo PDIP berupa kepala banteng bermoncong putih dalam lingkaran. Di bagian atas stiker, terdapat tulisan 'Ayo Kita Bekerja untuk Rakyat'.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Banyumas, Yon Daryono, juga menilai, APK berupa stiker atau poster bergambar Jokowi itu secara meteri tidak bernuansa negatif. Kalimat yang tertera dalam poster tersebut juga dinilai wajar sebagai gambar APK.

"Secara materi, kami tidak melihat ada nuansa kampanye negatif. Tidak ada ujaran kebencian atau kalimat bernuansa SARA dalam poster capres petahana," kata Yon.

Poster atau stiker bergambar 'Raja Jokowi' baru menjadi masalah ketika kalangan internal PDIP mempermasalahkannya. Mereka menengarai gambar stiker/poster tersebut dipasang oleh lawan politik mereka karena materi poster/stiker dianggap mendiskreditkan Jokowi.

Jajaran pengurus PDIP Jawa Tengah (Jateng) menegaskan, partainya tidak pernah mengintruksikan pemasangan poster atau stiker seperti itu. Instruksi juga tidak dikeluarkan oleh TKN atau TKD Jateng.

Ketua DPC PDIP Banyumas Budhi Setiawan, menyatakan, sudah menelusuri asal muasal poster/stiker yang beredar di wilayahnya. Dari penelusuran itu, dia menyebutkan pemasang poster di wilayah Banyumas bernama Anggit dan Ade, warga Bumiayu, Kabupaten Brebes. Namun dia tidak menyebutkan, afiliasi politik Anggit dan Ade.

Pemeriksaan Gakkumdu

Belakangan, dari penelusuran yang diperoleh Republika, diperoleh gambaran lengkap mengenai peredaran poster dan stiker bergambar Jokowi tersebut. Berdasakan hasil pemeriksaan Gakkumdu Pemilu Banyumas, diketahui sebenarnya ada poster lain yang dipasang bersamaan dengan poster 'Raja Jokowi'.

Satu poster lainnya yakni, poster berupa gambar capres pejawat Jokowi mengenakan peci warna hitam bersampingan dengan pasangan cawapresnya, KH Ma'ruf Amin. Di tengah poster tersebut, ada kalimat bertuliskan Selamat Maulud Nabi Muhammad SAW.

Pemasangan kedua poster di wilayah Banyumas, diketahui dilakukan oleh Nanang Nurrahman (36), warga Desa Karangklesem Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Dia melakukan pemasangan poster tersebut di sejumlah titik wilayah Banyumas, pada Sabtu (10/11) dan Ahad (11/11).

Nanang memperoleh poster-poster itu dari Ade Hermanus Sholeh (29) warga Desa Dukuhturi Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dan Anggit Musonif Ardiansyah (29), warga Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Seluruh poster disimpan di rumah kontrakan Ade, di Perumahan Tiara Ajimas Desa Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

Untuk pekerjaan pemasangan poster tersebut, Nanang mengaku mendapat bayaran Rp 5.000 per poster. Secara keseluruhan, Nanang diminta memasang sekitar 500 lembar poster/stiker dan dijanjikan akan menerima bayaran Rp 800 ribu, namun dia mengaku baru menerima bayaran Rp 300 ribu.

Nanang juga menyebutkan, dari proyek pemasangan poster/stiker tersebut, dia baru bisa memasang 60 lembar poster di beberapa wilayah Banyumas. Pemasangan poster tidak bisa dilanjutkan, karena kemudian diminta untuk dihentikan pemasangannya oleh internal PDIP.

Sebanyak 160 poster 'Raja Jokowi', kemudian diserahkan pada Bawaslu Banyumas dengan disaksikan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Banyumas Budi Setiawan, pada 11 November lalu. Sementara dari pemeriksaan Ade Hermanus Sholeh, diperoleh informasi bahwa yang bersangkutan mendapat poster ucapan Selamat Maulud Nabi Muhammad SAW dan 'Raja Jokowi' dari Reza Anjaya, konsultan tata ruang yang beralamat di Jalan Tebet Timur No 34 Jakarta Selatan.

Poster yang diterima diterima Ade sebanyak 3.310 lembar, berupa poster Selamat Maulud dan poster 'Raja Jokowi' masing-masing 1.665 lembar. Sebelum pemasangan poster, Ade mengaku mengikuti pertemuan yang diselenggarakan kelompok pendukung Jokowi bernama Relawan Ruang Publik yang berlangsung di Hotel Siliwangi Semarang, pada 8 November 2018.


Ade juga menyebutkan, materi pertemuan di Hotel Siliwangi diberikan oleh seseorang bernama Ahlan sebagai Koordinator Relawan Ruang Publik Jateng dan Reza Anjaya sebagai koordinator Relawan Ruang Publik Nasional. Salah satu materi yang disampaikan terkait pemasangan stiker dan poster capres Jokowi mengenakan mahkota dan poster capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin mengucapkan Selamat Maulud Nabi Muhammad SAW.

Ade mengaku menerima poster 'Raja Jokowi' dan poster ucapan Selamat Maulud Nabi tiga hari setelah pertemuan di Semarang. Poster dikirim dengan menggunakan truk warna kuning dengan nopol dari wilayah Kedu (AA).

"Saat itu, saya menerima 3.310 lembar poster bergambar Jokowi bermahkota dan poster ucapan Selamat Maulud," kata Ade. Seluruh poster disimpan di rumah kontrakan Perumahan Tiara Ajimas Ajibarang.

Setelah menerima poster, Ade melalui grup WA Ruang Publik, menanyakan soal biaya pemasangan poster. Saat itu, Koordinator Relawan Ruang Publik Jateng, Ahlan, akan langsung mengirim biaya tersebut. Ade mengaku menerima biaya pemasangan poster senilai Rp 22.700.000 melalui transfer di rekening banknya.

Dengan dana tersebut, Ade kemudian menghubungi beberapa temannya, termasuk  Nanang, untuk memasang poster tersebut di berbagai lokasi wilayah Kabupaten Banyumas. Namun, belum sampai seluruh poster tersebut terpasang, muncul pemberitaan penolakan PDIP Jateng terhadap pemasangan poster tersebut.

Menyusul adanya polemik seputar pemasangan poster 'Raja Jokowi', Ade juga mengaku telah berkoordinasi dengan Ketua PDIP Banyumas Budhi Setiawan. Dalam koordinasi tersebut, Ade menerima instruksi untuk mencopot poster yang sudah terpasang, dan mengizinkan poster Jokowi-Makruf Amin mengucapkan Selamat Maulud tetap terpasang.

Terkait sisa poster tersebut yang tersimpan di rumah kontrakan Ade, anggota Panwascam Ajibarang, Nanang Anna Noor, mengaku sudah melakukan pemeriksaan di rumah kontarakan tersebut, Jumat (16/11). "Rumah itu sudah kosong, tidak ada lagi poster di rumah itu," jelasnya.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap pelaku pemasangan poster di Banyumas, pihak terkait diketahui juga telah melakukan pemeriksaan terhadap Reza Anjaya, selaku Koordinator Nasional Relawan Ruang Publik Nasional. Dalam pemeriksaan tersebut, Reza menyebutkan, kelompok yang dipimpinnya tersebut merupakan kumpulan kalangan pengusaha yang secara pribadi menginginkan Jokowi kembali terpilih kembali sebagai Presiden RI.

Dia juga menyebutkan, Relawan Ruang Publik ini sudah terbentuk di lima provinsi, antara lain di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Pendanaannya, diperoleh dari hasil swadaya pengusaha anggota Relawan Ruang Publik.

Reza mengaku, pertemuan di Hotel Siliwangi Semarang pada 8 November dilaksanakan atas inisiatif dirinya. Sedangkan, untuk pelaksanaannya diserahkan pada Ahlan, selaku Koordinator Relawan Ruang Publik Jawa Tengah.

Mengenai poster bergambar 'Raja Jokowi' dan poster ucapan Selamat Maulud, Reza mengaku mencetak di Jakarta sebanyak 150 ribu lembar. Poster sebanyak itu, didistribusikan di lima provinsi di mana kelompok Relawan Ruang Publik sudah terbentuk. Namun, untuk gambar poster mengenakan mahkota ala raja Jawa ini, hanya dipasang di Provinsi Jateng dan Jatim.

Selain poster, Reza juga mengaku telah mencetak 21.500 stiker Jokowi Raja, sebagai bentuk branding kampanye. Stiker tersebut dipasang pada kaca bagian belakang kendaraan angkutan kota dan koperades di lima  provinsi.

Dia juga menyebutkan, latar belakang pemasangan poster foto Jokowi mengenakan mahkota Jawa, karena Jokowi pernah memakai mahkota tersebut pada suatu acara festival di Solo. Tepatnya, saat Jokowi masih menjabat sebagai wali kota Solo.

https://m.republika.co.id/berita/nasional/news-analysis/18/11/18/pie36c409-poster-raja-jokowi-ternyata-dipasang-oleh-relawan


Dicetak sendiri, heboh sendiri, dicabut sendiri..gila sendiri emoticon-Leh Uga
Udaah angkat jd raja dan kalo perlu jd pres seumur hidup emoticon-Wakaka
Biar panastak bego selamanya emoticon-Big Grin
Diubah oleh banyakmikir 18-11-2018 23:10
1
2.6K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.