albetbengalAvatar border
TS
albetbengal
Anies: Waring tidak Selesaikan Masalah Polusi Kali Item
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot waring atau jaring berwarna item yang terpasang di atas Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat. Alasannya, waring tidak cukup menyelesaikan persoalan polusi di Kali Item.

"Masalah polusi tidak bisa diselesaikan dengan waring, kemarin itu menyelesaikan masalah aroma bukan polusi airnya," tutur Anies di Polda Metro Jaya, Jumat (16/11).

Anies mengakui langkah pemasangan waring kemarin hanya untuk mengatasi bau atau aroma kurang sedap dari Kali Item dalam rangka pelaksanaan Asian Games dan Asian Para Games. Pasalnya, Kali Item terletak persis di samping Wisma Atlet.

Pemprov DKI tengah berupaya mencari solusi guna menyelesaikan masalah polusi air Kali Item. Anies menyebut salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengelola sumber polutannya. Dia mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang memiliki kegiatan produksi untuk tak lagi membuang sisa produksi ke Kali Item.

"Jangan jadikan sungai itu tempat pembuangan sisa-sisa, sisa kegiatan produksi, misalnya tahu, tempe ampasnya dibuang ke sungai," ujar Anies.

Baca Juga:

Jaring di Kali Item tidak akan Dicopot

Anies juga menyinggung soal tindakan warga yang terkadang membuang sampah berukuran besar ke sungai. Hal itu bisa memperparah polusi sungai-sungai di Jakarta.

"Kemarin saya menemukan langsung kasur besar sekali, itu repot buangnya, cari tempat sampah susah, pas hujan tinggi kasurnya dilempar ke sungai," tuturnya.

Anies juga menginginkan air Kali Item bisa bersih. Namun dia belum menjelaskan solusi apa yang akan dilakukan oleh Pemprov DKI.

"Sekarang sedang disiapkan untuk bisa menangani polusi airnya dan harapannya nanti warga tidak mencium bau bukan karena ditutup tapi karena airnya bersih," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Teguh Hendarwan mengatakan pencopotan waring Kali Item dilakukan karena pihaknya akan memasang turap atau sheetpile.

Teguh menjelaskan pemasangan turap di Kali Item termasuk program Dinas SDA tahun 2018 dalam rangka penataan pembangunan saluran kali. Proyek itu dikerjakan oleh bidang aliran timur SDA.(OL-5)

http://m.mediaindonesia.com/read/det...lusi-kali-item

Kata wan abud solusinya blm ada
tien212700
tien212700 memberi reputasi
5
6.9K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.