dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
UMP Naik Tahun Depan, Ini 5 Cara untuk Mengatur Keuangan Milikmu


Agan dan Sista sudah mendengar mengenai kenaikan minimum provinsi (UMP) belum nih? Jika belum, ane kasih tahu belum lama ini Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menetapkan UMP 2019 naik 8,03%. Untuk daerah DKI Jakarta sendiri, UMP 2019 sudah ditetapkan sebesar Rp3.940.973 pada Kamis (1/11 2018) lalu.

UMP naik berarti gaji naik, iya nggak? Berita ini pasti membuat senang siapa pun yang mendengarnya. Gaji naik, apa gansis sudah berencana beli ini dan itu? Hati-hati dengan keinginan seperti ini gansis. Kenapa? Karena keinginan belanja tersebut bisa mengubah pengelolaan keuangan.

Tidak hanya berubah, bahkan bisa membuat keadaan keuangan memburuk. Oleh sebab itu, kenaikan gaji tidak seharusnya disikapi dengan keinginan untuk berbelanja saja. Jika begitu, apa yang sebaiknya gansis lakukan agar uang aman dan keuangan selamat?

Ikuti lima tips dalam mengatur uang saat gaji gansis naik tahun depan.

1. Pertahankan Gaya Hidup Sederhana



Gaji yang lebih besar kadang membuat gaya hidup orang yang bersangkutan juga menjadi lebih mewah daripada sebelumnya. Perubahan gaya hidup ini harus gansis waspadai ketika mengalami kenaikan gaji.

Berubahnya gaya hidup berarti berubahnya tingkat pengeluaran. Jika uang habis hanya untuk belanja, itu artinya kehidupan finansial gansis tidak akan bisa meningkat.

Oleh sebab itu, saat gaji naik nanti usahakan untuk hidup dengan gaya hidup yang biasanya gansis terapkan. Gaya hidup sederhana bisa membuat uang gaji gansis selamat. Dengan begitu, uang tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain yang bisa meningkatkan taraf hidup gansis di masa depan.

2. Berhemat



Hemat pangkal kaya. Peribahasa ini berlaku kapan pun, bahkan ketika gansis naik gaji. Lebih banyak berhemat ketika gaji naik justru membuat gansis bisa menyimpan uang lebih banyak daripada biasanya.

Tabungan bertambah pastinya berita baik untuk keuangan gansis daripada uang habis dibelanjakan. Jika habis untuk belanja, uang tidak tersisa dan lebih buruk gansis tidak bisa membayar untuk biaya bulanan.

3. Tidak Menambah Utang



Gaji lebih besar hanya bisa dinikmati jika tidak ada utang. Nah, jika gansis sebelumnya sudah memiliki utang, pastikan untuk tidak menambah utang lain saat gaji naik. Lebih baik, uang gajis tersebut dikelola dengan baik agar utang bisa segera terbayar.

4. Jadikan untuk Dana Investasi



Uang gaji yang berlebih jika tidak ditabung, alokasikan untuk biaya investasi saja, gansis. Ada banyak produk investasi yang bisa dipilih saat ini dengan berbagai media pula.

Gansis bisa memilih investasi jangka panjang atau menengah sesuai dengan tujuan yang ingin diwujudkan. Investasi bisa sangat berguna untuk masa depan keuangan gansis. Dengan investasi, uang dihabiskan untuk sesuatu yang terus berkembang sekaligus dapat menjamin hari tua nanti.

5. Simpan untuk Dana Darurat



Dana darurat juga perlu disiapkan. Nah, jika sebelumnya tidak ada yang bisa disimpan, saat gajian naik gansis bisa mengalokasikan sedikit untuk dana darurat. Sesuai dengan namanya, dana ini bisa dijadikan sebagai dana cadangan saat ada situasi darurat yang terjadi.

Dengan menyiapkan dana darurat, uang tabungan atau dana investasi tidak akan terganggu. Begitu pun dengan alokasi dana untuk sehari-hari. Jadi, uang ini sangat efektif untuk menjaga pola keuangan gansis tetap seimbang.



=========

Meski UMR tiap daerah berbeda, setidaknya ada kenaikan untuk gansis di tiap daerah. Kalau Jakarta sekitar Rp3,9 juta, di daerah gansis tinggal jadi berapa besar nih nilai UMR-nya?

Namun, berapa pun nilanya, gansis tetap harus mengelola uang dengan benar. Tidak perlu merasa terburu-buru untuk belanja, lakukan pengeluaran seperti biasanya, lalu alokasikan uang untuk investasi, dana darurat, atau dana pensiun.

Agan dan sista bisa menyesuaikan tips di atas sesuai dengan keadaan dan kebutuhan, yang terpenting alokasikan dana untuk kebutuhan yang penting sekarang ini atau di masa depan.

Selamat menerima kenaikan gaji, gansis!



Sumber
hyunz
hyunz memberi reputasi
3
5.6K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.