Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vadianidahAvatar border
TS
vadianidah
Sulit menangani anak disabilitas ? Yuk kita bersahabat!
Pendidikan disabilitas

Jenis pendidikan disabilitas ada berbagai macam. Disabilitas adalah orang-orang yang berkebutuhan khusus, tidak dapat melakukan beberapa pekerjaan karena kecacatan secara fisik. Golongan 1 adalah orang yang tuna netra, dan tuna rungu. Golongan kedua adalah golongan orang yang secara fisik tidak lengkap.
sekolah dsabilitas juga dibedakan; SLB (berisis orang-orang disabilitas yang sama), SDLB (Menggabungkan semua anak yang berbeda-beda disabilitasnya), dan pendidikan terpadu (sekolah reguler, menggabungkan anak yang berlainan (disabilitas)dengan yang normal (non-disabilitas).
Dalam pembahasan mengenai disabilitas, tercantum di dalam al-Qur'an:
QS. At-Tin 4
QS. 'Abasa 1-10
QS. An-Nur 61
QS. Al- Fath 17
Penyebab dari disabikitas ada karena faktor personal, artinya dalam diri anak secaa pribadi memiliki suatu hal yang kurang, berbeda dengan anak jormal lainnya. Solusinya adalah dengan berinteraksi. Memberikan kesempatan kepada anak disabilitas untuk berinteraksi dengan teman sebayanya, orang dewasa dan masyarakat. Pembelajaran positif dari orang tua, guru mengenai hal keterampilan untuk mengembangkan keahlian anak.
Abdullah bin Mas'ud termasuk orang yang disabilitas karena kakinya kecil seperti merpati, tetapi ia memiliki kecerdasan yang tinggi.
Mkecerdasanacam kecerdasan itu berbeda-beda, yaitu kecerdasan; Eversitiquostion, Kecerdasan kinestetik= tau keahliannya dan mengembangkannya.
Habibie afsyah termasuk orang yng disabilitas tetapi menjadi oranb hanb ahli di bidang internet marketing.
Untuk menghilangkan stigma2 orang tua tentang anak yang disabilitas, adalah dengan cara memberikan pendidikan kepada pada orang tua. Anggaplah mereka sama rata, sama seperti yang lainnya, berikan hal yang sewajarnya, bimbing anak agar percaya diri dan dapat mengembangkan diri.
Kepada orang tua, kita bimbing dan ajak ke komunitas2 tertentu tentang pendidikan anak disabilitas, anak yang berkebutuhan khusus. Karena ada orang tua yang merasa tidak ikhlas menerima, bertanya tanya mengapa mendapatkan anak yang seperti itu.
Seorang pendidik pun harus memberikan IMPI, memberikan layanan kepada anak yang berkebutuhan khusus, namanya juga anak yang berkebutuhan khusus, maka harus memberikan hal yang khusus kepada anak tesebut. Meskipun anak berada pada kelas dan sekolah yang sama, kita sebagai pendidik harus memberikan hal yang khusus kepada anak tersebut, dan dalam memberikan ujian juga berbeda. Kita sebagai sahabat, teman, harus peka dan memberikan empati kepada mereka. Lebih memberikan perhatian dan bantuan kepada mereka.
Kita harus mengenal apa kemampuan mereka, keahlian mereka. Memberikan motivasi dan secara bertahap meningkatkan daya berfikir serta kreatifitasnya.
ADL aktivitas dailing
sebenarnya jika anak digabungkan dengan anak di sekolah inklusif, maka anak juga akan mendapatkan pengetahuan yang berbeda, banyak lebih banyak dan dapat bergaul berinteraksi dengan rekan-rekannya.
"Jangan berfokus kepada kekurangan kita, padahal kita mempunyai kelebihan yang begitu banyak. Akan tertutupi kelebihan kita bila hanya terfokus pada satu kekurangan yang kita miliki."

Pembicara: Oki Setiana Dewi, S. Hum, M.Pd dan Neneng Yati Sumiati, M.Si, Psikolog
Ruang Teater Prof. Dr. Zakiyah Darajat, Fakultas Psikologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
0
782
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.