Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Sekolah bukan Tempat Penitipan Anak. Nasehat Buat Ortu yang Anaknya Baru Masuk SD
SELAMAT DATANG DI THREAD

Spoiler for epilepsy warning!:



Bagi agan dan sista yang anaknya baru masuk sekolah, ada sedikit nasehat dari psikolog Bondan Kresna W.yang ane rangkum di mari. Buat yang males baca, intinya sekolah itu bukan sekedar tempat penitipan anak. Orang tua harus tahu apa saja yang diajarkan guru di sekolah, termasuk kurikulum, teman-teman, serta kegiatan yang dilakukan anaknya. Yang berperan untuk mendidik anak bukan cuma guru. Lebih lengkapnya silakan baca sendiri gan.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)


Peran Orang Tua



Selepas pulang sekolah, atau ketika anak di rumah, proses pendidikan masih berlangsung. Jadi, anak belajar tidak hanya saat di sekolah, tapi juga di rumah, dan di lingkup pergaulannya. Menurut Bondan, konsep ini merupakan perwujudan sistem trisentra yang digaungkan oleh Ki Hajar Dewantara, sang Bapak Pendidikan Indonesia. Oleh karenanya, orang tua tidak boleh hanya berpangku tangan dan memasrahkan pendidikan anak pada guru sepenuhnya. Kedua pihak, guru dan orangtua, harus memperhatikan interaksi anak dengan lingkungan dan teman sebayanya.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)


PR Orang Tua



Kedua, mengenai PR (pekerjaan rumah) menurut Bondan sebaiknya tidak hanya diberikan kepada anak, melainkan pada orang tua juga. Jadi orang tua diberi tugas dengan tema yang sama dengan pelajaran yang diajarkan di sekolah, tapi buat diimplementasikan di rumah. Nah, solusi untuk orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya adalah dengan selalu menanyai anak pertanyaan-pertanyaan seperti, "ngapain aja di sekolah?"; "tadi main sama siapa saja?";"main apa saja sama mereka?". Kalau perlu tanyakan pula pendapat si anak tentang perilaku dan perasaan anak terhadap teman-teman mainnya. Esoknya konfirmasi pada pihak-pihak yang berinteraksi dengan anak, sekedar untuk memastikan kegiatan mereka. Ini bertujuan agar anak jujur dan terbuka pada orang tua mereka, serta orang tua jadi tahu apa saja yang dilakukan anaknya seharian.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)


Sinergi Orang Tua dan Sekolah



Fungsi sekolah bukan sekedar sebagai tempat penitipan anak. Orang tua harus tahu apa saja yang dipelajari anak di sekolah. Karena sekolah dan rumah itu ibarat dunia paralel. Untuk mendukung sinergi ini bisa dengan memaksimalkan penggunaan buku penghubung, atau grup WhatsApp orang tua dan wali murid.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)


Sekian dari ane Bre & Sis.
Kalo menurut agan gimana? silakan tulis di kolom komen emoticon-Big Grin
Spoiler for epilepsy warning!:

Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bobselanjutnya.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

*thread ini mengambil referensi dari konten inidengan beberapa perubahan di sana sini
0
1.7K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.