nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
LSI Denny JA: Mungkin FPI Belum Familiar dengan Dunia Riset


Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby merespons pernyataan kuasa hukum Front Pembela Islam (FPI), Munarman yang menyebut survei LSI Denny JA tentang pengaruh ulama-ulama dibayar. Adjie menyebut tudingan seperti itu sudah menjadi kebiasaan, terlebih jika disampaikan oleh pihak yang merasa dirugikan.

"Di Indonesia, sudah semacam kebiasaan dari pihak manapun, jika ada survei yang dinilai secara subjektif oleh mereka merugikan, maka survei dituduh ditunggangi atau dibayar. Tidak pernah bicara atau mengkritik metodologinya," kata Adjie dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (16/11/2018).

Adjie juga memaklumi pernyataan yang disampaikan Munarman. Menurutnya, pernyataan 'miring' itu disampaikan karena FPI belum familiar dengan dunia riset.

"Namun kami bisa memahami mengapa FPI merespon seperti itu. Karena mungkin FPI belum familiar dengan dunia riset atau survei perilaku pemilih," terang Adjie.



Terkait survei tentang pengaruh ulama-ulama, Adji menuturkan, responden yang dipilih tidak berasal dari satu kelompok. Namun, Adjie memastikan hasil survei LSI Denny JA bisa dipertanggungjawabkan.

Survei LSI bukan survei yang respondennya ulama atau jamaah organisasi Islam. Survei LSI adalah survei nasional, respondenya pemilih secara luas yang isinya bisa saja pemilih yang tergabung dalam organisasi Islam maupun pemilih yang tidak tergabung dalam organisasi. Jadi persepsi bisa saja beragam," papar Adjie.

"Semua survei LSI bisa dipertanggungjawabkan. Bisa cek track record LSI dari tahun 2004," imbuhnya.

Sebelumnya, Munarman menganggap survei LSI Denny JA soal pengaruh sejumlah ulama di Indonesia sebagai modus adu domba. Munarman lalu mengimbau seluruh anggota dan simpatisan FPI untuk tidak menyampaikan pernyataan yang kontroversi mengenai hasil survei itu.

"Kepada jajaran pengurus serta simpatisan FPI serta pencinta HRS (Habib Rizieq Syhab), jangan mau masuk jebakan soal peringkat buatan LSI tersebut. Jangan mau dipancing untuk membuat pernyataan kontroversi tentang survei LSI. Apalagi HRS dibanding bandingkan dgn ulama lainnya," kata Munarman melalui pesan What'a App, Jumat (16/11).

Munarman juga sempat menyebut survei LSI dibayar. Menurutnya, hasil survei LSI sesuai dengan kemauan yang membayar.

"LSI (kok) didengerin. Survei berbayar itu, hasil sesuai yang order," kata kuasa hukum FPI Munarman saat dimintai tanggapan, Rabu (14/11).

https://news.detik.com/berita/d-4305...913.1541780864

DUH DENI DAH MULAI NYENGGOL2 MACAN TIDUR emoticon-No Hope

GA TAKUT AFA??? emoticon-Takut

RISET?

AFA ITU RISET?

MEREKA JUGA PAHAM MANA AHLI SURGA DAN AHLI NERAKA???
Diubah oleh nevertalk 16-11-2018 14:10
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.3K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.