han0311Avatar border
TS
han0311
Pengalaman Magang di Ureshino, Jepang pt.2
Halo Gan!
Seperti yang telah gue bilang di post sebelumnya kalo gue akan bikin post lagi mengenai pengalaman magang di Jepang ini. Sebelumnya gue udah cerita mengenai alasan magang di Jepang, tempat kerjanya gimana, dan gue juga ngenalin kalian sama kota Ureshino tempat gue magang. Untuk liat post sebelumnya bisa diliat  di sini.

Buat yang belum tau, jadi gue di magang di dua buah hotel di kota Ureshino Jepang. Nama hotelnya Sansui Global Inn dan Kotobuki Global Inn. Hotelnya bukan hotel yang berbintang gitu sih, tapi lebih ke hotel-hotel homey gitu khas Jepang.

Nah sekarang gue mau nyeritain hal-hal yang belum sempet gue bahas di post sebelumnya kaya job desk gue di sini, budaya kerja di Jepang gimana, biaya hidup, sama gue akan ngasih liat hotel yang belum gue liatin di post sebelumnya, 

Mariiii

Jadi kaya yang gue udah bilang di atas, kalo tempat gue magang itu bukan hotel yang gedung besar gitu, hotel biasa aja yang rasanya homey gimana gitu. Kamarnya gak banyak, paling cuma 40an karyawan yang kerja juga 30 orangan. Asik sih jadinya, gue bisa belajar semua hal di sini. So far gue belajar gimana cara kerja booking.com dan kawan-kawannya tapi dari sisi hotel, belajar manajemen website dan sistem mesen kamarnya biar gak tubrukan antar website pemesanan hotel, manajemen karyawan, sampe bersih-bersih hotel juga gue pelajarin hahahaha. Awalnya gak kecewa gimana gitu si ngerasa masa gue lulusan S1 disuruh belajar bersih-bersih.. tapi ternyata gak berguna banget! Dan emang karena ini bukan hotel yang besar banget, jadi job desk karyawannya juga gak kaku alias serba bisa. Bahkan yang punya hotel aja sering juga tuh ikut bantu bersih-bersih emoticon-Wow, tujuan kita cuma satu : bisnis di hotel lancar! 
Gitu deh kira-kira mengenai job desk gue...


Oke sekarang lanjut ke budaya kerja di Jepang, tapi ini berdasarkan pengalaman gue di tempat gue magang ya hehe. Mungkin kalo diperusahaan lain bisa beda. Kalo di tempat gue sendiri, kita sifatnya kekeluargaan banget jadi jarak antara bawahan sama atasan kaya gak ada sama sekali. Gue sebagai anak magang yang bukan orang Jepang dan gak bisa bahasa Jepang, merasa sangat dianggep banget di sini. Gue tetep dianggap sebagai seorang yang profesional, jadi gak ada tuh perasaan jadi anak bawang kaya waktu magang dulu di Jakarta hehe. Mereka (alhamdulillah) ramah banget ke gue walaupun kita terkendali bahasa sekali pun. Nah, yang agak nyebelin dari budaya kerja di Jepang adalah....orang Jepang sangat overworkingemoticon-Nohope alias udah jam pulang kerja tetep aja masih pada di kantor ngerjain tugas kantor. Tapi gue tetep teng go sih selama di sini hehehe habisnya gak ada yang bisa dikerjain juga, walaupun kadang ngerasa gak enak si udah anak magang tapi pulangnya duluan emoticon-Stick Out Tongue.  Trus juga kalo lagi kerja jarang banget pada berinteraksi ngobrol hahahihi semuanya pada fokus ke kerjaan masing-masing. Kalo lagi istirahat pun juga pada anteng-anteng aja gue liat. Kadang suka agak bosen sih saking sepinya. 
Oiya orang Jepang juga  kalo kerja sangat berdedikasi tinggi. Kalo ngelakuin kesalahan dikit aja minta maafnya udah kaya nyenggol mobil orang di jalanemoticon-Peace

Sekarang kita ngomongin mengenai biaya hidup. Kalo mengenai biaya hidup sejujurnya gue gak bisa banyak ngasih informasi sih soalnya apartemen, gas,listrik, dan makan semua udah dibiyaain sama kantor jadi di sini gue tinggal menjalani kehidupan saja alhamdulillah. Tapi menurut gue, kalo di Ureshino gak semahal di kota-kota lain sih jelas karena Ureshino bukan kota besar gitu, sekali makan kalo di restoran ya kira-kira 600 yen-an dapet deh. Kalo gue pribadi untuk makan seringnya beli di Family Mart atau Lawson gitu karena lebih murah, dan kalo lagi rajin ya masak..
Mengenai gaji, gue juga belum bisa ngasih informasi karena gue belum sampe satu bulan magang dan magang ini sifatnya gak serius-serius amat (bisa magang di sini karena kenalan bokap yang orang Jepang) jadi gak ada kontrak yang pasti gaji gue berapa, tapi kayanya akan dikasih sih ya selembar dua lembar. Cuma kalo gue tanya temen gue orang Indo lulusan S1 yang kerja di sekitar sini, gaji dia sebulan kira-kira seharga motor lebih dehemoticon-Ngacir lumayan banget kan..apalagi kalo kerjanya di kota besar kaya Tokyo pasti dalam sebulan bisa lebih gede lagi..


Oke! Saatnya sekarang gue nunjukkin ke kalian gimana suana hotel tempat gue kerja. Nama hotel yang akan gue kasih liat sekarang adalah Kotobuki Global Inn. Gue liatin ke kalian siapa tau kan kalian ada niatan ke Jepang dan mau ke Ureshino jadi bisa nginep di hotel gue, karena belum ada nih orang Indo yang nginep di hotel iniemoticon-Frown


Spoiler for pintu masuk:


Di hotel ini kamarnya khas Jepang banget, yang gak ada tempat tidurnya gitu, tapi pake Futon namanya. Ada juga sih kamar yang bentuknya kaya dormitory.
Spoiler for kamarnya:


Spoiler for pencetan toilet yang terkenal ribet karena super banyak itu:


Spoiler for onsen!:


Baiklah segini dulu deh ceritanya, kalau agan-agan ada yang mau tanya-tanya seputar Ureshino, magang, tentang Jepang dll silahkan bangetemoticon-rose
Sampai jumpa!
tata604
tata604 memberi reputasi
2
4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
MancanegaraKASKUS Official
5.9KThread2.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.