babekepikAvatar border
TS
babekepik
Mau Buat Animasi? Ini Dia Langkah Awalnya

Film kartun atau animasi bisa dinikmati segala usia. Tidak sedikit orang dewasa yang menyukai film jenis ini. Apakah termasuk Anda? Jika ya, pernahkah terlintas keingintahuan cara membuatnya? Saat ini memang sudah banyak panduan cara membuat film animasi sederhana, apakah Anda juga sudah mulai mempelajarinya?

Untuk membuat film animasi berdurasi panjang, seperti film-film animasi buatan studio Disney memang tidak mudah dan membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Berbeda jika ingin membuat film animasi berdurasi pendek.

Dengan kemajuan teknologi, kini banyak tersedia perangkat lunak untuk membuat animasi, dari yang mudah dipelajari hingga yang perlu dipelajari dengan serius, dari yang gratis hingga berbayar. Semua orang kini bisa membuat animasi.


Tips-tips Cara Membuat Film Animasi Sederhana

Ada beberapa tips dari situs wikiHow tentang pembuatan animasi. Jika Anda tertarik menggeluti bidang ini maka tidak ada salahnya mengikuti tips-tips berikut:

Tips pertama : Membuat storyboard.
  1. Menulis ringkasan plot. Untuk membantu pengembangan cerita, pembuatan garis besar cerita atau sinopsis. Siapa tokoh antagonis, protagonis, atau apakah ada sisi moral yang bisa dipetik dari cerita.
  2. Menuliskan skenario. Setelah selesai membuat plot maka dilanjutkan dengan pembuatan skenario. Film pendek pun tentu ada skenario untuk alur ceritanya.
  3. Memecah setiap adegan menjadi serangkaian bagian. Membagi ke dalam beberapa bagian tentu mempermudah pengambilan gambar dan mengevaluasinya.
  4. Membuat daftar pengambilan gambar. Ini mempermudah menjelaskan alur cerita, lokasi, karakter, dan lain-lain.
  5. Membuat storyboard panel berdasarkan daftar pengambilan gambar. Panel-panel ini merupakan kotak-kotak yang berisi gambar dari daftar pengambilan gambar.

Tips kedua dan ketiga berikut ini berkaitan dengan teknik pembuatan animasi. Bisa menggunakan perangkat lunak animasi untuk keseluruhan produksi atau menggunakan cara stop-motion animation.

Tips kedua : Pembuatan film menggunakan program animasi komputer.
  1. Gunakan program animasi komputer. Ada banyak software (perangkat lunak) untuk membuat film animasi yang tersedia, dari yang berharga murah hingga yang mahal dimana semua bisa dipelajari oleh semua orang.
  2. Mendesain karakter dan properti lainnya. Berbagai program animasi ini bisa digunakan untuk mendesain karakter dan lainnya sejak awal atau mengeditnya.
  3. Menempatkan karakter dan pendukungnya dalam pengaturan yang disediakan program komputer. Kebanyakan program ini menyediakan pengaturan standar dan pengguna bisa melihat seberapa cocok penempatan karakter.
  4. Menjalankan animasi berdasarkan storyboard. Langkah ini perlu disesuaikan dengan storyboard agar sesuai dengan yang telah direncanakan.

Kalau agan bingung mau pakai aplikasi apa, mungkin artikel aplikasi pembuat animasiini bisa ngebantu agan.

Tips ketiga : Pembuatan film menggunakan teknik Stop Motion Animation.
  1. Mengumpulkan perlengkapan. Ini bisa dilakukan di rumah dan hanya membutuhkan beberapa perlengkapan dasar, seperti laptop/komputer, kamera, permukaan datar seperti meja, selotip, dan perangkat lunak untuk animasi dasar.
  2. Mempersiapkan studio untuk pengerjaan.
  3. Menggerakan dan menangkap setiap adegan. Untuk melakukan teknik animasi ini dengan menangkap setiap gerakan hingga menjadi animasi utuh. Misalnya, untuk karakter yang bergerak dari satu titik ke titik lain maka karakter itu digerakan secara fisik setiap langkah dan direkam sampai ke titik lain itu.
  4. Mengedit untuk memperoleh hasil akhir. Setelah mendapatkan hasil rekaman yang masih mentah maka harus ditonton dari awal hingga akhir. Setelah itu akan diputuskan bagian mana yang tidak diperlukan.

Itulah beberapa tips untuk melakukan animasi sederhana. Semoga bermanfaat bagi agan yang berniat membuat animasi. Salam Creative!
Diubah oleh babekepik 06-12-2016 01:36
0
12.6K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Animasi
AnimasiKASKUS Official
2.5KThread961Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.