Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

eqepeAvatar border
TS
eqepe
Mengapa Banyak Pohon Tumbang Di Solo
Solo - Memasuki musim penghujan, kejadian pohon tumbang sudah beberapa kali terjadi di Solo. Selain usia pohon yang sudah tua, berbagai proyek pembangunan Pemkot Surakarta turut menjadi faktor penyebab tumbangnya pohon.

Kejadian pohon tumbang sudah terjadi beberapa kali terjadi di Solo. Yang terbaru ialah pohon tumbang di halaman Benteng Vastenburg yang menimpa sebuah mobil.

Selain usia pohon yang sudah tua, berbagai proyek pembangunan Pemkot Surakarta turut menjadi faktor penyebab tumbangnya pohon. Seringkali proyek-proyek itu bersinggungan dengan keberadaan pohon.

Baca juga: Pohon Flamboyan Besar Ini Tiba-tiba Tumbang Timpa Mobil di Solo


Sebut saja proyek renovasi citywalk Jalan Slamet Riyadi ataupun pemasangan paving di Benteng Vastenburg. Adanya proses pengerukan tanah sedikit banyak mempengaruhi kekuatan pohon.

"Misal tutupan lahan itu biasanya 50 cm dari leher akar. Misal dikeruk 20 cm, nanti kekuatan cengkeramannya berbeda," ujar Kabid Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surakarta, Luluk Nurhayati, Rabu (14/11/2018).

Untuk mengantisipasi pohon tumbang, DLH melakukan beberapa langkah. DLH akan mengganti pohon-pohon tua dengan pohon baru.

Pohon flamboyan tumbang menimpa mobil di Solo, kemarin. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)


Secara rutin, DLH bersama BPBD dan dinas terkait juga melakukan pemangkasan ranting agar mengurangi beban batang pohon. Selain ranting, akar pohon yang melebar juga akan dipangkas. Tujuannya agar akar pohon tumbuh ke bawah, bukan melebar.

"Caranya ialah dengan memangkas akar sekaligus dahannya. Karena lebarnya dahan akan diikuti akar yang melebar. Maka dahan dan akar harus rutin dipangkas," kata Luluk.

Baca juga: Pohon Beringin Tumbang Menimpa Mobil di Depan Sriwedari Solo


Mengenai pendataan pohon, DLH terakhir melakukannya pada 2015. Saat itu terdapat sekitar 1.000 pohon yang rusak, 20 persennya sudah selayaknya diganti pohon baru.

Baru tahun 2017 kemarin dilakukan pendataan lagi melalui program KTP Pohon. Namun program ini baru dilakukan di Jalan Slamet Riyadi.

"Itupun datanya sudah berubah lagi karena ada proyek renovasi citywalk. Banyak pohon yang terdampak, sehingga harus diganti baru," ujarnya.

"Tahun ini KTP Pohon juga tidak bisa dilakukan karena tidak ada anggarannya. Baru tahun depan kita mulai lagi dari kawasan Monumen 45 Banjarsari," tutup dia.

https://news.detik.com/berita-jawa-t...umbang-di-solo

0
2.4K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.