Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Pemulihan Operasi Caesar Berapa Lama Waktu Untuk Bisa Sembuh Total?

hendra88566Avatar border
TS
hendra88566
Pemulihan Operasi Caesar Berapa Lama Waktu Untuk Bisa Sembuh Total?
Pertanyaan ini sering diajukan pasien kepada Dokter, jika Anda belum pernah melakukan operasi caesar sebelumnya.
Wajar saja karena rasa takut Anda akan muncul sebelum operasi caesar dilakukan. 
Tapi tenang kan hati Anda agar tingkat panik berkurang dan menghindari tekanan darah tinggi. 
Karena darah tinggi akan mengganggu proses persalinan Anda.
Anda menginginkan melahirkan normal namun harus dilakukan operasi caesar. 
Faktor tersebut memang dilihat oleh tim Dokter karena tidak ingin mengambil resiko jika dilakukan secara normal karena menyangkut menyelamatkan 2 nyawa sekaligus.
Umur persalinan yang pas untuk kelahiran biasanya ialah pekan ke 37 sampai ke 42
Jika tidak merasakan tanda – tanda kelahiran diwaktu tersebut maka dilakukanlah tindakan operasi caesar.
Dilakukan operasi caesar jika tidak memungkinkan untuk lahir normal, berikut kondisinya :
  • Tali pusat menutup jalan lahir. Kondisi ini sering dialami, jika masih masa kehamilan muda maka masih memungkinkan untuk berubah, tetapi jika sudah usia kehamilan tua maka susah untuk berubah. Kondisi inilah yang memungkinkan Anda untuk operasi caesar.
  • Mengalami preeklamsia atau tekanan darah tinggi. sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).
  • Sang Ibu memiliki riwayat asma. Jika asma kambuh saat hamil bisa menyebabkan janin kekurangan oksigen.
  • Ibu mengidap infeksi, seperti infeksi herpes genital atau HIV.
  • Proses persalinan tidak berjalan dengan baik atau ibu mengalami perdarahan vagina yang berlebihan.
  • Posisi janin dalam rahim tidak normal dan dokter tidak bisa membetulkan posisinya.
  • Tali pusar keluar melalui cervix lebih dulu daripada janin atau tali pusar tertekan oleh rahim ketika kontraksi.
  • Menjalani operasi caesar pada persalinan sebelumnya.
  • Ibu mengandung lebih dari satu janin dalam waktu yang bersamaan (bayi kembar).

Anda memiliki banyak hal untuk mengatasi hal terkait setelah operasi caesar.

Akan lebih sulit saat Anda pulih setelah operasi caesar. 

Akan membutuhkan waktu beberapa minggu atau lebih untuk pulih secara fisik, terutama jika Anda mengalami komplikasi pada kehamilan atau kelahiran Anda.

  1. Pendarahan





Meskipun Anda menjalani operasi caesar, Anda masih mengalami pendarahan dari vagina setelah lahir. Ini adalah pendarahan normal dari tempat plasenta menempel ke rahim Anda.

Untuk mengatasi pendarahan, Anda harus memiliki banyak pembalut bersalin yang praktis, baik di rumah sakit dan ketika Anda pulang ke rumah. 

Anda tidak harus menggunakan tampon dalam enam minggu pertama setelah kelahiran.

Perdarahan mungkin cukup berat di minggu pertama, seperti periode berat. 

Ini mungkin menjadi sedikit lebih buruk ketika Anda pertama kali pulang dan lebih aktif dan juga ketika Anda sedang menyusui. Anda mungkin melihat beberapa gumpalan darah kecil di pad Anda. 

Jika Anda membasahi sela dalam satu jam atau melihat banyak gumpalan darah, beri tahu dokter umum, bidan, atau perawat kesehatan anak dan keluarga Anda.

Setelah minggu pertama, pendarahan Anda secara bertahap akan menjadi lebih ringan dan berubah dari merah menjadi merah gelap menjadi coklat menjadi putih kekuningan. 

Anda mungkin bisa menggunakan pembalut biasa sekitar saat ini. 

Pendarahan mungkin hilang dalam 10-14 hari, atau Anda mungkin mengalami pendarahan selama beberapa minggu.

Kebanyakan pendarahan berhenti sekitar enam minggu.


  1. Nyeri




Pada hari-hari awal, itu OK untuk mengambil penghilang rasa sakit secara teratur. 

Beberapa wanita menemukan bahwa hal-hal mendasar seperti batuk, tertawa, mandi dan bangun dari tempat tidur dapat merugikan pada minggu-minggu pertama setelah operasi caesar.

Jika Anda sedang menyusui, tanyakan kepada dokter atau bidan bahwa obat apa pun yang Anda gunakan aman untuk bayi juga.


  1. Perawatan luka



Luka caesar Anda biasanya akan berada di sepanjang atau di bawah garis bikini Anda. Sangat jarang itu mungkin lurus ke atas dan ke bawah perutmu. Biasanya akan ada jahitan yang bisa larut atau staples.

Ini akan ditutupi oleh saus tahan air selama beberapa hari, dan Anda biasanya dapat mandi dengan ini.

Setelah dressing selesai dihilangkan, Anda bisa mencuci luka dengan air dan mengeringkannya dengan handuk. Yang terbaik adalah membiarkannya terbuka ke ‘udara kering’. Berhati-hatilah terutama jika luka Anda berada di bawah lipatan perut karena ini akan membuat lebih sulit untuk tetap kering.

Beberapa luka memar di sekitar luka itu normal. Mati rasa atau gatal di sekitar luka juga normal. Ini bisa bertahan lama pada beberapa wanita.

Kenakan pakaian katun longgar yang tidak menekan lukamu.

Akan membutuhkan waktu 6-10 minggu agar lukamu sembuh sepenuhnya.

Bantuan setelah operasi caesar

Tidak apa-apa untuk meminta bantuan kapan saja, tetapi terutama dalam enam minggu pertama setelah caesar. Dan keluarga, teman dan orang lain mungkin akan menghargai Anda memberi tahu mereka apa yang Anda butuhkan .

Misalnya, Anda bisa mengatakan, ‘Bisakah Anda mengambil beberapa roti dan susu dalam perjalanan Anda untuk mengunjungi hari ini?’. Atau ‘Terima kasih telah menawarkan untuk mengambil beberapa bahan makanan, tetapi saya benar-benar hanya membutuhkan seseorang untuk nongkrong hari ini’.

Periksa apakah rumah sakit Anda menawarkan layanan rumah apa pun untuk membantu pekerjaan ini selama beberapa minggu.

Jika Anda merasa membutuhkan dukungan lain di rumah – misalnya, dengan menyusui – bicarakan dengan dokter, bidan, atau perawat kesehatan anak dan keluarga Anda.


  1. Mengangkat, meregangkan dan membungkuk



Anda pasti membutuhkan bantuan dengan pekerjaan apa pun yang melibatkan peregangan ke atas, mengangkat atau membungkuk, karena ketegangan yang terjadi pada luka caesar Anda. Ini berarti Anda membutuhkan seseorang untuk menggantung mencuci di telepon, mencuci debu dan membantu pekerjaan rumah tangga berat lainnya.

Jangan angkat berat yang lebih berat daripada bayi Anda atau apa pun yang menyebabkan Anda sakit – misalnya, keranjang penuh mencuci basah atau balita Anda.

Jika anak Anda terbiasa dijemput, ada cara lain agar Anda berdua dekat. Misalnya, dia bisa duduk di sebelah Anda di sofa sementara Anda merangkulnya dan membacakan sebuah cerita.


  1. Mengemudi



Dokter biasanya menyarankan agar Anda menghindari mengendarai mobil sampai luka caesar Anda sembuh dan Anda dapat mengerem mendadak tanpa merasakan rasa sakit yang tajam. Ini biasanya sekitar enam minggu . Sebaiknya bicarakan dengan dokter atau bidan Anda tentang kapan aman untuk mulai mengemudi lagi.

Periksa kebijakan perusahaan asuransi mobil Anda karena beberapa perusahaan tidak akan melindungi Anda jika dokter Anda tidak membersihkan Anda untuk mengemudi.

Olahraga, makanan dan tidur setelah operasi caesar

Sebuah lembut berjalan setiap hari dapat membantu tubuh dan pikiran Anda merasa lebih baik – misalnya, Anda bisa mulai dengan lima menit berjalan di sekitar rumah Anda. Anda mungkin ingin bertanya kepada fisioterapis di rumah sakit untuk memberi Anda beberapa ide latihan yang baik lainnya saat Anda mulai pulih.

Makan dan minum yang sehat dapat membantu Anda merasa lebih baik juga. Dan makanan yang kaya serat bagus untuk menghindari sembelit – makanan ini termasuk sereal, buah-buahan dan sayuran. Minum air putih juga akan membantu dan sangat penting jika Anda sedang menyusui.

Beristirahat dan tidur  sebanyak yang Anda bisa adalah tip top lainnya. Cobalah untuk beristirahat atau tidur ketika bayi Anda tidur, dan jangan merasa bersalah jika pekerjaan rumah tangga tidak selesai – Anda dan bayi Anda lebih penting.

Hubungan dan pertemanan setelah operasi caesar

Hubungan emosional dan seksual Anda dengan pasangan Anda mungkin terasa berbeda pada minggu-minggu awal setelah bayi Anda lahir. Misalnya, cukup normal untuk berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, sebelum Anda merasa ingin melakukan hubungan seks lagi . Tidak apa-apa menunggu untuk melakukan hubungan seks sampai Anda merasa siap.

Persahabatan baru dapat terbuka setelah Anda memiliki bayi. Misalnya, banyak wanita bergabung dengan kelompok ibu dalam beberapa bulan pertama.

Ini bisa menghibur dan meyakinkan untuk berbicara secara langsung atau online dengan ibu lain yang pernah memiliki pengalaman serupa dengan Anda. Salah satu cara untuk terhubung dengan ibu baru lainnya adalah bergabung dengan forum online kami  untuk orang tua yang baru lahir .

Menyusui setelah operasi caesar

Anda dapat mencoba berbagai posisi untuk menyusui untuk menemukan apa yang paling nyaman bagi Anda. Minta bidan untuk menunjukkan posisi yang berbeda saat Anda di rumah sakit. Anda dapat mengatur kunjungan dengan konsultan laktasi  jika Anda menginginkan dukungan tambahan.

Posisi yang mungkin Anda anggap berguna untuk menyusui setelah kelahiran caesar adalah:

  • duduk dengan bantal di pangkuan Anda untuk mendukung bayi Anda dan lindungi lukamu
  • berbaring di sisi Anda
  • menggendong bayi di bawah ketiak dengan kaki bayi ke arah punggung Anda – posisi ‘kembar’ atau ‘bola’.


Pemeriksaan enam minggu Anda

Kesehatan Anda dan bayi Anda akan ditinjau kembali dalam pemeriksaan enam minggu dengan dokter Anda, bidan atau perawat kesehatan anak dan keluarga.

Ini adalah saat yang tepat untuk mengajukan pertanyaan apa pun yang masih Anda miliki – misalnya, mengapa Anda menjalani operasi caesar atau apa pilihan kelahiran Anda jika Anda memiliki bayi lagi. Setelah kelahiran apa pun, ada baiknya meninggalkan waktu bagi tubuh Anda untuk menyembuhkan antara kelahiran.
Dokter, bidan atau perawat Anda juga dapat memberi Anda informasi tentang topik seperti keluarga berencana dan perkembangan bayi. [Sumber]
0
7.2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.