anymous21Avatar border
TS
anymous21
Mungkinkah Indonesia menyatukan zona waktu yang sekarang terbagi tiga?
Gagasan untuk menyatukan tiga zona waktu Indonesia kembali disuarakan, dengan argumen

Bagaimana reaksi pemerintah?

Penyatuan zona waktu akan merupakan hal yang pelik, namun bukan tidak mungkin, kata Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan, Richard Erlangga.Disebutkannya pemerintah dalam waktu dekat akan melakukan kajian bersama dengan sejumlah pihak. Bahkan Kepala Staf Presiden Moeldoko telah menunjuk satu orang deputi yang khusus mengkaji berbagai dampak dari penerapan satu zona waktu, katanya."Diharapkan di pemerintahan berikutnya, ini bisa kita deklarasikan bersama, akan disusun bersama langkah teknis, sosialisasi yang memang cukup ekstrem dan bisa berdampak lebih cepat sehingga tidak terjadi perubahan sosial yang merugikan," kata Richard Erlangga.

Bagaimana reaksi masyarakat?

Tak semua orang setuju dengan gagasan penyatuan zona waktu di Indonesia. WargaJawa Barat, Tjahjo Juwono, menyatakan perubahan zona waktu justru tidak efisien."Di sini (Barat) kan biasanya istirahat dan salat jam 12-13 WIB. Kalau kita ikut satu zona waktu, berarti kita istirahat jam 12 WITA pada rentang yang biasanya adalah jam 11-12 WIB. Nanti waktu salatnya malah jadi jam 13 pada saat waktu istirahat sudah habis. Jadi jam istirahat pegawai malah jadi tambah panjang. Tidakefisien," katanya."Jadi aktivitas manusia itu tetap cocoknya disesuaikan dengan waktu edar matahari setempat, seperti penetapan waktu sholat,"kata pria yang banyak menghabiskan waktu berkeliling Indonesia ini.Ucapan senada juga disampaikan Dicky Subrata. Karyawan swasta ini merasa masyarakat akan kesulitan beradaptasi jika zona satu waktu diterapkan. Dan, menurutnya, masyarakat justru akan jadi bingung."Perputaran bumi terhadap mataharinya berbeda. Jadi saat kita masih gelap, di tengah udah mulai merebak cahaya, di Timur sudah terang. Wacana ini membingungkan. Sudahlah Sumpah Pemuda ini yang bersatu negaranya, jamnyanggakperlu," kata Dicky.Pendapat yang sedikit berbeda diungkapkan warga Bandung, Sonny Kusuma. "Tidak masalah,. Jika itu sudah diterapkan, masyarakat akan mudah beradaptasi," katanya."Kita mudah saja menyesuaikan. Toh juga gak ada yang complain kalau orangtua Indonesia siang-siang telepon anaknya di Amerika tapi masih pada tidur," ujar Sonny.

Negara manayang pernah mengubah waktu mereka?

Belum lama ini, tanggal 5 Mei lalu, Korea Utara mengubah zona waktunya, disamakan dengan Korea Selatan.Sebelumnya, Korea Utara membedakan waktu mereka dari Korea Selatan, dengan alasan politik, ketika keduanya sedanga sangat bermusuhan.Kini, dengan meredanya ketegangan, Korea Utara memutuskan untuk kembali menyatukan zona waktu dengan bagian Korea yang lain—kendati sebagai negara mereka masih berbeda.Sebelumnya, pada 2007, mantan pemimpin Venezuela, Hugo Chavez, membalik kembali waktu di negara itu selama setengah jam, mengatakan hal itu akan memungkinkan lebih banyak orang bangun di siang hari.Namun, banyak yang percaya dia hanya ingin menjauhkan diri dari zona waktu musuh bebuyutannya, AS.Pada tahun 2016, penggantinya, Nicolás Maduro, kembali ke sistem sebelumnya, empat jam di belakang GMT, berharap sorehari yang masih terang akan mengurangi kebutuhan energi di tengah krisis ekonomiyang berkembang.Pada tahun 2011, Samoa dan Tokelau maju satu hari penuh - dan melompat ke barat melintasi garis waktu internasional - untuk menyelaraskan waktu dengan mitra dagang mereka

Apakah ada zona waktu lain yang tidak biasa?

Provinsi Newfoundland di Kanada secara resmi keluar setengah jam dari negara laindi provinsi Atlantik.India setengah jam lebih awal dari Pakistan dan hanya 15 menit di belakang Nepal.Ada perbedaan waktu 90 menit antara Australia Barat dan Australia Selatan melintasi perbatasan kedua negara bagianitu.Namun, perbatasan terpencil kota Eucla dan daerah sekitarnya, dengan populasi beberapa ratus orang, secara tidak resmi beroperasi di zona waktu mereka sendiri, 45 menit di depan Australia Barat dan 45 menit di belakang Australia Selatan.

Sumber



Diubah oleh kaskus.infoforum 13-11-2018 03:02
bonekakiku
bonekakiku memberi reputasi
2
12.5K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.