BowoSanAvatar border
TS
BowoSan
[COC] Bagaimana Memotivasi Anak Agar Gemar menulis dan membaca #AslinyaLo


‘Sekali anak jatuh cinta dengan menulis, tulisan mereka akan melejit’

‘membantu anak Agan-Sis memperoleh rasa kecintaan pada tulis-menulis merupakan suatu anugerah….’



Inilah cuplikan kata-kata Mary Leonhardt, seorang penulis buku anak-anak. Pengalamannya mengajar lebih dari 30 tahun mengaplikasikan beberapa cara menjadikan anak melejitkan potensi diri dalam hal ini menulis.

Terkadang dikeluarga kita dibayangkan dipagi hari yang cerah dan hari Minggu waktu berkumbul dirumah, ayah membaca Koran diteras rumah, ibu memasak sambil membaca resep masakan, adik sibuk-sibuknya menggambar dengan crayon, sedangakan kakak mendengarkan earphone sambil membaca novel. Apa yang terbayang dibenak keluarga ini sedang melakukan aktivitas membaca dan menulis, sesuatu hal yang mandiri, tetapi membutuhkan beberapa proses karena realita terkadang tidak demikian.

Anak berkembang karena lingkungan terdekat, yaitu keluarga bagaimana juga terjadi pada beberapa anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara menjadi bab khusus yang bisa diaplikasikan dikeluarga Agan-Sis masing-masing.

Kata Kunci

Membaca dan menulis, tak pelak lagi, saling berkaitan. Anak-anak yang gemar membaca akan memperoleh rasa kebahasaan tertulis, yang kemudian mengalir kedalam tulisan mereka. Anak-anak yang menulis cerita dan puisi akan membaca dengan ketelitian dan wawasan yang jauh lebih besar. Mereka mulai memperhatikan bagaimana seorang pengarang menyusun alur cerita, menggambarkan secara rinci karakter seseorang tokoh, dan menggunakan teknik pengibaratan.





KIAT PERTAMA UNTUK ANAK AGAR GEMAR MENULIS & MEMBACA



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:






Catatan kiat diatas hanya beberapa cara yang dapat ditempuh sebagai orang tua untuk memotivasi anak agar memiliki kesenagan dalam membaca, dan menulis. Akhir kata sampaikanlah pesan ini‘’membaca memperkaya hidup kita’’ , ‘‘…. orang yang tidak gemar membaca hampir kehilangan segalanya.’’
 
 
Sumber:
Pengalam Pribadi Orang terdekat TS
FOTO : futurity.org
Diubah oleh BowoSan 24-10-2018 09:53
8
5.6K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.