khayalanAvatar border
TS
khayalan
Pemprov Jabar Tetapkan Siaga Satu Bencana

Mochamad Solehudin - detikNews


Banjir di Kabupaten Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)


Bandung - Pemprov Jabar menetapkan status siaga satu bencana banjir dan longsor. Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Saat ini sejumlah daerah di Jabar yang diterpa bencana. Di antaranya bencana banjir bandang di Kabupaten Tasikmalaya, banjir di Kabupaten Bandung, banjir di Kabupaten Pangandaran, longsor di kawasan Gentong dan longsor di kawasan Naringgul, Kabupaten Cianjur. 

"Kita sedang siaga satu (bencana) karena 60 persen bencana hidrologis di Indonesia itu ada di Jabar. Ada dan tidak ada manusia sampai sekarang bencana terjadi. Ada air meluap, longsor dan lain-lain," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/11/2018). 

Pihaknya juga telah meminta agar BPBD Jabar meningkatkan kesiap-siagaannya. Selain itu, masyarakat juga diimbau meningkatkan kewaspadaan mengingat intensitas hujan mulai meningkat dan bisa memicu terjadinya bencana banjir dan longsor. 

"Masyarakat diminta waspada, tim BPBD kita siaga satu. Kemarin dua tim (BPBD) sudah dikirim ke Gentong longsor, satu tim ke Naringgul karena longsor," ucap Emil, sapaan Ridwan.

Dia berharap dengan sejumlah langkah yang disiapkan ancaman bencana yang berpotensi terjadi di Jabar bisa semakin diminimalisir. Selain itu proses penangan pasca bencana juga bisa jauh lebih cepat. 

"Mudah-mudahan quick respons dari pemerintah kombinasi dengan kewaspadaan dari masyarakat bisa jadi kunci dalam masa (siaga bencana) ini," kata Emil. (bbn/bbn)

https://m.detik.com/news/berita-jawa...a-satu-bencana


Siaga 1 gan..
0
1.4K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.