Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

setan.matiAvatar border
TS
setan.mati
Terbukti gan! Ternyata Bulan yang Mengorbit Bumi Lebih dari Satu!


Selama ini mungkin kita semua mengira bahwa Bumi hanya memiliki satu satelit alami yang kita sebut sebagai bulan. Setidaknya seperti itulah yang kita lihat setiap malam hari, dan seperti itulah yang diajarkan kepada kita ketika kita masih berada di bangku sekolah. Tapi sebenarnya, bulan tidak sendirian gan!

Ketika berbicara tentang bulan, yang ada di dalam pikiran kita adalah sebuah benda bulat berwarna putih yang biasa kita lihat di langit, yang merupakan benda angkasa paling terang di malam hari.

Padahal, definisi dari bulan adalah satelit alami yang diperangkap oleh gravitasi sebuah planet sehingga mengorbit planet tersebut.

Baru-baru ini sains mengkonfirmasi bahwa ternyata ada lebih dari satu bulan yang mengorbit bumi kita gan!


  • Seorang ahli astronomi asal Hungaria membuktikan keberadaan 2 pseudo-satelit yang mengorbit bumi kita, yang terbuat dari debu.
  • Pseudo-satelit yang merupakan awan debu ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1960an, namun karena sulit untuk dideteksi para ilmuwan masih memperdebatkan keberadaannya.
  • Penemuan ini kedepannya dapat digunakan untuk penempatan satelit di masa depan. Selain itu juga akan menjadi hal yang diperhitungkan dalam misi-misi ruang angkasa di masa depan.

Setelah sekitar setengah abad memandangi langit, berdebat, dan berkontroversi, para ilmuwan akhirnya mengkonfirmasi keberadaan 2 "bulan" atau "pseudo-satelit" terbuat dari debu yang mengorbit bumi kita. 



Para peneliti sebelumnya telah memperkirakan keberadan benda-benada yang selalu mengikuti bumi, namun belum benar-benar terlihat sebelum tahun 1961, ketika seorang ahli astronomi berkebangsaan Polandia bernama Kazimierz Kordylewski sepintas melihat sepintas keberadaan awan-awan yang terbuat dari debu tersebut. Bahkan sejak saat itupun, keberadaannya masih dipertanyakan.

"Awan-awan Kordylewski adalah dua objek tersulit untuk ditemukan, dan meskipun mereka dekat sedekat Bumi dan Bulan, sebagian besar diabaikan oleh para peneliti dalam astronomi," kata rekan penulis studi Judit Slíz-Balogh, ahli astronomi di Eötvös Loránd University, Hungaria. . “Sangat menarik untuk memastikan bahwa planet kita memiliki pseudo-satelit berbentuk debu di orbit selain bulan, tetangga terdekat kita.”

Apa itu Awan Kordylewski?



Awan Kordylewski adalah dua awan debu yang pertama kali diamati oleh astronom Polandia Kazimierz Kordylewski pada tahun 1961. Mereka terletak di dua titik Lagrange di orbit Bumi. Titik-titik ini adalah lokasi di mana gravitasi dari dua objek, seperti Bumi dan Bulan atau planet dan Matahari, sama dengan sentripetal yang diperlukan untuk mengorbit objek sementara tetap berada di posisi relatif yang sama. Ada lima titik di antara Bumi dan Bulan. Awan beristirahat pada apa yang disebut poin empat dan lima, membentuk segitiga dengan awan dan Bumi di tiga sudut.

Awan sangat besar, mengambil ruang yang sama di langit malam sebagai dua puluh cakram bulan; seluas 45.000 mil. Jaraknya kira-kira 250.000 mil, kira-kira jarak yang sama dari kita sebagai Bulan. Mereka seluruhnya terdiri dari bintik-bintik debu yang memantulkan cahaya matahari sehingga sebagian besar astronom yang mencari mereka tidak dapat melihat mereka sama sekali.

Awan itu sendiri mungkin kuno, tetapi model yang diciptakan para ilmuwan untuk belajar tentang mereka menunjukkan bahwa partikel debu individu yang membentuk mereka dapat dihempas oleh angin matahari dan digantikan oleh debu dari sumber kosmis lainnya seperti komet. Ini berarti bahwa awan hampir tidak bergerak tetapi berubah secara kekal.

Bagaimana mereka menemukannya?


"Dalam gambar ini wilayah pusat awan debu Kordylewski terlihat (piksel merah terang). Garis lurus yang lurus adalah jejak satelit."

Dalam penelitian mereka yang diterbitkan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society, astronom Hungaria Judit Slíz-Balogh, András Barta, dan Gábor Horváth menggambarkan bagaimana mereka dapat menemukan awan debu menggunakan lensa terpolarisasi.

Karena awan diharapkan memolarisasi cahaya yang memantul dari mereka, dengan mengkonfigurasi teleskop untuk mencari cahaya semacam ini, awan lebih mudah dilihat. Apa yang diamati para ilmuwan, cahaya terpolarisasi dalam pola yang memanjang di luar pandangan lensa teleskop, sejalan dengan prediksi model matematika mereka dan mengesampingkan sumber lain yang mungkin.

Kenapa baru ditemukan sekarang?
[img][/img]


Benda-benda, menjadi awan debu, sangat pingsan dan sulit dilihat. Sementara Kordylewski mengamati mereka pada tahun 1961, para astronom lain telah melihat di sana dan memberikan laporan yang beragam selama beberapa dekade berikutnya. Hal ini membuat banyak astronom enggan bergabung dengan pencarian, seperti rekan penulis studi Judit Slíz-Balogh menjelaskan, "Awan Kordylewski adalah dua dari objek yang paling sulit untuk ditemukan, dan meskipun mereka sedekat mungkin dengan Bumi karena Bulan sebagian besar diabaikan oleh peneliti di astronomi. Sangat menarik untuk memastikan bahwa planet kita memiliki satelit pseudo berdebu di orbit bersama tetangga bulan kita. "

Apakah akan ada pengaruhnya pada misi perjalanan ruang angkasa ke depannya?

Poin Lagrange telah dikemukakan sebagai lokasi yang sangat baik untuk stasiun ruang angkasa atau satelit seperti Teleskop James Webb untuk ditempatkan di orbit, karena mereka akan membutuhkan sedikit bahan bakar untuk tetap di tempat. Mengetahui tentang awan debu besar yang dapat merusak peralatan sensitif yang sudah ada di sana dapat menghemat uang dan hidup di masa depan. Sementara kita hanya tahu tentang awan di Lagrange poin empat dan lima sekarang, penulis studi itu menunjukkan mungkin ada lebih banyak di titik lain.

Sementara penemuan beberapa awan debu mungkin tidak tampak mengesankan, ini adalah hasil dari setengah abad kerja astronomi dan matematika dan mengingatkan kita bahwa keajaiban masih tersembunyi di halaman belakang kosmos kita. Meskipun Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang awan ini lagi, tidak ada yang salah dengan memandang langit dengan heran pada hal-hal aneh dan fantastis yang dapat kita temukan.



SUMUR
https://www.express.co.uk/news/scien...-nasa-asteroid
https://www.nationalgeographic.com/s...planets-space/
https://www.space.com/15151-earth-mu...asteroids.html
https://bigthink.com/surprising-scie...3#rebelltitem3
Diubah oleh setan.mati 10-11-2018 21:49
3
14.7K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.