tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Pinjaman Dan Kreditan, Enak yang Sering Berujung Menyakitkan
Penghasilan merupakan sesuatu yang selalu diharapkan oleh banyak orang, di masa-masa sekarang ini tentunya banyak sekali hal-hal yang dibutuhkan termasuk biaya-biaya kehidupan yang seringkali menjadi beban bagi setiap orang yang menjalani kehidupan. Tak selamanya penghasilan selalu mencukupi kebutuhan dan keinginan, bagi sebagian orang tentunya seringkali hal seperti ini selalu di alami. Berbagai cara dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup entah melalui kerja yang lebih keras dan rajin lagi atau meminjam uang demi memenuhi kebutuhan.


Credit : kompas.com

Pinjaman merupakan sesuatu yang terkadang dibutuhkan oleh sebagian orang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya. Terkadang meminjam uang kepada orang lain pun seringkali dilakukan untuk bisa memenuhi apa yang dibutuhkan atau yang diinginkan. Tak sedikit orang yang meminjam tak bisa mengembalikan pinjamannya entah itu karena tak mampu ataupun tak bertanggung jawab hingga akhirnya menimbulkan masalah dan tak jarang berujung tindak kriminal.

Di zaman sekarang ini tentunya banyak lembaga keuangan atau sejenisnya yang menawarkan aneka pinjaman mulai dari pinjaman kecil hingga pinjaman yang besar. Semua orang bisa melakukan pinjaman dengan syarat-syarat tertentu untuk menerima pinjaman seperti jaminan atau yang lainnya. Di zaman canggih teknologi pula jenis pinjaman pun semakin canggih sampai-sampai pinjaman pun bisa via online.

Salahkah bila kita melakukan pinjaman? Tak apa bila melakukan pinjaman selama kita butuh sekali dengan pinjaman. Namun nyatanya tak semua pinjaman itu bersahabat, terkadang bunga dari pinjaman yang terlalu mencekik hingga menimbulkan masalah lain seperti masalah rumah tangga dan lain sebagainya. Hal ini Tak jauh beda dengan aneka jenis Kreditan, apalagi kreditan di masa kini tentunya beraneka ragam. Tak jarang kreditan pun bisa menjadi masalah, terutama jika melakukan transaksi kredit yang tak memperhatikan  pendapatan pribadi dan ujungnya malah gagal bayar dan menimbulkan berbagai masalah di kehidupan.

Credit : beritalangitan.com

Pinjaman dan aneka jenis kreditan sudah sebaiknya dihindari, jangan karena ingin gaya, pamer atau ikut-ikutan orang lain  malah berujung dengan nestapa. Awal yang di dapat mungkin akan sedikit terasa enak tapi ujungnya malah menyakitkan jika  tidak sanggup membayar pinjaman atau bayar kreditan. Tak jarang memang karena hutang dari pinjaman atau kreditan barang membuat hidup terasa susah untuk dijalani dan banyak pikiran. Hidup tanpa hutang justru terasa lebih tenang dan beban hidup pun tak seperti saat punya hutang. Sudah seharusnya memang aneka pinjaman dan kreditan seperti barang dihindari.

Butuh sesuatu hal sebaiknya hindari pinjaman, apalagi pinjaman yang tak dipercaya. Jika menginginkan sesuatu jangan tergoda dengan kreditan, lebih baik beli barang secara cash karena lebih murah. Lagi-lagi memang harus sabar dalam menahan diri dari godaan pinjaman dan kreditan. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa ditulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
2
10.5K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.