• Beranda
  • ...
  • Movies
  • [COC Movies] Tips Mendokumentasikan Perjalanan Menjadi Film Pendek #AslinyaLo

shandiansAvatar border
TS
shandians
[COC Movies] Tips Mendokumentasikan Perjalanan Menjadi Film Pendek #AslinyaLo

credit: realsciencechallenge.com

Halo Agan dan Sista, kali ini ane bermaksud ikut meramaikan event COC Forum Movies dengan membuat thread singkat tentang tips mengabadikan sebuah perjalanan menjadi film pendek atau biasa juga disebut video perjalanan berdasarkan pengalaman pribadi ane.

Seiring berkembangnya teknologi, banyak kamera yang bagus dan cocok untuk keperluan dokumentasi, tak terkecuali dokumentasi sebuah perjalanan. Momen-momen perjalanan pun bisa diabadikan menjadi berbagai macam media, bisa dalam bentuk foto ataupun video. Bagi ane foto sudah terlalu mainstream makanya ane tertarik mencoba membuat video hasil dokumentasi perjalanan ane. Kali ini ane akan berbagi tips membuat video perjalanan ala kadarnya berdasar pengalaman ane. Simak di bawah ini ya gansis.

1. Tentukan Konsep

credit : ied.eu

Menentukan konsep sangat penting agar kita bisa fokus dalam pengambilan video. Jika sudah punya konsep yang jelas kita bisa melihat gambaran video seperti apa yang akan kita buat. Karena sejatinya konsep video perjalanan mempunyai banyak macam seperti contohnya dokumentasi perjalanan, video tentang keindahan objek wisata, video liputan perjalanan, dll.
Quote:

2. Tentukan Lokasi

credit : deankwilson.com

Langkah selanjutnya yaitu menentukan lokasi. Hal ini sangat berpengaruh dalam menentukan perencanaan yang matang serta alat-alat yang nantinya dibutuhkan. Misal jika tujuan destinasi hanya perkotaan kita cukup membawa kamera ponsel atau kamera pocket namun kalau tujuannya ke pantai tentu kita perlu kamera yang tahan air.
Quote:

3. Siapkan Alat Tempur

credit : smallhd.com

Alat tempur disini yang ane maksud adalah kamera, baterai, memori, dan alat-alat pendukung lainnya seperti tripod, stabilizer dll. Karakteristik kamera sebaiknya disesuaikan dengan lokasi yang akan dituju agar lebih maksimal saat dipakai untuk mengambil gambar.
Quote:

4. Ambil Gambar yang Banyak

credit : mentalfloss.com

Ambil gambar dan video sebanyak mungkin yang bisa diambil, namun perhatikan juga momen-momen yang pas agar menghemat baterai dan memori. Semakin banyak gambar yang diambil semakin banyak juga pilihan yang nantinya bisa kita edit.
Quote:

5. Maksimalkan Proses Editing

credit : studioantelope.com

Proses editing adalah salah satu tahap yang paling krusial. Sebisa mungkin editor harus memanfaatkan bahan yang ada dan menjadikan hasilnya jadi maksimal. Jangan sungkan untuk bertanya dan belajar dari orang lain yang lebih menguasai. Karena untuk menjadi mahir memang perlu proses.
Quote:


Berikut ini adalah contoh video dokumentasi perjalanan yang ane buat bersama teman ane (bisa juga lihat disini). Hasilnya mungkin kurang bagus dan kualitas gambar juga biasa-biasa saja, ya harap maklum saja, namanya juga masih amatiran. Spesial credit buat temen ane ‘KA’ yang bisa menyulap video ini menjadi lebih menarik. Silahkan ditonton ya..
Quote:


Sekian saja thread singkat dari ane. Kurang lebihnya mohon maaf.

Terima kasih.

:terimakasih

------------------------------------------------------------------------------------
referensi : pengalaman pribadi
video : dokum pribadi
Diubah oleh shandians 31-10-2018 03:39
3
3.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.