sam9172Avatar border
TS
sam9172
Sejarah munculnya kebudayaan
Sejarah munculnya kebudayaan


Disini ane tidak bermaksud untuk menggurui atau sok sokan jadi ahli bahasa. Ane hanya ingin menyampaikan apa yang ada dipikiran ane artinya yg ane sampaikan ini bisa jadi salah atau kurang. jadi ane mohon maaf jika ane salah atau ada yang kurang menurut agan sekalian.


Budaya berawal dari Kebiasaan

Kebiasaan adalah suatu perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dan berasal dari budi atau akal manusia. Kenapa perbuatan tersebut dilakukan secara berulang-ulang?

1. Karena manusia tersebut menikmati perbuatan tersebut

2. Karena manusia tersebut mendapatkan kebahagiaan/keuntungan saat melakukan perbuatan tersebut

3. Karena manusia tersebut dipaksa oleh orang lain/dirinya sendiri


Ketika kebiasaan manusia tersebut ternyata mempengaruhi orang lain dan memberikan kenikmatan/kebahagiaan/keuntungan bagi orang lain dan orang lain mengikutinya maka kebiasaan yang sebelumnya dilakukan oleh satu manusia akhirnya dilakukan oleh beberapa manusia. Bisa jadi juga kebiasaan tersebut dipaksakan oleh penguasa/orang lain yang lebih kuat kepada orang lain yang lebih lemah sehingga orang lain tersebut terpaksa melakukan kebiasaan orang yang pertama kali melakukan kebiasaan tersebut.


Ketika kebiasaan itu dilakukan oleh beberapa orang, atau sekolompok orang atau organisasi atau masyarakat atau negara dan kebiasaan tersebut dipatenkan atau dijadikan sebagai aturan atau hukum baik tertulis maupun tidak tertulis maka pada saat itulah kebiasaan tersebut menjadi kebudayaan.


Tradisi berawal dari Budaya

Tradisi adalah sebuah kebiasaan beberapa orang, kelompok, organisasi, masyarakat atau negara yang diwariskan ke generasi berikutnya.


Artinya apa?

Kebudayaan adalah suatu konsep yang disepakati oleh bersama baik melalui paksaan dari penguasa/orang yang lebih kuat atau dari pribadi masing-masing pihak yang menyepakati karena pihak tersebut merasa diuntungkan/dibahagiakan/kenikmatan dari konsep perbuatan tersebut.


Jika kebudayaan tersebut hanya bertahan selama satu generasi maka tidak akan menjadi sebuah tradisi. Jika kebudayaan itu diwariskan dan bertahan hingga beberapa generasi maka itu akan menjadi sebuah tradisi.


Jika ane salah tolong diperbaiki gan. Jika ane ada yang kurang tolong ditambahi gan. makasih


Sori kalo illustrasi ane jelek gan. bingung mau illustrasikan gimana soalnya.
Spoiler for ILLUSTRASI KEBUDAYAAN YG MUNCUL ALAMI/TANPA PAKSAAN:
Diubah oleh sam9172 27-07-2018 08:33
0
5.7K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.