Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rizkalailianaAvatar border
TS
rizkalailiana
Cara atasi rasa takut naik pesawat, Simak Gan!


Berpergian menggunakan pesawat terbang merupakan pilihan yang efektif untuk kita yang ingin berpergian ke suatu tempat. Dibandingkan dengan transportasi lainnya seperti mobil, kereta, kapal, dan lain sebagainya yang dapat menghabiskan waktu lebih lama dan tenaga lebih besar, pesawat merupakan pilihan yang tepat untuk kamu. 

Tetapi dibalik rasa nyaman dan juga kecepatan jarak tempuh nya, berpergian menaiki pesawat merupakan hal yang ditakutkan oleh sebagian orang. Banyak faktor yang dapat membuat seeorang trauma dan ketakukan dengan menaiki pesawat. Misalnya ia pernah mengalami turbulensi (perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan goncangan pada tubuh pesawat) dalam penerbangan sebelumnya yg pernah ia alami, hal lainnya yang dapat menyebabkan seseorang trauma ialah ketika ia mendengar suara-suara bising di dalam penerbangan, atau pernah mengalami rasa sakit ketika perubahan tekanan di dalam pesawat.

Aviophobia adalah istilah yang digunakan untuk orang yang merasa gelisah dan ketakutan untuk naik pesawat terbang. Aviphobia juga dapat terjadi ketika seseorang tersebut takut akan ketinggian, ketakutan jika berada di ruang sempit yang tertutup, dan pernah mengalami kecelakaan saat menggunakan pesawat terbang. 

Tips untuk mengatasi rasa takut naik pesawat : 

  1. Melakukan latihan meditasi setiap hari selama satu hingga dua minggusebelum jadwal penerbangan anda.

     


  2. Bernapaslah dalam-dalam selama 4 detik dan hembuskan dengan perlahan selama 6 detik. Ulangi cara tersebut sampai tubuh dan pikiran kamu menjadi tenang.

     


  3. Menurunkan penutup jendela pesawat untuk sementara waktu agar tidak terganggu dan merasa ketakutan melihat keluar.

     


  4. Melakukan hal yang membuatmu senang sehingga tidak merasa cemas dan takut seperti mendengarkan musik dan juga membaca buku.

     


  5. Aviophobia bisa saja meningkat ketika kamu merasa cemas, maka makan dan minumlah minuman energi atau stimulan lainnya yg dapat menanggulangi rasa cemas kamu.

     


  6. Memberi tahu kerabat, orang yang duduk di sebelah kamu, ataupun kru pesawat jika sebenarnya kamu memiliki rasa takut untuk naik pesawat sehingga setidaknya mereka dapat mengurangi rasa takut kamu.

     


  7. Mencari tahu pemicu yang  membuat kamu takut untuk naik pesawat. Dengan begitu kamu mempunyai pemahaman yang lebih mengenai hal-hal tersebut dan mengetahui langkah-langkah apa yang harus kamu ambil agar dapat menghilangkan rasa ketakutan naik pesawat tersebut.

     


  8. Menemui terapis atau psikolog. Jika rasa takutmu sudah menjadi ekstrim dan dapat mengganggu kegiatan mu seterusnya, mungkin seseorang profesional yang ahli dalam bidang tersebut dapat membantu kamu untuk menghadapi rasa takut naik pesawat. Mereka dapat memberikan solusi yang tepat untuk kamu ingin menghilangkan ketakutan naik pesawat berdasarkan keadaan dan tingkat keparahan ketakutan kamu. Misalnya dengan mengkonsumsi obat pereda rasa cemas, terapi, hipnoterapi, dan juga terapi relaksasi.

              



Rasa takut menaiki pesawat merupakan salah satu jenis phobia yang sudah umum terjadi, tetapi jangan sampai rasa takit tersebut dapat menghalangi kamu untuk bekerja, berpergian, jalan-jalan ke tempat yang kamu ingin kunjungi dengan keluarga dan teman-teman kamu. Dengan adanya tips-tips diatas, dan memahami serta mencari tahu informasi yang mendalam mengenai pesawat dan penerbangan, semoga aviophobia yang kamu rasakan dapat berkurang dan hilang.


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan




Sumber :
https://www.alodokter.com/coba-cara-...at-berikut-ini
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...esawat-terbang
https://kumparan.com/abdul-syukur150...at-berikut-ini


Diubah oleh rizkalailiana 30-10-2018 12:01
0
4.7K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.