Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

azkaraharja999Avatar border
TS
azkaraharja999
Jokowi: Negara Lain Ingin Tiru Dana Desa Kita

Banyak Negara Tertarik Meniru Program Dana Desa

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim pun salut dengan keberhasilan Indonesia yang berada pada kondisi yang baik dalam menangani permasalahan stunting. Itu semua karena keberhasilan program Dana Desa. "Saya kagum dengan upaya yang dilakukan dalam upaya mengatasi masalah stunting ini," ungkap Kim.

Menurut Presiden Bank Dunia, banyak negara ingin meniru program dana desa Indonesia. Hal tersebut pernah disampaikan langsung saat kunjungan Presiden World Bank atau Bank Dunia Jim Yong Kim ke sejumlah lokasi di Bali.

"Ini yang namanya dana desa, negara lain mulai meniru kita. Bank Dunia mengatakan banyak negara yang ingin meniru dana desa. Banyak sekali yang ingin melihat caranya seperti apa, transfernya seperti apa, penggunaannya seperti apa," tutur Jokowi.

Bahkan Bank Dunia menurunkan tim khusus ke daerah-daerah untuk mempelajari secara khusus tentang dana desa. Seperti pernah dilakukan Task Team Leader Village Service World Bank yang diketuai Christopher Finch saat melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Jajaran Satuan Kerja Perangkat Aceh untuk membahas pengelolaan dana Desa di Aceh.

Christopher Finch menyampaikan, Pemerintah Indonesia dan Aceh memiliki pengalaman yang lebih baik terhadap pengelolaan dana desa, tetapi banyak permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan dana desa.

“Kami menyadari bahwa dalam pengelolaan dana desa ini terdapat berbagai tantangan yang dihadapi oleh pemerintahaan desa, kecamatan, kabupaten bahkan provinsi,” kata Christopher.

Menurut Christopher, kesuksesan pengelolaan dana desa sangat bergantung pada kapasitas aparatur, keterlibatan masyarakat, insentif terhadap aparatur desa dan aspek kontrol terhadap dana desa yang disalurkan.

Untuk itu, lanjut Christopher, Tim dari World Bank ingin mempelajari bagaimana pengelolaan dana desa selama ini dilakukan di Aceh. Tim tersebut juga ingin membantu agar pengelolaan dana desa sesuai dengan aturan yang berlaku dan memberikan dampak terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat.
Spoiler for Sumber Berita:


Indonesia Sering dilirik negara lain karena pesatnya kemajuan dan banyak prestasi ketika Presiden Jokowi memimpin,
emoticon-Salamanemoticon-Salaman
0
1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.