Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

albetbengalAvatar border
TS
albetbengal
Tim Prabowo Anggap 'Tampang Boyolali' Diseret ke Isu Rasialisme
Tim Prabowo Anggap 'Tampang Boyolali' Diseret ke Isu Rasialisme
Jakarta - Pernyataan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengenai 'tampang Boyolali' terus dipersoalkan. Timses Prabowo menganggap kontroversi itu seolah-olah diseret ke isu SARA dan dipolitisasi pihak tertentu. 

"Statement terkait 'tampang Boyolali' itu ditafsirkan secara ugal-ugalan, bahkan kami lihat menyeretnya menjadi isu rasialisme, terutama menjadi isu kedaerahan, dan cara-cara ini berbahaya dalam kontestasi pilpres kita," kata Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, di media centerBPN Prabowo-Sandiaga, Jl Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018). 

Baca juga: Bupati Boyolali Maki Prabowo, PDIP: Itu Kultur Egaliter Surakarta


Dahnil menyayangkan statement soal 'tampang Boyolali' itu dikaitkan dengan isu rasisme dan primordialisme. Ia meminta isu tersebut tidak dikaitkan lagi dengan isu SARA. 

"Kenapa? Karena statement yang sejatinya tidak punya pesan rasialisme kemudian diseret primordialisme. Ini bahaya sekali. Politisasi primordialisme dan rasialisasi ini harus dihentikan," ungkapnya.

"Karena kalau diikuti rekaman utuh itu ada interaksi Pak Prabowo dan audiens terkait statement tersebut. Bahkan saya sampaikan dengan Pak Prabowo ramai sekali tanggapan beliau menyayangkan upaya politisasi tersebut," kata Dahnil. 

Baca juga: Bareskrim Limpahkan Laporan soal Bupati Boyolali ke Polda Jateng


Sementara itu, anggota BPN Prabowo-Sandi, Habiburokhman, berharap laporan atas Bupati Boyolali Seno Samodro yang ada di kepolisian dan Bawaslu diproses. Ia menilai pernyataan Bupati Boyolali termasuk ujaran kebencian. 

"Jadi ada beberapa kalimat yang menurut rekaman yang kami dapat ada dugaan penggunaan kalimat yang sangat keterlaluan dan sangat kasar dan itu bukan cuma mencemarkan nama baik Prabowo, yang menurut kami itu ujaran kebencian," kata Habiburokhman.

Baca juga: Bupati Boyolali Dilaporkan soal Makian, Bawaslu: Apa Masuk Timses?


Sebelumnya, Bupati Boyolali Seno Samodro dilaporkan ke Bareskrim Polri dan Bawaslu karena memaki Prabowo Subianto buntut dari 'tampang Boyolali'. PDI Perjuangan memberikan pembelaan untuk kadernya itu.

"Ini soal kultur, anak-anak wilayah Surakarta, terutama yang bersikap egaliter, pisuhan (makian) kata a** itu sudah kebiasaan," ujar Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto, saat dimintai konfirmasi, Selasa (6/11/2018).

Seno memaki Prabowo saat demonstrasi aksi bela 'tampang Boyolali' pada Minggu (4/11) di gedung Balai Sidang Mahesa, Boyolali, Jawa Tengah. Saat berpidato, Seno mengucapkan umpatan untuk Prabowo. Demo dilakukan warga Boyolali atas pernyataan Prabowo soal 'tampang Boyolali' yang dikaitkan dengan tidak bisa pergi ke hotel mewah. (yld/gbr)


https://m.detik.com/news/berita/d-42...isu-rasialisme

emoticon-Embarrassment
0
2K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.