iskrimAvatar border
TS
iskrim
Kesan di Balik 19 Tahun KASKUS, Aku dan Kamu... Mmmuah!




Semua orang menginginkan kebahagiaan, baik yang sifatnya sesa'at dan abadi, dan kita terus mengharapkan kebahagiaan itu (jika bisa) datang setiap hari. Namun sebuah kebahagiaan kecil yang penuh arti bisa kita dapatkan dalam perayaan ulang tahun yang berkesan. Dan di balik itu semua kebahagiaan tersebut sewajarnya harus ada perbaikan dari segi kualitas dan kuantitas hidup supaya masa depan kita lebih baik lagi dan tidak merugi.

Seperti kebahagiaan yang terjadi pada saat ini rupanya tengah mengharu-biru di dalam keluarga besar KASKUS, iyes, KASKUS ULANG TAHUN ke 19! Dan sampai kini Kaskus masih tetap tegak berdiri dan dikenal oleh khalayak lintas generasi, bahkan mulai memasuki masa re-generasi, dan Kaskus masih terus memberikan kontribusi yang bermanfaat dan menjadi wadah untuk saling berbagi informasi dan edukasi.






Bagi saya pribadi, ngaskus adalah sebagai 'sarapan ke tiga' setelah ngeteh pagi dan ngemil di teras rumah sambil menunggu anak-anak siap untuk berangkat sekolah. Kaskus bagi saya adalah bagian dari keluarga kecil, yang ternyata tanpa terasa sudah hampir 5 tahun Kaskus mengisi hari-hari saya di kala waktu senggang.

Mengenal Kaskus sejak zaman kuliah tepatnya semester 4, awalnya saya kurang begitu suka nongkrong di dunia maya karena menurut saya waktu itu hanya membuang waktu saja, namun semenjak ada forum yang membahas bidang keilmuan yang saya minati dan ada barang yang bisa di jual di Forum Jual Beli saya mulai melirik Kaskus, beberapa kali id saya kena banned tapi saya tak pernah menyerah dan sempat menjadi silent reader beberapa lama yang kemudian jadi lebih fokus di FJB. Ya, FJB kala itu bak dewa penyelamat anak-anak kost yang ingin belajar berbisnis untuk mendapatkan uang tambahan. Kebetulan saya fokus pada dunia Graphic Design maka waktu itu saya menawarkan jasa membuatkan iklan-iklan FJB bagi kaskuser yang ingin lapaknya tampil lebih menarik dan menjual. Bukan itu saja, saya beberapa kali 'closing' dengan beberapa project bernilai jutaan hanya dalam waktu 2 hari saja, sungguh FJB waktu itu sangat membantu saya dalam hal mengumpulkan uang saku tambahan yang saya cari sendiri.



Masa mulai berganti dan persaingan bisnis mulai bertambah sengit, saat itu FJB seperti kurang cepat berinovasi dan banyak kasus penipuan yang pada akhirnya berdampak pada usaha jasa saya di Kaskus, FJB mulai sepi dan sayapun mulai sepi order, mulai ditinggalkan klien-klien yang loyal kepada saya.

Sayapun mencoba bersabar, menunggu ada perubahan nasib hingga beberapa bulan kemudian akhirnya saya harus menyerah untuk vakum sementara melapak di FJB dan mulai berpaling dan jalan-jalan ke forum-forum yang ada dan entah kenapa saya lebih cocok di Kasak Kusuk - Lounge yang akhirnya saya memiliki juga banyak teman di sini. Kaskus adalah keluarga bagi mereka yang ingin memiliki banyak teman, sahabat dan berbagi informasi berguna di dunia maya.

Disinilah saya mulai merasa bersemangat ngaskus lagi, saya mulai iseng belajar menulis, membuat thread seperti para komunitas ht maker dan ht hunter para sepuh. Dulu saya membuat thread masih dengan id Prime, kemudian saya berfikir untuk membuat id baru yang lebih luwes dan tidak bercampur dengan id khusus jualan, maka lahirlah id ISKRIM hingga sekarang ini.



Rupanya nama iskrim banyak menarik perhatian termasuk orang dalam Kaskus, disinilah pemasukan kembali mengisi pundi-pundi keuangan saya, mulai dari orderan soft selling, menjadi bagian dari keluarga Kaskus Kreator, hingga tawaran membuatkan thread-thread kaskuser lain baik dari perusahaan maupun thread pesanan pribadi hingga saat ini.

Sejak itu saya jadi sering mendapatkan tawaran menulis di luar Kaskus sebagai ghost writer dalam dan luar negeri hingga sekarang. Kaskus otomatis menjadi penyambung komunikasi saya dengan media lain yang tentunya menguntungkan secara pribadi disela-sela kesibukan saya di dunia nyata.

Desas desus Kaskus sedang menurun pamornya mulai terdengar dan saya sempat vakum dikarenakan memang kesibukkan saya di real life yang tidak terelakkan lagi. Selain memiliki usaha yang saya kelola secara pribadi saya juga menulis dan menjadi seorang freelancer di sebuah media lokal.

Kalau ditanya kesan tentang Kaskus sekarang ini jujur saya harus mengatakan bahwa Kaskus sekarang ini memang beda, terutama para penghuninya yang hampir di segala lini mulai 'sepi' tapi saya sangat memahami nasib Kaskus sekarang ini. Dahulu sosial media dan forum belum sebanyak seperti sekarang, bahkan Kaskus dahulu menjadi barometer hingga beberapa dekade. Kehidupan akan selalu berputar- kadang di atas-kadang di bawah, namun yang terpenting menurut saya adalah Kaskus tidak boleh berhenti berinovasi yang artinya kehidupan harus terus berjalan dan harapan untuk bangkit pasti masih ada.



Saya optimis Kaskus yang sekarang lebih segar, lebih ke kinian dengan berbagai inovasi dan konten yang lebih kaya dan variatif akan tetap bertahan diantara gempuran berbagai media. Sampai kapanpun saya akan tetap sayang denganmu -Kus. Sebagai penutup saya ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun, MET MILAD to Kaskus yang ke 19 semoga semakin bersinar, kian solid, semakin guyub lagi, dan FJB kembali ramai dan dipercaya.

KUS, JADILAH SEPERTI KEPOMPONG YANG BERUBAH JADI KUPU-KUPU SEJATI,
KECANTIKAN DAN KEINDAHANNMU HARUS MEMBAWA KEBAJIKAN DAN MANFAAT POSITIF KEPADA SESAMA




emoticon-Selamat emoticon-Ultah emoticon-Selamat






█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█

Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini iskrim | Image : Koleksi Pribadi | Sotoshop : iskrim




Diubah oleh iskrim 08-11-2018 14:48
12
3K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.