frontalbabyAvatar border
TS
frontalbaby 
[COC]Anak Penurut Itu Berbahaya #AslinyaLo
Kebanyakan orang di Indonesia menilai bahwa anak penurut itu baik. Banyak orang tua yang memuji anak-anak penurut dan bahkan merasa iri jika anak mereka tidak sepatuh anak-anak itu. Tapi, apakah anak yang selalu menuruti kata-kata orang tuanya itu tidak memiliki sisi negatif? Zaman dulu, di mana orang tua mutlak harus dihormati, masyarakat secara umum berpendapat bahwa anak hanya harus patuh dan nurut pada orang tuanya. Jadi, anak penurut itu sepertinya gak ada sisi negatifnya sama sekali. Tapi, seiring perkembangan zaman, ilmu psikologi dan parenting berkembang, diketahuilah bahwa sesungguhnya anak penurut itu tidak selamanya baik dan justru berisiko menimbulkan masalah. Mendidik anak menjadi penurut is so oldschool dan bisa berbahaya! Kenapa? Here are some reasons why:

Quote:


Terus, harusnya mendidik anak itu gimana dong? Kan anak belum bisa berpikir bener, belum bisa bijaksana menentukan langkah, masa dibiarin ngatur kehidupannya sendiri?
Biar bisa berpikir bener dan bijaksana, ya berarti anaknya dilatih buat berpikir demikian dong. Ini beberapa langkahnya:

Quote:


Ah, gampang banget ngomong soal mendidik anak kaya gitu! Kenyataannya mah ngedidik anak kaya gitu tuh susah!
Yes, mendidik anak memang gak mudah. Semua kembali ke orang tua, mau mendidik yang gak mudah tapi hasilnya berkualitas atau mendidik yang mudah tapi hasilnya kaya di uraian awal thread ini emoticon-Smilie.

Tapi, emang kenapa sih banyak orang tua yang sok ngatur dan menciptakan anak-anak penurut?
Ada banyak sebab, di antaranya yang paling populer adalah:

Quote:


Lalu, bagaimana dengan anak-anak yang terlanjur menjadi korban orang tua over-control? Apakah mereka bisa memulihkan diri mereka dari luka-luka semasa kecil dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik?

BISA!

Quote:


Sementara itu dulu penjelasan dari ane soal anak penurut. Maaf kalo kepanjangan. Topik ini emang udah cukup lama ngumpul di benak ane, hasil akumulasi dari materi kuliah, pengalaman saat praktik mengajar, dan berbagai sumber pustaka.

Sedikit cerita latar belakang ketertarikan ane terhadap parenting, awalnya ane sering heran dengan para siswa yang pendiam dan tidak mau menjawab pertanyaan dari ane meskipun ane yakin betul pertanyaan itu bisa mereka jawab. Melalui diskusi dengan dosen dan mahasiswa lain, ane menarik kesimpulan bahwa parenting yang keliru bisa membentuk pribadi anak yang pemalu. Yap, pemalu in a negative way karena sesungguhnya mereka menjadi seperti itu disebabkan rasa takut dan tidak percaya diri yang ditumbuhkan orang tuanya.

emoticon-Kiss (S)Terima kasih buat agan-sista semua yang udah mampir buat baca, komen, dan rate thread ane. Buat yang mau kirim cendol juga boleh banget loh emoticon-Cendol (S)

Mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan di hati agan-sista emoticon-Embarrassment.

emoticon-Kiss (S) See you on my next thread emoticon-Kiss (S)
emoticon-Maaf Aganwati

Diubah oleh frontalbaby 18-09-2020 07:56
tata604
makola
makola dan tata604 memberi reputasi
16
18.8K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.