indrainiesta28Avatar border
TS
indrainiesta28
Realisasi Investasi Turun, Darmin: Ekonomi Lagi Gonjang-ganjing
Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat adanya penurunan realisasi investasi yang terdiri dari penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Penurunan terjadi pada Juli-September 2018 dibanding Juli-September 2017. Data BKPM menunjukkan realisasi investasi (PMA+PMDN) Juli-September 2018 Rp 173,8 triliun.

Menanggapi itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan turunnya nilai investasi ini disebabkan oleh ekonomi dunia yang sedang mengalami gejolak.

"Yang terjadi adalah ekonomi dunia lagi gonjang-ganjing," kata Darmin ditemui usai membuka Rakornas Reforma Agraria di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (31/10/2018).

Darmin mengatakan, karena ekonomi dunia yang sedang gonjang-ganjing itu maka investor menahan modalnya untuk melakukan investasi.

"Siapa yang mau mikirin investasi kalau lagi gonjang-ganjing begini," kata Darmin.

Sebelumnya, Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan, penurunan realisasi investasi di kuartal III-2018 lebih disebabkan faktor internal. Meskipun ekonomi Indonesia juga tengah dibayangi kondisi eksternal yang kurang menggembirakan seperti perang dagang dan melemahnya mata uang.

Menurut Lembong, realisasi investasi merupakan buah panen dari apa yang ditanamkan satu tahun sebelumnya. Menurutnya pada 2017 tidak ada kebijakan pro investasi yang kuat. Dia bilang, kondisi ekonomi global yang tidak menentu seharusnya bisa diantisipasi jika ada kebijakan yang mampu menggenjot investasi. Ia memandang tidak ada kebijakan yang benar-benar berhasil diterapkan.

https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4281098/realisasi-investasi-turun-darmin-ekonomi-lagi-gonjang-ganjing
1
1.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.