alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdbb59194786845468b4568/lagi-penumpang-lion-air-makassar-banjarmasin-komplain-delay-hingga-kelaparan
Videonya TRIBUNMANADO.CO.ID - Masih dililit masalah jatuhnya Lion Air JT 610 di perairan Karawang, muncul berita terbaru dari para penumpang Lion Air rute Makassar Banjarmasin. Lion Air rute Makassar - Banjarmasin delay (tertunda terbang) 4 jam, penumpang kelaparan dan kepanasan pada Selasa (30/10/2018) malam lalu. Keributan terjadi di kabin pesawat udara Lion Air bernomor penerbangan JT 523, Sela
Lapor Hansip
02-11-2018 09:25

Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan

Videonya



TRIBUNMANADO.CO.ID - Masih dililit masalah jatuhnya Lion Air JT 610 di perairan Karawang, muncul berita terbaru dari para penumpang Lion Air rute Makassar Banjarmasin.

Lion Air rute Makassar - Banjarmasin delay (tertunda terbang) 4 jam, penumpang kelaparan dan kepanasan pada Selasa (30/10/2018) malam lalu.

Keributan terjadi di kabin pesawat udara Lion Air bernomor penerbangan JT 523, Selasa (30/10/2018) malam.
Penumpang yang ribut adalah penumpang dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, di Maros, Sulawesi Selatan tujuan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sudah berlalu beberapa hari, tapi memang belum lama diadukan seorang penumpang lewat media sosial.

Seorang penumpang pemilik akun Ziat Daud pada Facebook melakukan siaran langsung via Facebook guna menggambarkan suasana keributan.
Seharusnya, pesawat udara take-off dari Makassar pada pukul 07:55 Wita, namun terus terlambat karena menunggu seorang penumpang lain yang belum diketahui identitasnya.

Saat penerbangan delay, penumpang malah diminta masuk ke dalam kabin selama sekitar 4 jam hingga membuat gerah.

Sebagian penumpang pun marah karena selain gerah, mereka juga kelaparan dan kehausan.

Parahya, tak ada kompensasi makanan, minuman, hingga uang sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015.

Mereka kemudian memaki-maki petugas darat.

Sementara, pramugari tampak berusaha menenangkan penumpang secara tenang.

Setelah delay selama sekitar 4 jam, pesawat udara ini pun baru take-off pada pukul 00:00 Wita.

Penumpang akhirnya mulai tenang setelah seorang petugas tampak memberikan jaminan jika akan ada pembagian kompensasi di bandara tujuan.

Sebelumnya, President and CEO Lion Air Group, Edward Sirait mengungkapkan, pihaknya tidak bisa mengontrol jadwal penerbangan selalu tepat waktu sehingga pasti ada kemungkinan delay.

Menurut dia, ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah penerbangan bisa terlambat dari jadwal yang seharusnya.

"Sebenarnya, dalam penerbangan dan teori yang saya tahu, 15 persen itu enggak mungkin (tepat waktu) karena ada faktor cuaca, catatan-catatan kerusakan yang tidak diduga," kata Edward saat ditemui pewarta di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018).

Edward mengungkapkan, ada faktor-faktor di luar kontrol maskapai maupun pemangku kepentingan lain yang turut berkontribusi menjadikan sebuah penerbangan jadi terlambat.

Bahkan, dia mengandaikan bahwa hanya Tuhan yang bisa membuat penerbangan selalu tepat waktu.

"Kenapa saya bilang saya bukan Tuhan? Karena bisa saja tiba-tiba hujan, tiba-tiba bannya kempis, seperti itu," tutur Edward.

Dengan kondisi seperti itu, maka yang bisa diupayakan oleh maskapai adalah melakukan manajemen delay.

Manajemen delay mencakup penanganan terhadap calon penumpang yang mengalami keterlambatan jadwal penerbangan agar tetap merasa nyaman dan terpenuhi hak-haknya.

Calon penumpang pesawat komersial yang mengalami penundaan jadwal penerbangan atau delay wajib diberikan kompensasi oleh pihak maskapai sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015.

Aturan itu dibuat sebagai pedoman tentang apa-apa saja yang harus dilakukan maskapai untuk melayani penumpang terdampak delay atau management delay.

Berdasarkan laman resmi Kementerian Perhubungan, dephub.go.id, PM 89/2015 itu mengatur tentang dua hal, yakni ruang lingkup keterlambatan penerbangan dan faktor penyebab keterlambatan.

Mengenai yang pertama, dijelaskan yang termasuk dengan keterlambatan penerbangan adalah tertundanya jadwal penerbangan, tidak terangkutnya penumpang dengan alasan kapasitas pesawat, serta pembatalan penerbangan.

Poin keterlambatan penerbangan sendiri diatur dalam enam kategori yang didasarkan pada durasi keterlambatan.

Kategori pertama, keterlambatan 30-60 menit.

Kategori kedua, 61-120 menit,

Kategori ketiga, 121-180 menit,

Kategori keempat, 181-240 menit,

http://manado.tribunnews.com/2018/11/02/berita-terbaru-lion-air-penumpang-makassar-banjarmasin-komplain-delay-hingga-kelaparan?page=4

Kacau.
Masalah demand and supplay.. ketika ada permuntaan ya pasti akan disediakan..


Masih menunggu rocket penganti pesawat punya elon musk dan spaceX
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 2
Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan
02-11-2018 10:24
Di saat delay pada marah marah.. Di paksa terbang akhirnya crash lebih parah lagi.. Siapapun pasti ga pengin delay termasuk maskapai itu sendiri, emang enak dengar org komplain komplain.. Dan uda tau sering delay masih mau naik karena harganya murah, di saat penumpang bayar murah dan selamat sampe tujuan ga ada kaga pujian, tipical masyarakat yg mau murah tapi dapat pelayanan vip.. Gw kalo naik liom dia delay gw bodoh amat, krn gw naik krn harganya murah.. Kalo gw ada pertemuan penting ato mau transit pasti naik garuda..

1 0
1
Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan
02-11-2018 10:26
cem angkot delay mulu tanpa kompensasi
0 0
0
Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan
Lapor Hansip
02-11-2018 10:31
Balasan post rickreckt
Quote:Original Posted By rickreckt
Memang raja delay,

buktinya ini bisa terjadi
Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan

Sedangkan lion mungkin sebaliknya
_______________________________________

yg terguncyang dan bomb bata gw belain pake 2 id, semangat kerjanya Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan


bre itu post apaan si bre ? kok di gw kagak keliatan

edited : pic dah nongol
Diubah oleh bayar8juta
1 1
0
Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan
02-11-2018 10:39
Delay bisa karena satu dan lain hal

seperti Maintenances juga Cuaca, dan lain lain

terima aja, Lion dengan harga begitu ya kita dapetnya begitu juga

Delay juga mungkin untuk kebaikan penumpang, baik pergi dan mendaratnya

Kalo mau sedikit bebas delay, pake Garuda atau Citilink

Gue sendiri Lion adalah pilihan terakhir, dulu jaman Mahasiswa sih gapapa pake lion bolak balik Jakarta - Sulawesi

sekarang udah gawe mending Garuda karna ada tenggat waktu dari kantor.

itupun pernah delay lumayan lama pake Garuda

balik lagi ke HUKUM ALAM ya

Ada uang ada Kualitas
2 2
0
Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan
02-11-2018 10:41
Emang murah kali ya, jadi kalau ada delay jadi saya aga memaklumi disamping aga sedikit jengkel karena jadi telat (dulu pake lion ampir 4 jam dibandara lontang lantung).

Saya pake yang lain sih g sampe delay yang parah.
0 0
0
Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan
02-11-2018 10:42
naek pesawat jangan disamain naek angkot lah begok... emoticon-Gila
Orang-orang ini kalo udah celaka baru deh nyesel... emoticon-Nohope
1 0
1
Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan
02-11-2018 10:54
sudahlah....delay mah delay ajah.....
nggak usah ngarep snack pengganti delay atau hotel pengganti jadwal...

penerbangan murah ya begitu.....

banyak alasan delay...mesin krodit..., pilot telat, pejabat telat, bbm telat, blom lg efek delay sedari pagi imbasnya sampe penerbangan terakhir...

makanya kalo mau naek penerbangan murah, pilih yg penerbangan pertama...bawa bekel dari rumah untuk antisipasi delay yg lama...

nggak mungkin kan penumpang setia pesawat murah beli kopi starbak?? lain hal yg terpaksa naik krn jadwal...

gw setiap 2 minggu naik Lion Air ke berbagai propinsi, karena dari perusahaan ane yg pesen...sering ane komplen ke HRD ane karena sering delay...

pengen nyaman, cepat dan aman? Garuda lah....minimal Citylink....
1 0
1
Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan
02-11-2018 12:16
kalau 4 jam harusnya duit balik
0 0
0
Lagi, Penumpang Lion Air Makassar-Banjarmasin Komplain Delay hingga Kelaparan
02-11-2018 13:26
Delay karena cuaca bla bla bla apaan?
Maskapai lain bisa teoat waktu dng rute sama dan jadwal ygepet sama liong
Emang pernah lion delay nunggu penumpang? Kalo oramg penting g bakalan itu naek liong emoticon-DP
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.