aryasyarif82
TS
aryasyarif82
Kamu Sanggup Nggak hidup Tanpa AI?


Mulai dari speaker sampai benda-benda kecil seperti jam tangan, rasanya kita semua sudah terbiasa dengan teknologi smart. Smartwatch atau smart speaker, keduanya mungkin sudah kamu miliki di rumah.
 
Di tengah-tengah gempuran segala macam perangkat tech dengan embel-embel smart, orang-orang kini sedang menyaksikan perubahan besar. Adalah AI (Artificial Intelligence) yang menjadi inti dari pengembangan teknologi.
 
Dimana-mana orang menyaksikan AI dipakai di berbagai jenis benda, mulai dari peralatan medis, sampai mobil. Di masa depan kayaknya kita bakal liat lebih banyak perangkat dan aplikasi yang menyertakan embel-embel kemampuan AI.
 
Orang yang memakai gadget berbasis iOS tentu akrab dengan Siri; dan pengguna Android akrab dengan Google Voice Assistant. Keduanya punya fungsi serupa, membantu pemilik gadget memanfaatkan perintah suara untuk memperoleh informasi yang diinginkan.
 
Itu baru contoh kecil penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari. Dalam beberapa tahun belakangan kita semua rasanya menyaksikan perjalanan pesat AI, sekaligus menyaksikan jalan baru yang dibuka oleh AI di masa depan.
 
Contohnya gini: pernah nggak kamu bayangin mobil berjalan sendiri tanpa supir? Pada 2014 Google mengembangkan sebuah prototype mobil otomatis tanpa sopir, dengan dua kursi, yang bisa berjalan dengan kecepatan 25mph.
 
Memang baru sebatas uji coba, namun Google bersikeras mobil otomatis tanpa supir itu bakal meningkatkan keamanan berkendara. Mobil yang dikembangkan oleh Google itu adalah satu contoh dari bagaimana AI dikembangkan untuk kepentingan yang lebih luas.
 
Jadi hidup kita sudah dan akan terus dikelilingi AI, tapi perkaranya apakah semua orang setuju dengan AI? Ternyata nggak juga.
 
Manusia yang memprogram AI, bukan sebaliknya
 
 

 
Ada saja orang yang meragukan kemampuan AI untuk berpikir mandiri, sebab bagaimanapun AI adalah program yang dibuat manusia. Kecuali AI bisa berpikir dan berjalan sendiri, maka manusia bisa leha-leha, alias tidak melakukan apapun sepanjang hari dan menyerahkan semuanya pada AI.
 
Kalau ada yang tidak setuju dengan AI, maka itu karena ada saja yang beranggapan bahwa manusia lebih superior dibanding komputer.
 
Menyingkirkan pekerja manusia
 

 
Teknologi AI kelas atas mengandaikan otomatisasi dalam segala hal, termasuk dalam hal transportasi massal. Kota London, misalnya, pada 2017 lalu melakukan uji coba shuttle bus otomatis di daerah Greenwich yang merupakan bagian kecil dari kota London.
 
Bus otomatis berarti menyingkirkan keberadaan manusia, atau dalam hal ini: supir sebagai pekerja. Teorinya sederhana: AI yang dirancang untuk mengendalikan sistem transportasi dianggap bisa meminimalisir potensi human error. Kalau AI berkembang sedemikian rupa sampai menggantikan manusia, semakin banyaklah pengangguran. Mau itu terjadi.
 
Meledaknya AI adalah ancaman
 

 
Stephen Hawking suatu kali pernah menyebut kemunculan AI sebagai keajaiban dan bencana. “AI memang membantu manusia memahami penyakit serta membantu pemerintah mengantisipasi masalah kemiskinan”, kata Hawking.
 
Tapi di saat bersamaan dia juga mengingatkan potensi ledakan AI yang justru malah akan berkembang sebagai senjata mematikan. Potensi AI bisa disalahgunakan untuk mengembangkan senjata yang sulit dipahami orang kebanyakan. Bagi Hawking, bencana yang bisa ditimbulkan AI bisa dicegah seandainya manusia bisa belajar menghindarinya.
 
Bagi orang kebanyakan seperti kita, kehadiran AI memang baru sebatas mengenali pola keseharian yang kita lakukan ketika memanfaatkan smartphone atau gadget tertentu. Google Assistant, misalnya, akan sedikit membantu dengan sugesti konten informasi (berita, artikel, dan lain sebagainya) yang pas dengan permintaan kita.
 
Kamu bahkan bisa meminta Google untuk menyetel alarm pada jam 5 pagi; dan itu bisa dilakukan dengan perintah suara.
 
Sedikit contoh kecil dari kehidupan sehari-hari kita memang menunjukkan peran AI yang mempermudah beberapa pekerjaan kecil yang sering kita lakukan.
 
Eh, tapi, kamu setuju nggak sih dengan keberadaan AI?



Temukan informasi seputar teknologi lainnya di --> Informasi Teknologi Terkini
1
5.9K
54
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.