c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Celana Panjang Dari Masa Ke Masa


Model Celana Panjang zaman dulu hingga kini !! Agan suka yang mana ?? Sudah berapa dekade celana panjang berganti model dan gaya. Bahkan asal mula celana panjang ini pun usianya sudah tua sekitar tahun 570 SM di sinyalir para peneliti sudah ada.



Hal itu terkait penemuan artifak di Iran diantara relief Persepolis, celana panjang di masa itu terbuat dari kulit binatang untuk para penunggang kuda, hingga akhirnya menjadi model celana panjang menyeberang hingga tanah mongolia, di negeri China inilah celana dibuat oleh kain yang lebih lembut dan menjadi trend model disana terutama oleh pasukan perangnya.



Hingga lambat laun dari Asia, celana panjang memberikan pengaruhnya hingga menyeberang ke Barat berkat hubungan perdagangan dan berevolusi. Bahkan celana panjang menjadi busana standar bagi masyarakat Barat sejak abad ke-16. Tetapi ada beberapa catatan sejarah menunjukkan bahwa di abad ke-15, dimana para pria-pria Hungaria telah mengenakan pakaian yang berbentuk seperti celana panjang di balik busana mereka. Celana panjang di awal-awal kemunculannya di Eropa dikenal sebagai pantalone. Nama tersebut diambil dari sebuah karakter komedi Italia berjudul “Commedia dell’Arte”, di mana seorang badut kerap tampil menggunakan celana panjang untuk menghibur raja. Dengan modifikasi yang berkala maka celana panjang modern di perkenalkan oleh George Bryan “Beau” Brummell di tahun 1812. Celana panjang yang di buat oleh Brummel kemudian menjadi dress codedi kalangan bangsawan dan ditiru oleh masyarakat proletar. Model saat itu tentu saja masih terkesan khas eropa kuno, dimana celana panjang bangsawan berbentuk mirip legging, ketat dan menyempit di mata kaki, sementara celana kaum proletar lebih kaku karena terbuat dari kain yang cenderung keras sehingga bentuknya lebih lurus dan biasanya berwarna lebih gelap.



Berlanjutlah model celana panjang berubah sesuai dengan iklim negaranya karena akar budaya juga yang berbeda-beda. Terutama dari India celana panjang modelnya lebih longgar dan besar, bahkan celana panjang khas eropa pun mengalami perubahan model. Hingga pada abad ke-17 dan 18, pelaut menggunakan celana berpotongan baggy yang disebut galligaskins. Pelaut barat juga ikut mempopulerkan jeans yang kemudian identik dengan kaum Western Amerika di abad ke- 19.

Semakin berkembangnya celana panjang maka tak hanya pria yang memakainya bahkan celana panjang wanita pun kini bervariasi, hingga banyak desainer dunia yang ikut berlomba membuat trend celana panjang terkini salah satunya desainer yang paling berpengaruh terhadap evolusi celana panjang bagi kaum wanita ini adalah Pierre Cardin, Coco Chanel, dan Yves Saint Laurent.   



Walau celana panjang pada pria juga berevolusi tapi tidak seekstrem celana panjang yang digunakan oleh wanita, yang saat ini banyak sekali model yang hadir di pasaran untuk mereka bergaya. Mungkin ada beberapa jenis gaya celana pada pria cutbray, baggy, capri, jeans, dan lainnya.

Apakah agan termasuk yang suka berburu celana panjang ?? Atau agan lebih suka tak pakai celana ?? Monggo di tunggu komentar setianya, seruupuutt ahhh..


emoticon-coffee

c4punk@2018

referensi





tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.