Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

inibaru.idAvatar border
TS
inibaru.id
Amankah Mendaki Saat Musim Hujan?
Amankah Mendaki Saat Musim Hujan?

Mendaki di musim hujan memberikan tantangan yang lebih berat bagi pendaki karena medan yang lebih berat dan bahaya yang lebih besar.



Mendaki gunung saat musim hujan (pencintagunung.com)

Inibaru.id - Mendaki gunung kini telah menjadi salah satu gaya hidup yang digandrungi anak muda gan. Mengunggah foto di media sosial yang menunjukkan dia sukses menaklukkan titik tertinggi di suatu wilayah seakan-akan menjadi aktualisasi diri bagi sebagian orang. Namun, akhir Oktober ini musim hujan telah tiba. Lantas aman nggak sih mendaki saat musim hujan?

Okezone, Selasa (10/10/2017), menulis, seorang pendaki gunung Indah Fajarwati mengaku sering mendaki gunung di musim hujan. Nggak cuma kehujanan, terkadang dia bahkan harus menghadapi hujan badai.

Penulis blog berjudul Indahnya Perjalanan ini menyebut kegiatan mendaki gunung di musim hujan boleh-boleh saja untuk dilakukan. Namun, agan tentu harus memperhitungkannya dengan matang karena tantangannya lebih berat dibandingkan saat mendaki di musim kemarau.

Salah satu tantangan yang harus agan dihadapi adalah jalan yang diselimuti kabut. Ini bisa membuat pendaki lebih rentan tersesat, adanya kemungkinan terpeleset, hingga jatuh sakit atau kedinginan akibat terpapar air hujan. Jika memang merasa kurang siap dengan tantangan ini, Indah pun menyarankan untuk nggak mendaki terlebih dahulu.

Namun, bila agan memang sudah bertekad mendaki gunung di musim hujan, pastikan untuk membawa perlengkapan yang memadai demi menghindari kecelakaan atau tersesat. Selain itu, persiapkan diri untuk membawa barang yang lebih banyak seperti jas hujan atau jaket anti air yang bisa melindungi tubuh. Fisik pun harus dipersiapkan dengan baik karena medan perjalanan bisa saja berlumpur jadi semakin berat.

Selain itu, agan juga harus mempersiapkan diri untuk kecewa karena nggak mendapatkan pemandangan yang diinginkan. Bisa jadi saat sampai di puncak gunung kondisinya berkabut sehingga kita nggak bisa mendapatkan pemandangan yang cantik.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan para pendaki saat musim hujan adalah nggak menuruti ego hanya demi mencapai puncak gunung sehingga mengabaikan hal-hal lain seperti keselamatan. Jika memang cuaca sudah terlihat nggak memunginkan bagi agan untuk melanjutkan pendakian, ada baiknya agan berhenti atau memilih untuk turun gunung. Menurut Indah, yang terpenting adalah pulang dengan semangat karena gunung bisa didaki di lain waktu.

Hm, gimana menurut agan?



*SUMBER:inibaru.id

0
1K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.