Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

omdikenyotomAvatar border
TS
omdikenyotom
Konflik Antar Suku Pecah di Morowali
Ribuan Warga Bahodopi Mengungsi

Konflik antar suku terjadi di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Sabtu (27 Oktober 2018). Masyarakat saling menyerang menggunakan berbagai jenis senjata tajam, seperti parang, batu, dan tongkat.



Sebuah media online lokal menyiarkan akibat konflik itu sedikitnya tiga orang dilarikan ke rumah sakit. Selain itu, ribuan warga dilaporkan telah mengungsi dari rumah tinggalnya.

“Ribuan warga Bohodopi yang memilih mengungsi meninggalkan wilayah ini karena daerah ini dianggap mencekam untuk sementara waktu,” demikian Radarinvestigasi.com, Sabtu malam.

Penelusuran SultraKini.com, Minggu (28 Oktober 2018) dinihari menemukan video konflik Bohodopi tersebut beredar melalui jejaring sosial.

Dalam video berdurasi 4,26 menit terlihat konsentrasi massa dari dua arah. Aparat kepolisian dan TNI berupaya menenangkan massa.

Pada video lain dengan durasi 31 detik, tampak warga sudah saling serang. Di antara mereka memegang parang panjang sambil memungut batu lalu melemparkan ke arah lawan.

Terdengar sejumlah bunyi tembakan. Namun tidak menyurutkan nyali warga untuk saling serang.

Informasi dihimpun menyebutkan, pemicu konflik berawal dari perkelahian pengunjung salah satu kafe remang-remang, tiga hari sebelumnya.

Saat itu datang camat setempat. Namun kedatangannya bukannya mendinginkan suasana, melainkan menambah panas situasi akibat mengeluarkan kata-kata yang menyinggung perasaan salah satu kelompok suku di sana.

Pertikaian di kafe itu sempat didamaikan. Sang camat juga telah meminta maaf. Persoalan dianggap selesai pada malam hari itu.

Tetapi rupanya sekelompok warga pendukung camat tidak terima jika camat mereka harus meminta maaf pada suku yang diduga telah dihina sebelumnya.

Paginya, mereka mendatangi sekretariat paguyuban suku yang diduga telah dihina oleh camat itu. Juga mendatangi salah satu rumah makan khas milik suku pendatang tersebut.

Di sana mereka mangejar setiap orang yang ada di sekretariat maupun rumah makan dengan menggunakan parang, balok, maupun batu.

Saksi mata, Rustam (38), kepada media menjelaskan, berselang setengah jam setelah pengejaran di sekretariat paguyuban, kembali terjadi aksi balasan yang dipimpin langsung oleh ketua kerukunan.

Akibatnya, terjadilah kerusuhan yang mencekam itu.

Sejauh ini belum ada keterangaan resmi dari aparat keamanan setempat mengenai situasi dan kondisi terakhir di Bahodopi.

Bahodopi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Morowali yang dimekarkan tahun 2010 dari kecamatan induk Bungku Selatan.

https://sultrakini.com/berita/123932
-1
4.6K
9
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.