Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
Pelanggaran Kampanye Jokowi-Maruf, Bawaslu Harus Menyikapinya dengan Serius
Bawaslu DKI akhirnya menggelar sidang putusan dugaan pelanggaran kampanye pasangan capres Jokowi Widodo-Ma'ruf Amin, terkait pemasangan iklan kampanye videotron di berbagai titik di Jakarta. Hasilnya, Bawaslu DKI memutuskan videtron itu melanggar aturan karena dipasang di tempat-tempat yang dilarang dalam Keputusan KPU Nomor 175 tentang Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye di 23 titik.

"Menerima laporan pelapor untuk sebagian dan menolak selebihnya," ucap Ketua Majelis Puadi dalam sidang di kantor Bawaslu DKI, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (26/10/2018).

Sekretaris Direktorat Advokasi BPN Prabowo-Sandiaga, Habiburokhman, menilai, Bawaslu DKI seharusnya tidak setengah-setengah dalam mengusut kasus pelanggaran administrasi itu. Habiburokhman menganggap ada 2 kesalahan Bawaslu yang muncul dalam penanganan kasus ini.

Pertama, pengawas pemilu dianggapnya pasif karena baru bertindak mengusut pelanggaran pemilu pasca adanya laporan dari masyarakat.

"Kedua, ada keputusan nanggung siapa yang melanggar dan yang salah. Ini keputusan membingungkan dan kami khawatir ini jadi preseden buruk bagi penegakan hukum ke depan," kata Habiburokhman di Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Adapun Sikap Bawaslu DKI Jakarta tidak menegur pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin meski pemasangan videotronnya dinyatakan melanggar aturan, menuai pertanyaan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade.

"Lucu ya, bahwa videotronnya dinyatakan melanggar aturan tapi Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf tidak ditegur dan nggak perlu minta maaf. Agak lucu juga," ujar juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade di Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Andre berharap kasus ini bisa jadi pelajaran bagi semua pihak, khususnya Bawaslu. Bawaslu diharapkan bisa lebih transparan dan berkeadilan dalam memproses semua laporan pelanggaran kampanye. "Harapan kita tentu Bawaslu bisa netral dan menegakkan aturan. Kalau salah ya salah," katanya.

https://m.harianterbit.com/read/1646/Pelanggaran-Kampanye-Jokowi-Maruf-Bawaslu-Harus-Menyikapinya-dengan-Serius

Tercyduk bre
0
1.1K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.