Assalamu’laikum Wr,Wb. Halo gansis, kali ini ada pembahasan seru nih seputar E-Sport. olahraga tanpa keringat tapi bisa menghasilkan sesuatu dan membuat orang tegang melihatnya (jangan mikir aneh- aneh gan). Sebut saja Electronic Sport. Iya olahraga model baru yang terbilang pemainnya bisa dikatakan sebagai atlet dengan hanya bermainkan sebuah game, serta memiliki sebuah tim/club untuk memenangkan pertandingan hal layaknya olahraga lain seperti, sepak bola dkk. Pastinya kalian kepo dong kenapa sih ada eSport, serta dijadikan ajang olahraga bergengsi di dunia dan diakui banyak negara, serta bisa atau mampu menghasilkan uang dengan menjadi atlet E-sport. Kuy kita cek fakta –faktanya:
Spoiler for 1. Berawal Dari Sejarah:
Quote:
Salah satu video game pertama yaitu Tennis for Twoyang dimainkan oleh dua orang dan game tersebut berusaha untuk mengitimitasi sebagai bentuk olahraga tennis. Pada saat itu, belum ada istilah video game dan perangkat elektronik tersebut dinamakan electronic amusement device. Permainan yang dibuat oleh William Higinbotham. Awalnya William adalah seorang ilmuwan yang pernah ikut merancang Manhattan Project dan rancangan bom atom yang memiliki intuisi untuk membuat hiburan. Dari situlah sang ilmuwan membuat mesin penemuannya dan di tampilkan di pembukaan pameran musem Brookhaven National Library pada tahun 1958. Pada saat itu para pengunjung merasa terpukau atas penemuan permainan virtualnya menggunakan konsol yang masih berupa kenop. Banyak dari pengunjung pun mencoba untuk memainkannya, maka dari hal tersebut banyak yang mengatakan permainan di dalam virtual bisa dijadikan sebagai ajang olahraga walaupun dalam bentuk virtual sekalipun.
Spoiler for 2. Pertandingan Dan Turnamen Game Pertama:
Quote:
Masa lalu yang memiliki banyak coretan cerita, dahulu ada beberapa pertandingan dan kompetisi video game pertama, spacewar pada tahun 1972, dan menawarkan hadiah berupa langganan majalah Rolling Stone selama setahun yang dibandingkan dengan turnamen sekarang memiliki hadiah yang luar biasa besar, maupun memiliki arena megah yang membuat kita tercengang. Adalagi kompetisi yang gak kalah pentingnya yaitu insiatif Atari pada tahun 1980. Kompetisi tersebut mengundang hampir 10.000 peserta, serta menjanjikan sebuah hadiah uang. Atari juga memberi hadiah mesin Arcade Space Invadersuntuk sang pemenang. Jika dihitung harga mesin tersebut terbilang mahal pada masanya. Dan pada akhirnya sampai saat ini masih banyak turnamen yang diselenggarakan di beberapa tempat dengan menjanjikan hadiah yang membuat para player/peminat game tertarik.
Spoiler for 3.Mulai Banyak Peminat:
Quote:
Permainan yang menawarkan sisi grafik maupun genre terbaik untuk dimainkan yang bisa menghipnotis banyak penggemar dalam memainkannya. Data menyatakan gamer di Indonesia saat ini diprediksi sudah mencapai 34 juta orang. Dari jumlah tersebut, 19,9 juta diantaranya gamer online berbayar dan rata-rata pengeluarannya mencapai 9,12 dolar AS. Tak lepas dengan smartphone yang pada beberapa tahun ini sudah banyak produsen smartphone menawarkan harga murah dan memiliki spesifikasi yang bisa memainkan game-game terkenal seperti Mobile Legend, PUBG DKK. tercatat berdasarkan survei dari wearesocial, jumlah pengguna mobile phone di Indonesia mencapai 177,9 juta. Dari jumlah tersebut, 132,7 juta orang diantaranya menggunakan internet dan 120 juta aktif menggunakan media sosial. Yang dimana media sosial juga turut ambil andil dalam mempopulerkan games di kalangan anak muda. Oleh sebab itu dari peminat/ penggemar game sebanyak ini, yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi ajang kompetisi di setiap negara.
Spoiler for 4. Kompetisi Berhadiah:
Quote:
Semangat maupun antusias para player game akan sangat membara dalam mengikuti kompetisi tersebut, dikarenakan adanya hadiah dalam kompetisi tersebut. Sejarah mencatat kenaikan drastis dari angka turnamen video game pada penyelenggaraan Dota 2 pertama pada tahun 2011. Saat itu, Valve mempromosikan game terbaru mereka yaitu Dota 2. Serta membawa penggemar dota 1 untuk beralih bermainkan game terbaru dengan grafik yang lebih baik dan skema kompetisi untuk para player dota dengan memberikan hadiah sebesar 2 juta dolar amerika. Gila gak tuh hadiahnya.
Spoiler for 5. Pengakuan Video Game Sebagai Cabang Olahraga:
Quote:
Perlakuan serta langkah yang diambil dari setiap negara untuk melakukan pendekatan terhadap esport memiliki jalan yang berbeda. Amerika adalah negara pertama yang memberi perhatian terhadap eSport dari sejak akhir abad ke -20.
Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengakui pentingnya eSport. Di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga, eSport dimasukkan ke bagian Federasi Olahraga Rekreasi Maysarakat Indonesia (FORMI) dan secara resmi Indonesia memutuskan eSport Association (IeSPA) tergabung dalam badan negara. Dengan resminya IeSPA di mata pemerintah, para gamer kompetitif bisa lebih yakin atas hobinya akan mendapatkan dukungan lebih dari pemerintah. Visi dari IeSPA sendiri yaitu mewujudkan Indonesia sebagai negara yang berprestasi dan disegani di bidang eSport.
Itulah beberapa fakta kenapa eSport terlahir, mulai dari awal game terbentuk sampai dengan adanya sebuah kompetisi termegah yang memiliki hadiah menggiurkan. Jaman sudah mulai modern serta kemudahan akan mencari penghasilan semakin terbuka lebar buat kalian. Kalian punya hobi ngegame dan suka cabut ke warnet bisa kalian coba untuk cari duit dengan bermain game atau menjadi developer gaming. Sekarang tinggal menunggu saja jamannya kompetisi menggunakan VR hal layaknya film Sword Art Online. I hope all of you like this thread. Assalamu’alaikum Wr,Wb.
Sumber : pikiran-rakyat.com, Kincir.com, Ligagame.tv, techinasia.com