Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LabsatucomAvatar border
TS
Labsatucom
Hidung Tersumbat ? Atasi dengan ini
News.labsatu.com  . beberapa wilayah di Indonesia kini mulai memasuki musim penghujan. Berdasarkan data perkiraan cuaca dari BMKG menunjukan beberapa wilayah turun hujan dan sebagian besar lainnya berawan. Padahal dulu, musim penghujan baru akan dimulai saat memasuki beberapa bulan terakhir penutup tahun. Namun kini, semua hal tersebut rasanya tidak dapat dijadikan patokan. Saat musim pancaroba datang dari anak-anak sampai dewasa biasanya akan mengalami flu hingga hidung tersumbat.

Hidung Tersumbat ? Atasi dengan ini

Pancarobanya musim seperti ini, biasanya penyakit influenza dengan mudah menyerang dan mengganggu aktifitas Anda. Hal ini dikarenakan tubuh Anda tengah mencoba untuk menyesuaikan diri dengan perubahan suhu yang terjadi, sehingga rentan terserang virus flu. Apalagi jika ditambah dengan imunitas tubuh sedang tidak prima.

Bagi Anda yang menderita flu, tak perlu buru-buru meminum obat. Apalagi jika obat tersbut adalah obat warung yang Anda beli tanpa resep dokter. Berikut beberapa tips untuk atasi flu yang Anda derita.



Terapi uap dapat meredakan hidung tersumbat. Caranya mudah, siapkan wadah kecil seperti baskom, lalu tuangkan air panas ke dalamnya. Anda bisa menambahkan bahan rempah seperti minyak kayu putih atau jahe untuk menambah efektifitasnya.
Kemudian, uapkan wajah Anda pada baskom yang berisi air panas dan rempah tadi. Agar uapnya bisa terhirup maksimal, Anda bisa mengupayakan agar sekeliling baskom terlindungi sehingga menyisakan sedikit ruang antara baskom dengan wajah.

Cara terapi uap panas ini sangat efektif untuk penderita flu berat. Bahkan juga sangat efektif untuk diterapkan pada balita Anda yang mungkin belum bisa mengeluarkan lendir dari hidungnya sendiri. Dengan terapi uap panas ini, lendir (ingus) yang selama ini mengendap dalam hidung akan mengalir keluar dengan sendirinya. Namun hati-hati, jangan sampai anggota tubuh sang anak terkena air panas.


Hirup Aroma Menthol
Anda pasti akan merasa sangat terganggu dan tidak nyaman dengan tersumbatnya hidung karena flu. Membuat Anda menjadi sulit bernafas. Hal tersebut bisa Anda siasati dengan menghirup aroma menthol seprti minyak angin atau minyak kayu putih. Oleskan disekitar tenggorokan, dada dan punggung serta hirup aromanya. Bukan hanya hidung tersumbat saja yang akan teratasi, tapi juga akan meminimalisir terjadinya iritasi di sekitar hidung Anda.

Perbanyak Minum Air Hangat

Saat Anda flu, tubuh mengalami kekurangan cairan karena efek demam yang mengeluarkan banyak keringat, belum lagi lendir yang dikeluarkan dari hidung. Maka, untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh, perbanyaklah minum.
0
486
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.