• Beranda
  • ...
  • Games
  • Panduan Memilih Gamepad Android Terbaik - By. Kanal Store

kanal.storeAvatar border
TS
kanal.store
Panduan Memilih Gamepad Android Terbaik - By. Kanal Store
Kenapa Butuh Panduan?

Saat ini bermain game di perangkat mobile menjadi sebuah Trend. Jelas aja, soalnya pihak Developer Game juga semakin gencar merilis game-game baru yang diminati banyak orang. Dari banyak game yang eksis, sebagian besar membutuhkan gamepad atau game controller untuk meningkatkan performa permainan. Problemnya, ada banyak orang yang belum tau bakal memilih gamepad yang seperti apa.

Berikut adalah panduan untuk kamu agar mendapatkan gamepad Android terbaik. Kami membaginya ke dalam 3 poin agar panduan ini mudah dipahami :


#1 Kenyamanan
Bagi kami, kenyamanan dalam menggenggam sebuah gamepad Android adalah yang utama, karena sebagus apapun desain dari sebuah gamepad, akan percuma kalau nggak nyaman. Bicara soal kenyamanan, ada dua hal yang bisa membedakan antara gamepad Android biasa dengan gamepad Android terbaik, yaitu “Grip” dan “Posisi Tombol Navigasi”.

Grip
Berdasarkan survei kami ke beberapa Customer Kanal Store, kebanyakan dari mereka menggunakan gamepad kurang lebih 30 menit – 2 jam. Selama kamu bermain, Grip dari sebuah Gamepad menjadi kunci. Apapun bentuk gamepad yang kamu pilih, kamu harus pastikan bahwa setiap jarimu mendapatkan posisi yang nyaman di setiap sisi gamepad.

Spoiler for Grip:


Nggak peduli apakah gamepadnya berbentuk tipis seperti Ipega 9025, atau berbentuk seperti layaknya gamepad biasa, kenyamanan pada jari nggak boleh kamu lewatin.  Semua gamepadyang ada di Kanal Store merupakan gamepad Android terbaik dan sudah melewati standar minimum untuk kenyamanan grip gamepadnya.

Spoiler for Saran:



Posisi Tombol Navigasi
Setiap lekukan pada gamepad punya manfaat yang terkadang nggak kamu sadari. Ada dua layout gamepad yang populer saat ini, yaitu layout seperti gamepad Playstation dan gamepad xBox. Perbedaan kedua layout tersebut berada pada posisi Tombol Navigasinya.

Yang dimaksud “Tombol Navigasi”pada gamepad adalah tombol D-Pad dan Thumbstick yang berfungsi untuk menggerakkan karakter di game kamu.

Layout seperti Gamepad Playstation menempatkan Thumbstick kirinya di bawah D-Pad (sejajar dengan thumbstick kanan) sedangkan layout seperti Gamepad Xbox menempatkan Thumbstick kirinya di atas D-Pad. Hampir semua gamepad yang dijual di pasaran saat ini mengadopsi kedua layout gamepad diatas.

Lalu, sebaiknya pilih layout gamepad yang mana ?

Nah, sebelum menjawab pertanyaan itu, sekarang tentukan dulu game favorit apa yang sering kamu mainkan ?

Jika game favoritmu lebih sering menggunakan D-Pad, disarankan untuk menggunakan layout Gamepad Playstation karena posisi D-pad berada di atas Thumbstick. Sedangkan, bagi kamu yang game favoritnya lebih sering menggunakan Thumbstick, sebaiknya menggunakan layout Gamepad Xbox, karena posisi Thumbstick berada di atas D-pad.

Kenapa bisa seperti itu ? Karena posisi yang dilingkari merah pada gambar di samping adalah posisi tombol navigasi yang paling nyaman untuk digunakan, karena jempol kiri nggak terlalu sering menekuk dan membuat jari kirimu yang lain bersinergi dengan baik terutama jari telunjuk dan jari tengah ketika menekan tombol L1 dan L2.

Imbasnya, kamu akan lebih lebih nyaman ketika bermain mobile game dalam waktu lama.

Spoiler for Layout:




#2 Fleksibilitas
Saat ini, banyak sekali platform untuk bermain game. Kamu bisa main di PC, Steam, Console, terutama Handphone dengan sistem operasi Android. Melihat banyaknya platform game yang ditawarkan, kita butuh gamepad Android terbaik yang mudah untuk digunakan di berbagai platform.

Spoiler for Platform:


Umumnya, gamepad di pasaran dapat digunakan di dua platform, yaitu Android dan PC. Semakin banyak platform yang bisa tersambung dengan sebuah gamepad, tentu membuatmu bisa menjelajahi banyak game.

Lalu hal selanjutnya yang penting adalah, pilihlah sebuah gamepad Android yang bisa digunakan secara wired dan wireless, karena akan membuatmu punya banyak opsi konektivitas ketika bermain.


#3 Fitur Tambahan
Sebuah gamepad Android akan jauh lebih sempurna jika memiliki fitur tambahan. Ada empat fitur tambahan yang populer dan paling sering dimiliki oleh gamepad Android terbaik dengan harga di bawah 1 juta.  Beberapa diantaranya adalah “Vibration”, “Rapid Fire/Turbo”, “Baterai Tanam”, dan “Game Remapping”.


Vibration
Gamepad akan bergetar ketika game yang kamu mainkan mendukung fitur Vibration. Dengan fitur ini, pasti sensasi bermainmu akan meningkat.

Spoiler for Vibration:



Rapid Fire/Turbo
Dengan Turbo Mode, kamu nggak perlu menekan sebuah tombol secara terus menerus, karena dengan sekali tekan bisa menghasilkan beberapa aksi sekaligus. Turbo Mode biasa digunakan untuk game bergenre Fighting, Beat ‘em Up, dan game-game lainnya, yang membutuhkan kecepatan menekan tombol. Turbo Mode membuat Gaming Experience kamu menjadi lebih efisien dan menurunkan kelelahan pada jari.

Spoiler for "Rapid Fire/Turbo":



Baterai Tanam
Prioritaskan gamepad yang menggunakan baterai tanam, karena memudahkan kamu untuk mengisi daya ketika baterai gamepadmu habis. Jika kamu terpaksa untuk membeli gamepad yang menggunakan baterai terpisah, pastikan kamu membeli rechargeable battery agar dompetmu nggak jebol karena beli baterai AA terus.

Spoiler for Baterai:



Game Remapping
Beberapa mobile game seperti Rules Of Survival, Mobile Legends, dan Arena of Valor adalah game dengan basis penggemar yang sangat tinggi dan secara default, game tersebut nggak mendukung digunakannya gamepad. Untuk mengatasi hal tersebut, maka digunakanlah tambahan alat bernama Remapper untuk memainkan game-game Mobile yang semula nggak mendukung gamepad menjadi dapat dimainkan dengan gamepad tanpa perlu melakukan rooting Handphone lagi.

Spoiler for Remapper:




Kesimpulan
Ada banyak keuntungan dengan mengikuti panduan memilih gamepad Android terbaik di atas. Selain kamu punya tambahan wawasan soal gamepad dan terhindar dari salah beli, kamu juga bisa menghemat banyak waktu ketika bertransaksi. Kami harap panduan di atas bisa membantu dan membuatmu lebih jelas mau gamepad dengan karakter seperti apa.
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 1 suara
Layout gamepad apa yang agan/sista pilih?
XBOX360
100%
Playstation
0%
0
3.3K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.